Jurus Maybank Indonesia Kembangkan Unit Syariah

Dinar | Kamis, 19 Desember 2019 10:15
Jurus Maybank Indonesia Kembangkan Unit Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bank ini menggunakan strategi itu untuk mendorong unit syariahnya.

Dream - Unit usaha syariah (UUS) PT Bank Maybank Indonesia bisa berkembang dengan baik pada tahun ini. Padahal, industri syariah sedang mengalami banyak tantangan sehingga pertumbuhannya tidak maksimal.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 19 Desember 2019, Presiden Direktur Maybank Taswin Zakaria, mengatakan bahwa Maybank menerapkan strategi yang tepat sehingga mampu mendorong pertumbuhan Maybank Syariah.

Strategi tersebut adalah memposisikan produk-produk dari syariah sebagai alternatif pilihan artinya tidak ada pemisahan antara produk syariah dan konvensional.

Dia mencontohkan pegawai Maybank selalu menyodorkan dua produk kepada nasabah yaitu produk konvensional dan produk syariah.

Selain itu, Taswin menekankan bahwa produk syariah tidak hanya untuk nasabah Muslim aja. Nyatanya, syariah merupakan solusi yang bisa digunakan oleh nasabah muslim maupun non-Muslim.

" Kalau kita pisahkan antara Muslim dan non-Muslim, disitulah tantangan pertumbuhan yang akan muncul," kata dia di Jakarta.

2 dari 7 halaman

Spin Off

Taswin melanjutkan, mengenai rencana spin off Unit Usaha Syariah (BUS), perseroan tengah menggodok rencana tersebut secara mendalam. Alasannya, jika tak diperhitungkan dengan baik, spin off justru bisa menghambat pertumbuhan.

Menurut dia, pemisahan itu justru akan menghambat pertumbuhan industri syariah.

Menengok kinerja sembilan bulan pertama di 2019, aset pertumbuhan perbankan syariah Maybank alami kenaikan, yakni tumbuh 10,6 persen menjadi Rp33,4 triliun, serta berkontribusi 18,8 persen terhadap total aset bank.

Selain itu, pembiayaan syariah tumbuh 3,0 persen menjadi Rp24,5 triliun, dan simpanan syariah tumbuh signifikan 45,9 persen menjadi Rp26,4 triliun, berkontribusi 22,8 persen terhadap total simpanan bank.

Begitu pun dengan rasio Non Perfoming Financing (NPF) gross, membaik menjadi 1,30 persen per September 2019 dari 2,87 persen per September 2018.

(Sumber: Liputan6.com/Tira Santia)

3 dari 7 halaman

2018, Laba Bersih Unit Usaha Syariah Maybank Rp803 Miliar

Dream – Unit usaha syariah (UUS) PT Maybank Indonesia Tbk membukukan laba bersih Rp803 miliar pada 2018. Angkanya tumbuh 27,3 persen dari laba bersih 2017 yang sebesar Rp630,9 miliar.

“ Asetnya naik sebesar 11,2 persen menjadi Rp30,2 triliun,” kata Direktur Utama Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, di Jakarta, ditulis Selasa 19 Februari 2019.

Pembiayaan UUS Maybank naik 14,6 persen dari Rp20,7 triliun pada 2017 menjadi Rp23,7 triliu pada 2018. Total simpanannya naik 39,7 perse dari Rp16,7 triliun menjadi Rp23,3 triliun.

 

 2018, Laba Bersih Unit Usaha Syariah Maybank Rp803 Miliar © Dream

 

Rasio pembiayaan bermasalahnya (non performing financing/ NPF) gross ditekan dari 3,00 persen menjadi 2,8 persen.

“ Strategi sharia first bank dan implementasi leverage model dimana UUS memiliki akses pada sumber daya seluruh bank untuk mengembangkan dan memasarkan seluruh produk syariah memainkan peran penting bagi kinerja perbankan syariah Maybank Indonesia yang signifikan,” kata dia.

Taswin mengatakan, produk simpanan MyArafah memiliki tiga ribu nasabah. Sekadar informasi, Maybank juga ditunjuk oleh Badan Pengelola Keuangan Haji sebagai mitra pengelola keuangan haji.

4 dari 7 halaman

Cetak Laba Rp3 Triliun pada 2018

Taswin menambahkan, Maybank membukukan laba bersih sebesar Rp2,2 triliun. “ Untuk tahun keuangan yang berakhir 31 Desember 2018, (angkanya) melonjak 21,6 persen mencapai rekor baru sebesar Rp2,2 triliun,” kata dia.

Menurut Taswin, laba yang diperoleh ini didukung oleh pendapatan bunga bersih sebesar Rp8,1 triliun. Angkanya tumbuh 5,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, pada periode Desember 2018 Maybank mencatat aset sebesar Rp177 triliun.

Untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami penurunan 3,7 persen atau sebesar Rp116,8 triliun akibat likuditas.

“ Kemarin penurunan (DPK) bukan karena pengurangan nasabah, tapi keputusan dsri Maybank Indonesia membuang likuiditas yang biayanya tinggi. Tapi itu action dari kami untuk mengimbangi," kata dia.

5 dari 7 halaman

Aset Unit Syariah Maybank Indonesia Senilai Rp30,2 Triliun

Dream – Unit Usaha Syariah PT Bank Maybank Indonesia membukukan kenaikan aset sebesar 25,5 persen menjadi Rp30,2 triliun. Aset UUS Maybank ini menyumbang 17,4 persen dari total aset bank, naik dari tahun lalu yang hanya 14,2 persen.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 29 Oktober 2018, pembiayaan syariah juga naik 39,6 persen dari Rp17,1 triliun pada September 2017 menjadi Rp23,8 triliun pada September 2018.

Pembiayaan syariah menyumbang 18,1 persen total kredit bank yang sebesar Rp131,2 triliun pada September 2018. Total simpanannya juga naik 26,1 persen, dari Rp14,3 triliun menjadi Rp18,1 triliun.

 

 Aset Unit Syariah Maybank Indonesia Senilai Rp30,2 Triliun © Dream

 

Angka pembiayaan bermasalah (non performing financing/ NPF) turun dari 4 persen pada September 2017 menjadi 2,9 persen pada September 2018.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, mengatakan bahwa penerapan Sharia Leverage Model dan Sharia First memberikan kontribusi peningkatan kinerja yang signifikan bagi perbankan syariah Maybank. Taswin mengatakan pihaknya bisa meningkatkan kinerjanya meskipun pasar masih mengalami tantangan.

“ Perbankan global terus menjadi kontributor utama bagi pertumbuhan aset kami dan menunjukkan kapabilitas yang berbeda di pasar melalui produk yang inovatif. (Caranya) dengan menyediakan fasilitas hedging syariah pertama kepada nasabah korporasi kami,” kata dia di Jakarta.

6 dari 7 halaman

Nabung Rp100 Juta di Maybank, Dapat Asuransi Premi Rp 0

Dream – PT Bank Maybank Indonesia Tbk meluncurkan program tabungan dengan asuransi kesehatan inovatif. Diklaim sebagai yang pertama di Asia, para nasabah yang membuka tabungan ini bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan premi Rp0 atau, gratis.

Penerima asuransi dari produk terbaru bernama MySaveR itu juga bisa diberikan kepada orang tua, anak, kakak atau adik pasangan selama nasabah berusia di bawah 65 tahun.

" Program ini program pertama tidak hanya di Indonesia, bahwa ini terobosan yang baru mungkin ini di Asia yang pertama," ujar Direktur Community Financial Services PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Jenny Wiriyanto di Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018.

Jenny menjelaskan, nasabah yang membuka tabungan MySaveR akan mendapatkan kepesertaan asuransi kesehatan selama satu tahun tanpa harus melakukan medical checkup.

Produk ini juga akan menutup biaya rawat jalan, rawat inap dan penyakit kritis. " Apabila berobat di luar negeri juga bisa, nanti di-reimburse," kata dia.

Nantinya nasabah akan diberikan kartu asuransi yang bisa digunakan untuk berobat di 800 rumah sakit di seluruh Indonesia. " Nasabah cukup swipe saja,” kata Jenny.

Untuk bisa menikmati program tabungan yang bekerja sama dengan PT Allianz Life Indonesia bisa meng-cover asuransi kesehatan dengan premi gratis ini nasabah harus terlebih dulu menyetorkan dan menyimpan dana antara Rp100 juta hingga Rp1 miliar selama satu tahun.

(Sah)

7 dari 7 halaman

Maybank Sediakan ATM Kartu GPN dan Mastercard untuk Nasabah

Dream – PT Maybank Indonesia mulai mencetak kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hal ini sejalan dengan imbauan Bank Indonesia untuk menggalakkan penerbitan kartu tersebut.

“ Sudah GPN,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria di Jakarta, Rabu 1 Agustus 2018.

Tak hanya kartu GPN, nasabah Maybank Indonesia juga masih menggunakan kartu ATM/Debit dengan logo dari penyedia jasa luar negeri. Dalam hal ini, Maybank menyediakan kartu berlogo Mastercard.

“ Nanti masing-masing ada kartu Mastercard, ada kartu GPN,” kata dia.

Taswin menjelaskan kartu GPN hanya bisa digunakan untuk bertransaksi di dalam negeri. Dengan masih adanya kartu berlogo Mastercard, nasabah bisa menggunakan kartu Maybank di luar negeri.

Sekadar informasi, pada Maret 2018, Maybank meluncurkan kartu berlogo GPN dan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif nasional.

Dengan peluncuran kartu ini, Maybank juga memberikan kesempatan kepada 16,4 juta pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari kartu berlogo GPN.

(Sah)

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id