Kabar Baik Temuan Shopee Soal Tren Pembayaran Digital e-Commerce di Indonesia

Dinar | Selasa, 14 Juli 2020 16:36
Kabar Baik Temuan Shopee Soal Tren Pembayaran Digital e-Commerce di Indonesia

Reporter : Syahid Latif

Ternyata sekarang kalangan lansia sudah mulai main transaksi pembayaran digital.

Dream - Adaptasi kehidupan baru di tengah pandemik Covid-19 melahirkan gaya hidup baru di masyarakat Indonesia. Kini masyarakat mulai terbiasa bertransaksi menggunakan sistem pembayaran digital.

Dari pantauan platform e-Commerce, Shopee, terlihat opsi pembayaran digital menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian secara online. Terlihat ada peningkatan transaksi pembayaran digital untuk pembayaran kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay.

Mengutip laporan Boston Consulting Group, tren ini diperkirakan akan terus berlanjut di kalangan rumah tangga di Asia Tenggara.

" 2020 telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat. Di antara perubahan ini, salah satunya dalam mewujudkan cashless society di Indonesia," ujar Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Handhika, sejalan dengan upaya physical distancing, perusahaan melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini.

Dari pantauan Shopee, tren pembayaran digital di masyarakat Indonesia terlihat dalam tiga hal yang terbagi atas kelompok umur, gender, dan lokasi penggunaan.

 

2 dari 3 halaman

Kalangan Lansia Mulai Terbiasa

Shopee mencatat adanya peningkatan pembayaran digital di antara pengguna berusia lanjut. Tercatat 80 persen dari jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun. Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online.

Sebanyak 45 persen jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun. Temuan ini menjadi kabar baik bagi Shopee karena menandakan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan ShopeePay di kalangan usia lanjut.

 

3 dari 3 halaman

Pria vs Wanita, Siapa Paling Sering Pakai?

 PP E-commerce Terbit, Pelaku Luar Negeri Wajib Bayar Pajak© MEN

Temuan kedua adalah penerapan pembayaran digital oleh pria diketahui lebih tinggi dibandingkan wanita. Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35 persen lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita.

Terakhir, pembayaran digital untuk saat ini masih didominasi masyarakat perkotaan. DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur tercatat memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi dibandingkan kota-kota lain di Indonesia.

Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang lebih maju.

" Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi smartphone yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital." ujar Shopee dalam laporannya.

Join Dream.co.id