Cuma Pisang Dikasih Selotif, Karya Seni Ini Terjual Rp1,6 Miliar

Dinar | Senin, 9 Desember 2019 09:15
Cuma Pisang Dikasih Selotif, Karya Seni Ini Terjual Rp1,6 Miliar

Reporter : Maulana Kautsar

Harganya terus naik.

Dream - Karya seni kerap dihargai dengan nilai jual tak biasa. Banyak orang yang tak memiliki daya lihat seni sering dibuat terheran-heran dengan harga dari sebuah karya seni yang dianggap baisa-saja.

Karya seni yang satu ini juga akan membuat kamu keheranan. Baru-baru ini sebuah instalasi seni di Art Basel, Miami, Amerika Serikat (AS) menuai perhatian karena harga jualnya yang tak bisa.

Karya seni berbahan pisang dan selotip itu awalnya terjual dengan harga US4 120 ribu, atau sekitar Rp1,6 miliar.

Bernama Comedian, karya seni itu dibuat seniman Italia, Maurizio Cattelan. Edisi pertama seni pisang itu sudah terjual di galeri Emanuel Perrotin, Galerie Perrotin, di New York dan Asia, di laporkan USA Today.

Edisi kedua dijual instalasi seni itu dijual kepada seorang pria dengan harga US$150 ribu, setara Rp2,1 miliar. Rencananya, harga instalasi seni itu terus naik.

Sebelum penjualan yang dilaporkan, Perrotin mengatakan kepada CNN, pisang tersebut sebagai "simbol perdagangan global, tujuan ganda, serta perangkat klasik untuk humor."
Dia menambahkan, Cattelan mengubah benda-benda normal menjadi "kendaraan kegembiraan dan kritik."

2 dari 7 halaman

Toilet Emas

Outlet juga melaporkan bahwa tidak ada instruksi yang jelas untuk pembeli tentang apakah pisang mulai membusuk. The Miami Herald melaporkan bahwa pemilik dapat mengganti pisang sesuai kebutuhan.

Cattelan merupakan seniman yang sama di belakang karya seni toilet kerja padat emas 18 karat berjudul " America" yang jadi perhatian Januari 2019. Emas di instalasi seni itu dicuri saat menjalani pameran di Istana Blenheim Inggris, tempat kelahiran dan rumah leluhur Winston Churchill.

" Karya seni yang telah dicuri adalah toilet bernilai tinggi yang terbuat dari emas yang dipajang di istana," kata inspektur detektif Thames Valley, Jess Milne.

3 dari 7 halaman

Bikin Takjub! 5 Lukisan Seniman Jepang Ini Dibuat dari Pasta Coklat

Dream – Sebagian besar orang cenderung memiliki darah seni yang mengalir di dalam tubuhnya. Baik itu dalam seni bernyanyi, menari, bermain musik hingga melukis. Hal ini juga tampak pada salah satu seniman dan illustrator asal Jepang, Norico.

Seniman ini memiliki bakat dan keahlian dalam hal melukis namun dengan teknik yang berbeda dari pelukis lainnya. Dia sama sekali tak menggunakan cat air sebagai medium untuk menuangkan kreasinya.

Norico menggunakan pasta coklat untuk menggantikan cat air. Alih-alih terlihat monoton, lukisannya tersebut justru sukses membuat siapa saja berdecak kagum melihatnya. Bagaimana tidak? Hanya dengan pasta coklat, Norico mampu menggambarkan berbagai macam rupa mulai dari tokoh animasi, bunga, hewan hingga tokoh terkenal.

Lukisannya karya Norico terlihat sangat mirip dengan aslinya. Tak hanya itu saja, Norico dalam melukisnya juga hanya menggunakan jari-jari tangan ajaibnya saja loh Sahabat Dream.

Penasaran kan bagaimana hasilnya? Yuk intip karya seni mengagumkan dari Norico, seniman asal Jepang berikut ini.

4 dari 7 halaman

Aladdin

Seniman Ini Melukis dengan Pasta Coklat, 5 Hasilnya Bikin Takjub

(Foto: Instagram @norico0807)

 

Siapa sih yang tidak tahu Aladdin? Salah satu serial karakter besutan Walt Disney ini sukses mencuri perhatian masyarakat. Terlebih, Disney telah mengeluarkan film live-action Aladdin di 2019 ini. Film Aladdin diperankan oleh Will Smith, Mena Massoud, Naomi Scott dan masih banyak aktris lainnya.

Ketenaran film Aladdin ini memang sampai ke suluruh penjuru dunia, tak terkecuali Jepang. Terbukti, seniman asal Jepang, Norico, membuat lukisan dengan pasta cokelat yang menggambarkan film Aladdin. Lebih tepatnya, Norico melukis karakter jin Genie yang diperankan oleh Will Smith beserta lampu ajaibnya. 

      View this post on Instagram

🧞‍♂️🧞‍♂️🧞‍♂️ ✨Ginie✨ 🧞‍♂️🧞‍♂️🧞‍♂️ ディズニー映画はどれも選べないくらい大好きだけど特にお気に入りのアラジン😍待望の実写化❣️ 息抜きに描くことができて楽しかったぁ〜〜‼️ ジーニーがウィルスミスとかぴったりすぎる🧞‍♂️ 来週映画見に行きます🎬🤩 予告みるだけでワクワクするわ😆💓 前回もだけど待ちきれず映画見る前に描くやつ👍 I love it so much that I can't choose Disney movies, but I love Aladdin😍 It was fun to be able to draw without a break‼️ I'm going to see a movie next week🎬🤩 I'm excited just to see the movie preview😆💓 I did not wait and drew before watching the movie👍 #映画#アラジン#ジーニー#🧞‍♂️ #ディズニー#ディズニー映画 #チョコレートアートムービー#チョコペンアート#チョコレートアート#チョコペンアートムービー#似顔絵#フリーハンド#drawing #artwork #aladdin#aladdin2019 #willsmith #genie #funart #chocolatepen #chocolateart #chocolateartist #chocolate #chocolateartmovie #disney #calligraphy #movies #movieart #disneyfood #norico0807

A post shared by 🍫🎨norico🎨🍫 (@norico0807) on

5 dari 7 halaman

Beauty and The Beast

Seniman Ini Melukis dengan Pasta Coklat, 5 Hasilnya Bikin Takjub

(Foto: Instagram @norico0807)

Norico juga sempat membuat lukisan pasta coklat yang bertemakan Beauty and the Beast. Ya, lagi-lagi seniman asal Jepang ini mendapatkan inspirasi dari film hasil karya Walt Disney. Film fantasi musikal yang diluncurkan tahun 2017 ini memang sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan penikmat film.

Walt Disney juga menggandeng sejumlah bintang ternama seperti Emma Watson, Dan Stevens, Luke Evans dan masih banyak lainnya untuk mengisi karakter di film ini. Nah, Norico di sini melukis karakter Belle yang diperankan oleh Emma Watson, Beast beserta mawar abadinya. 

      View this post on Instagram

#美女と野獣実写版 金曜ロードショーでしたね🥀 懐かしくて2年前に描いた作品を再投稿☺️ これを描いたあとに映画館で3Dで見たんだけどすごく良かった❣️😍 初めて回転を使った作品でした✨ 今見ると色々粗がある‼️ 今もまだまだなので日々精神してまいります😆👍🌈 I drew this work two years ago🥀 It is the first work using a turntable☺️ I will keep in mind from now on😆👍🌈 #映画#美女と野獣 #ディズニー#ディズニープリンセス#エマワトソン#チョコレートアートムービー#チョコペンアート#チョコレートアート#チョコペンアートムービー#似顔絵#フリーハンド#drawing #artwork #beautyandthebeast #Princessbelle #emmawatson #disneyprincess #chocolatepen #chocolateart #chocolateartist #chocolate #chocolateartmovie #disney #calligraphy #movies #movieart #disneyfood #norico0807

A post shared by 🍫🎨norico🎨🍫 (@norico0807) on

6 dari 7 halaman

Rose

Seniman Ini Melukis dengan Pasta Coklat, 5 Hasilnya Bikin Takjub

(Foto: Instagram @norico0807)

Bakat melukis Norico memang tak perlu diragukan lagi. Kali ini sang seniman dan illustrator mencoba melukis bunga mawar. Norico mendapatkan ide dari bunga mawarnya yang berada di kediamannya. Meskipun ide yang didapatkan cukup sederhana, namun Norico mampu membuatnya menjadi sangat menakjubkan.

Hanya bermodalkan pasta coklat, cotton bud dan jemari lentiknya, Norico sukses menghidupkan bunga mawar dalam lukisannya. Bahkan, yang melihatnya saja bisa tidak percaya jika lukisan itu hasil kerja dari sebuah jari tangan seseorang.

      View this post on Instagram

薔薇のご注文🌹🌹🌹 初めて花メインでがっつり描き込みました✨ 本物の薔薇を見ながら🖋😋 私にとって花は1番身近で大好きな被写体✨ 花が蕾から満開なって散っていくのを見るのが好き💕 植木の花より切り花が好き🌱 今回も、満開の今が1番綺麗な時期の薔薇で、花弁の筋まで 生々しく描くのを意識しました🌹 チョコレートでどこまでリアルを表現できるか模索中👀 特注のアクリル版に入れたので、ホコリを気にせず飾れます✨ この子は東京にお嫁に行きました🤗 #美女と野獣 #薔薇#🌹 #プレゼント#チョコペンアート #チョコレートアート#デザートプレート #似顔絵#結婚式#結婚式準備#オープニングムービー#プレ花嫁#フリーハンド#drawing #artwork #rose #flower #flowers #beautyandthebeast #chocolatepen #chocolateart #chocolate #sweets #opneningmovie #calligraphy#happywedding #instagood#loveflowers #noricong#norico0807

A post shared by 🍫🎨norico🎨🍫 (@norico0807) on

7 dari 7 halaman

Hewan Peliharaan

Seniman Ini Melukis dengan Pasta Coklat, 5 Hasilnya Bikin Takjub

(Foto: Instagram @norico0807)

Berkat keahlian dan bakatnya tersebut, Norico akhirnya membuka jasa melukis bagi siapa saja yang ingin dilukisnya. Salah satu yang paling berkesan yaitu lukisan sepasang hewan peliharaan anjing beserta boneka gajahnya. Lukisan ini memiliki kisahnya tersendiri loh Sahabat Dream. Norico mengaku jika ini merupakan potret hewan peliharaan untuk waktu yang lama. 

Awalnya, lukisan ini hanya ditunjukan untuk sang anjing kliennya yang telah meninggal. Namun, akhirnya sang klien meminta untuk menambahkan satu personil baru yang kini tengah menggantikan anjing sebelumnya.

Here is the first portrait of pets for a long time🐶💕 This was requested more than half a year ago😆 At first, the request was for just the client's dog who passed away, but now it's with another dog who recently came to the house. I also drew with their favorite elephant doll🐘💕 They are both named "Maron", and the nicknames are "Maryotan" I always draw fonts solidly whenever I draw someone's names, but I drew it a little rough in a friendly manner. As I felt they were both brought up with a lot of love, I drew a lot of hearts💕 Thank you so much for letting me draw your precious Maryotan‼️🥺🌈,” ungkap Norico di Instagramnya. 

      View this post on Instagram

久しぶりにペット似顔絵です🐶💕 こちら半年以上前にご依頼いただきました😃 当初は、亡くなったわんちゃんの制作依頼でしたが、最近新しいわんちゃんをお迎えした❣️とのことで2匹になりました☺️2匹ともお気に入りのぞうさんのお人形も一緒に🐘💕どちらもまろんちゃんというお名前で、あだ名がまりょたん💓いつも名前を書く時は、カッチリしたフォントを書きますが、今回は親しみを込めてラフな感じで書きました🥰 本当に愛情たっぷりに育てられたのだなぁと感じたので、ハートもいっぱい💕 大事なまりょたんを私に描かせて下さり、本当にありがとうございました‼️🥺🌈 ・ ・ Here is the first portrait of pets for a long time🐶💕 This was requested more than half a year ago😆 At first, the request was for just the client's dog who passed away, but now it's with another dog who recently came to the house. I also drew with their favorite elephant doll🐘💕 They are both named "Maron", and the nicknames are "Maryotan" I always draw fonts solidly whenever I draw someone's names, but I drew it a little rough in a friendly manner. As I felt they were both brought up with a lot of love, I drew a lot of hearts💕 Thank you so much for letting me draw your precious Maryotan‼️🥺🌈

A post shared by 🍫🎨norico🎨🍫 (@norico0807) on

Terkait
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?
Join Dream.co.id