Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rilis Obligasi Rp2 T, KAI Remajakan Armada dan Prasarana

Rilis Obligasi Rp2 T, KAI Remajakan Armada dan Prasarana PT Kereta Api Indonesia Menerbitkan Surat Utang Rp2 Triliun. (Foto: Shutterstock)

Dream – PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI mencari sumber pendanaan lain melalui obligasi. Perusahaan pelat merah menerbitkan obligasi senilai Rp2 triliun yang telah memulai proses penawaran umum sejak 1 November 2019.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, penjamin pelaksana emisi dalam obligasi ini ada PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Danareksa Sekuritas.

"Obligasi II Kereta Api Indonesia 2019 dengan nominal Rp2 triliun. Dana yang diperoleh dari penawaran umum setelah dikurangi dari biaya-biaya emisi Rp1,2 triliun akan digunakan untuk pokok pinjaman pada PT Bank HSBC Indonesia," ujar Edi dalam acara investor gathering di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin 11 November 2019.

Sisa dari pembayaran ke Bank HSBC itu, kata Edi, akan digunakan untuk peremajaan kereta dan pembaruan prasarana.

Juga untuk Beli Kereta Baru

Edi menjelaskan, pembaruan sarana itu digunakan untuk membeli kereta baru sebagai pengganti kereta yang usianya sudah tua. Sampai Oktober 2019, ada 672 kereta yang usianya di atas 30 tahun.

Direktur Keuangan PT KAI, Didiek Hartantyo,berujar, obligasi II KAI saat ini mendapat peringkat idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia.

" Obligasi terbagi menjadi dua seri, Seri A berjangka 5 tahun dengan indikasi tingkat kupon oblogasi 7,45 persen-8,10 persen pertahun," kata Didiek.

Sementara, untuk Seri B berjangka 7 tahun dengan indikasi tingkat kupon obligasi 7,80 persen-8,50 persen per tahun.

"Bnga obligasi dibayarkan triwulan 30/360, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing bunga obligasi," kata dia.

Naik Kereta Jarak Jauh Kini Bisa dari Stasiun Bekasi

Dream – Penumpang dari kawasan Bekasi dan sekitarnya yang ingin ke luar kota dengan Kereta Api Jarak Jauh kini tak perlu lagi kerepotan. Terhitung mulai Jumat, 1 November 2019, mereka bisa naik kereta jarak jauh dari Stasiun Bekasi menuju Semarang, Kutoarjo, atau Surabaya. 

“Terhitung mulai 01 November 2019 tiga KA jarak jauh dengan keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Kota juga akan berhenti melayani keberangkatan penumpang dari Stasiun Bekasi," ujar Senior Manager Humas DAOP I KAI, Eva Chairunisa, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 31 Oktober 2019.

Eva mengatakan terdapat tiga rangkaian kereta jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Jakarta Kota akan berhenti di Stasiun Bekasi. Tiga rangkaian tersebut yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

 

 

"Penumpang yang berdomisili di Bekasi tidak perlu repot-repot datang ke Stasiun Jakarta Kota. Cukup naik dari Stasiun Bekasi saja,” kata dia.

Selanjutnya, Eva mengatakan hal ini untuk memberikan layanan yang memudahkan bagi para pengguna setia kereta jarak jauh. Diharapkan mereka bisa semakin nyaman bepergian dengan kereta api.

“Dengan diterapkannya inovasi ini, diharapkan dapat memudahkan akses bagi para calon penumpang yang akan menggunakan KA-KA tersebut,” kata dia.

Lebih lanjut, Stasiun Bekasi telah menyiapkan petugas dan fasilitas untuk melayani pemberangkatan tiga kereta tersebut. Misalnya, 1 loket go show, 1 loket pembatalan, 2 loket pemesanan, dan 4 unit mesin check in counter (CIC).

Ada juga ruang tunggu kereta jarak jauh yang berkapasitas 160 orang dan kursi di peron 4 Stasiun Bekasi yang bisa menampung 128 orang.

“Selain datang langsung ke stasiun, para calon penumpang juga bisa melakukan reservasi tiket melalui website kai.id dan aplikasi Kai Access, serta channel eksternal yang telah bekerja sama dengan PT KAI,” kata dia.

Berikut jadwal keberangkatan tiga kereta yang akan berhenti di Stasiun Bekasi

1. KA Kutojaya Utara (relasi Jakarta Kota- Kutoarjo) berangkat dari Jakarta Kota pukul 05.10 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 05.48 WIB.

2. KA Jayakarta Premium (relasi Jakarta Kota-Surabaya Gubeng) berangkat dari Jakarta Kota pukul 13.05 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 13.44 WIB.

3. KA Menoreh (relasi Jakarta Kota- Semarang Tawang) berangkat dari Jakarta Kota pukul 19.00 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 19.38 WIB.

Hore! Wisata ke Kawah Putih Dapat Diskon Tiket Masuk 10% dari KAI

Dream – Ada rencana menghabiskan libur akhir tahun di daerah pegunungan di kawasan Jawa Barat? Ada kabar baik buat kamu yang ingin travel ke kawasan Kawah Putih, dan Curug 7 Cilember di tanah Pasundan itu.

PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI akan memberikan diskon 10 persen untuk tiket masuk ke Kawah Putih dan Curug 7 Cilember, Jawa Barat.

Dikutip dari laman KAI, Rabu 30 Oktober 2019, diskon 10 persen akan diberikan kepada penumpang kereta api eksekutif dan bisnis ke semua relasi. Tiket yang berlaku adalah tiket keberangkatan Senin—Minggu pada bulan yang sama.

Tertarik? Berikut ini adalah ketentuan-ketentuan yang diberlakukan.

 

 

1. Menunjukkan bukti boarding pass perjalanan KA sesuai dengan identitas pelanggan ketika masuk tempat wisata kawah putih dan curug 7 Cilember.

2. Check in di Pondok Patuha Tjiwideij di Ciwidey, Cikole Jayagiri Resort di Cikole Lembang dan Curug Tujuh Cilember di Megamendung Puncak Bogor.

3. Satu boarding pass berlaku untuk 2 orang (Kawah & Cilember) diskon 10 persen diberikan untuk tiket masuk, tiket kendaraan roda empat, dan penginapan.

4. Spesial rate tidak berlaku untuk pemesanan via Online

5. Boarding pass berlaku 30 Hari dari tanggal yang tertera di boarding pass.

6. Pelanggan kereta api menunjukkan tiket kereta api eksekutif dan bisnis dengan disertai kartu identitas yang berlaku dan sesuai dengan identitas yang tercantum pada tiket kereta api.

7. Program ini berlaku sampai dengan tanggal 30 Desember 2020.

Naik Kereta Bandara Soetta Kini Bisa dari Stasiun Manggarai

Dream – Akses transportasi dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta semakin mudah. Mulai 5 Oktober 2019, Kereta Bandara melayani penumpang dari Stasiun Manggarai, Jakarta.

"Travellers, ini dia kabar yang ditunggu-tunggu! Buat kamu yang akan melakukan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta sekarang sudah bisa naik atau turun di Stasiun Manggarai mulai hari Sabtu, 5 Oktober 2019 lho!" demikian pengumuman yang tertera pada akun Instagram @kabandararailink, Jumat 4 Oktober 2019.

Ada promo menarik yang ditawarkan PT Railink selaku operator Kereta Bandara. Terdapat tiket yang bisa didapatkan secara gratis untuk 100 penumpang pertama.

      View this post on Instagram

Travellers, ini dia kabar yang ditunggu-tunggu! Buat kamu yang akan melakukan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta sekarang sudah bisa naik atau turun di Stasiun Manggarai mulai Hari Sabtu, 5 Oktober 2019 lho! . 100 orang pertama GRATIS naik KA Bandara, bisa turun di BNI City, Duri, Batu Ceper ataupun sampai Bandara Soekarno Hatta. Jadwal perjalanan tersedia 30 menit sekali. Dari Manggarai menuju Soetta: Kereta pertama pukul : 05.10 Kereta terakhir pukul : 21.40 Dari Soetta menuju menuju Manggarai: Kereta pertama pukul : 06.20 Kereta terakhir pukul : 23.20

A post shared by KA Bandara Railink (@kabandararailink) on 

Kereta Bandara ini memiliki rute Stasiun Manggarai menuju BNI City, Duri, Batu Ceper, mengakhiri perjalanan di Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya. Jadwal keberangkatan kereta tersedia setiap 30 menit sekali.

Berikut ini adalah jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun Manggarai

Dari Manggarai menuju Soetta:
Kereta pertama pukul : 05.10
Kereta terakhir pukul : 21.40

Dari Soetta menuju menuju Manggarai:
Kereta pertama pukul : 06.20
Kereta terakhir pukul : 23.20

KAI Sebar 2.500 Tiket Kereta Mudik Gratis, Catat Tanggalnya

Dream – Sahabat Dream yang kehabisan tiket kereta untuk mudik, jangan bersedih. PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI kembali menyebar tiket mudik gratis dengan kereta api untuk Lebaran tahun ini.

Hal ini sejalan dengan program Mudik Bareng BUMN yang diinisiasi Kementerian BUMN.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 23 April 2019, Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, mengatakan masa keberangkatan dan kepulangan mudik gratis dengan kereta api ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada H-9 dan H-10 Lebaran serta H+9 dan H+10 Lebaran.

 

 

“Mudik gratis kali ini diselenggarakan untuk keberangkatan tanggal 26—27 Mei 2019 dan untuk arus balik pada 15—16 Juni 2019,” kata Edi ketika inspeksi lintas KAI di Stasiun Gambir, Jakarta.

BUMN transportasi ini menyediakan 2.500 kursi untuk arus mudik dan arus balik. Jumlahnya lebih banyak 65 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang sebanyak 1.520 tempat duduk.

Berikut ini adalah daftar kereta untuk keberangkatan arus mudik dan arus balik.

Arus Mudik

26 Mei 2019

-Kertajaya Lebaran (7028) rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

  • Berangkat 08.45, tiba 20.25.
  • Kuota 310 kursi.

-Brantas Lebaran (7032) rute Pasar Senen-Blitar.

  • Berangkat 18.00, tiba 08.55.
  • Kuota 310 kursi.

 

27 Mei 2019

-Kertajaya Lebaran (7028) rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

  • Berangkat 08.45, tiba 20.25.
  • Kuota 314 kursi.

-Brantas Lebaran (7032) rute Pasar Senen-Blitar.

  • Berangkat 18.00, tiba 08.55. 
    Kuota 316 kursi.

Arus Balik

15 Juni 2019

- Kertajaya Lebaran (7027) rute Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen.

  • Berangkat 23.35, tiba 10.50.
  • Kuota 310 kursi.

- Brantas Lebaran (7031) rute Blitar-Pasar Senen.

  • Berangkat 13.55, tiba 05.22.
  • Kuota 310 kursi.

 

16 Juni 2019

- Kertajaya Lebaran (7027) rute Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen.

  • Berangkat 23.35, tiba 10.50.
  • Kuota 310 kursi.

- Brantas Lebaran (7031) rute Blitar-Pasar Senen.

  • Berangkat 13.55, tiba 05.22.
  • Kuota 310 kursi.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pemerintah Kucurkan Rp48,7 Triliun untuk THR ASN, Ini Rinciannya

Pemerintah Kucurkan Rp48,7 Triliun untuk THR ASN, Ini Rinciannya

Anggaran THR ini mengalami kenaikan dari tahun lalu.

Baca Selengkapnya
Negara Habiskan Rp16,5 Triliun untuk Pemilu 2024, Buat Apa Saja?

Negara Habiskan Rp16,5 Triliun untuk Pemilu 2024, Buat Apa Saja?

Anggaran pemilu 2024 digunakan untuk berbagai keperluan berikut ini

Baca Selengkapnya
Pecat Karyawan yang Tak Mau Pensiun, Perusahaan Ini Dituntut Ganti Rugi Rp1,6 Miliar

Pecat Karyawan yang Tak Mau Pensiun, Perusahaan Ini Dituntut Ganti Rugi Rp1,6 Miliar

Karyawan ini telah bekerja selama hampir 20 tahun di perusahaan tersebut.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bos Pupuk Indonesia Tak Khawatir Pemerintah Belum Lunasi Utang Rp1 Triliun

Bos Pupuk Indonesia Tak Khawatir Pemerintah Belum Lunasi Utang Rp1 Triliun

Terhitung masih ada sekitar Rp 1 triliun yang belum dibayarkan.

Baca Selengkapnya
Hilang 10 Tahun, Biaya Pencarian Pesawat MH370 Habiskan Rp3,14 Triliun

Hilang 10 Tahun, Biaya Pencarian Pesawat MH370 Habiskan Rp3,14 Triliun

Pesawat MH370 yang Hilang Selama 10 Tahun Telan Biaya Pencarian Mencapai Rp3,14 Triliun

Baca Selengkapnya
Dirancang Buat 3 Bulan, BLT Baru Digelontorkan Sekaligus Jelang Pemilu 2024

Dirancang Buat 3 Bulan, BLT Baru Digelontorkan Sekaligus Jelang Pemilu 2024

BLT senilai Rp200 ribu akan mulai dicairkan bulan Febuari 2024

Baca Selengkapnya
Pemerintah Gerojok Rp11,25 Triliun untuk BLT Baru, dari Sini Duitnya

Pemerintah Gerojok Rp11,25 Triliun untuk BLT Baru, dari Sini Duitnya

Bantuan kali ini berbeda dengan bantuan pangan yang sebelumnya telah diberikan. Kapan cair?

Baca Selengkapnya