Foto Penampakan Kabin dan Kokpit Lion Air Jalani Sterilisasi Pesawat

Dinar | Rabu, 18 Maret 2020 12:43
Foto Penampakan Kabin dan Kokpit Lion Air Jalani Sterilisasi Pesawat

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Maskapai ini ingin menjaga penumpang dari paparan virus corona.

Dream – PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) melakukan sterilisasi semua pesawat yang beroperasi untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan penumpang. Hal ini sesuai dengan kebijakan regulator dan standar penerbangan internasional.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 19 Maret 2020, Lion Air akan melakukan proses disinfeksi unit pesawat sesuai dengan prosedur internasional.

“ Prosesnya diawasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta (KKP) yang berada di bawah Kementerian Kesehatan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, di Jakarta.

 Jurus Lion Air Jamin Keamanan dan Keselamatan Penumpang© MEN

Tindakan sterilisasi diperlihatkan pengelola maskapai ini saat mendemonstrasikan proses disinfeksi pada Lion Air Boeing 737-800 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Tim menyemprotkan cairan disinfektan yang meliputi bagian kabin, kokpit dan kompartemen kargo di bawah pesawat.

 Lion Air disinfektan© (Foto: Lion Air)

Sterilisasi pesawat adalah kebijakan proaktif yang diadopsi oleh Lion Air dan Lion Air Group sebagai langkah pencegahan dalam menghadapi wabah novel coronavirus (Covid-19) yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

 Lion Air disinfektan© (Foto: Lion Air)

Komitmen untuk mendisinfeksi pesawat terbang adalah inisiatif terbaru dari Lion Air selain langkah-langkah yang sebelumnya sudah diterapkan untuk melindungi awak pesawat dan personel layanan darat (ground handling).

 Lion Air disinfektan© (Foto: Lion Air)

 

Lion Air selama ini mewajibkan pemeriksaan suhu badan wajib terhadap semua personel layanan darat dan kru penerbangan yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan melakukan penerbangan. Selain itu, peralatan kesehatan seperti masker dan pembersih tangan juga tersedia di pesawat.

“ Lion Air juga mengambil peran untuk mendorong kesadaran kesehatan masyarakat dengan kampanye salam alternatif diantaranya melakukan sapaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun),” kata dia.

2 dari 8 halaman

Saudi Setop Umroh, Lion Air Hentikan Layanan

Dream - Lion Air menghentikan sementara semua layanan penerbangan umroh dari 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi. Maskapai ini menghentikan layanan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. 

“ Keputusan penghentian penerbangan sementara ini juga dilakukan dalam rangka tindakan preventif dan proaktif, guna mengutamakan faktor keselamatan awak pesawat dan para tamu jamaah serta menangkal masuk penyebaran Virus COVID-19 (Corona),” kata Corporate Communications Strategics Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 28 Februari 2020. 

Danang mengatakan, penundaaan sementara ini dilakukan sesuai dengan pemberitahuan resmi dari pihak regulator Kerajaan Arab Saudi - General Authority of Civil Aviation (GACA) Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dan surat Edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tentang Penghentian Sementara Rute Penerbangan ke Saudi Arabia.

 

 Saudi Setop Umroh, Lion Air Hentikan Layanan© Dream

 

Pihaknya juga telah meminta seluruh mitra dan agen penyelenggara umroh yang bekerja sama dengan Lion Air, untuk memberikan informasi penundaan penerbangan umroh kepada seluruh calon jemaah dari Indonesia sesuai dengan perkembangan terkini. 

“ Lion Air telah berkomunikasi dengan para tamu jamaah yang sudah berada di Jeddah dan Madinah perihal proses kepulangan. Lion Air mempersiapkan penerbangan dari Indonesia yang membawa awak pesawat dan tanpa penumpang (ferry flight) guna penjemputan sesuai jadwal,” kata dia. 

Sekadar informasi, penerbangan penjemputan Lion Air (fase kepulangan) akan melayani kurang lebih 13 ribu tamu jamaah, dari Madinah yakni Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz (MED) dan Jeddah yakni Bandar Udara Internasional King Abdulaziz (JED).

Dalam mengakomodir penerbangan penjemputan, Lion Air mengoperasikan armada berbadan lebar (wide body), antara lain Airbus 330-300CEO (berkapasitas 440) dan Airbus 330-900NEO yang memiliki 436 kapasitas kursi.

Semua armada telah dipersiapkan sesuai standar operasional prosedur, sudah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight).

“ Lion Air akan terus memantau dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi serta akan menyampaikan pemberitahuan berdasarkan perkembangan terbaru,” kata dia.

3 dari 8 halaman

Lion Air Masih Layani Penerbangan Umroh

Dream - Pemerintah Arab Saudi menyetop sementara kedatangan jemaah umroh dari luar negeri, termasuk dari Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona meluas. Lion Air Group angkat bicara tentang kebijakan ini.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 27 Februari 2020, Corporate Communications Strategics of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pihaknya masih mengoperasikan layanan penerbangan umroh dan belum ada pembatalan penerbangan.

Maskapai ini akan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan di Arab Saudi untuk ke depannya.

 

 Lion Air Masih Layani Penerbangan Umroh© Dream



“ Lion Air senantiasa berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi serta akan terus mengumpulkan data dan berbagai keterangan,” kata Danang di Jakarta.

Maskapai ini memiliki operasional yang meliputi Madinah - Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz - Bandara Internasional King Abdulaziz. 

Lion Air mengoperasikan rata-rata 4-5 kali penerbangan umroh per hari dari Indonesia, dengan kota asal melalui bandar udara sebagai berikut:

1.Banda Aceh - Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh (BTJ).

2.Medan - Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO).

3.Pekanbaru - Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau (PKU).

4.Batam - Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau (BTH).

5.Palembang - Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Talang Betutu, Sukarami, Sumatera Selatan (PLM).

6.Jakarta - Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK).

7.Solo - Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Jawa Tengah (SOC).

8.Surabaya - Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB).

9.Banjarmasin - Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ).

10.Balikpapan - Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN).

11.Makassar - Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

12.Mataram - Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Praya, Nusa Tenggara Barat (LOP).

“ Lion Air akan menyampaikan pemberitahuan kepada para tamu jamaah dan mitra sesuai perkembangan lebih lanjut,” kata Danang.

 

4 dari 8 halaman

Ini Hasil Pemeriksaan Pramugari Lion Air yang Demam Usai Terbang dari Wuhan

Dream - Lion Air menyatakan pramugari berinisial NM yang mengalami demam setelah terbang dari Wuhan, China, tidak menunjukkan tanda-tanda terjangkit virus Corona. Sang pramugari telah mendapatkan perawatan di rumah sakit Tabanan, Bali.

" Informasi terakhir yang Lion Air peroleh bahwa suhu tubuh tetap normal dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda pneumonia sesuai kriteria atau negatif terjangkit virus corona," kata Corporate Communication Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 29 Januari 2020.

Danang mengatakan, setelah mendarat dan selesai tugas bersama penerbangan JT-2622 rute Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai, China (PVG), ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) pada Sabtu 25 Januari 2020, NM berinisiatif konsultasi dan periksa ke rumah sakit.

 

 Ini Hasil Pemeriksaan Pramugari Lion Air yang Demam Usai Terbang dari Wuhan© Dream

 

NM merasa demam, batuk, dan pilek. Tim medis melakukan cek darah dan tahapan pemeriksaan dada dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik (rontgen). Hasil pemeriksaan menyatakan NM dalam kondisi normal.

Sesuai prosedur, karena NM termasuk kategori orang yang telah melakukan perjalanan dari China, maka harus dibawa ke rumah sakit rujukan agar memperoleh penanganan tepat serta pengecekan virus.

Untuk tindakan pencegahan, NM segera mendapatkan penanganan cepat dan perawatan medis termasuk pemeriksaan komprehensif dan uji laboratorium. Kondisi NM dalam keadaan baik, suhu tubuh 36,5 derajat (normal) dan tensi darah 110/ 70 (normal)

" Pramugari dimaksud masih menjalani tahapan ovservasi di rumah sakit, hingga tim medis menyatakan sehat dan diperbolehkan pulang," tambah Danang.

5 dari 8 halaman

Dua Kali Terbangi Rute Wuhan

Sekadar informasi, dikutip dari Liputan6.com, seorang pramugari Lion Air diduga terjangkit virus Corona setelah melakukan perjalanan dari Wuhan, China. Pramugari Lion Air ini melakukan perjalanan dua kali ke Wuhan sejak virus Corona merebak.

Pertama, ia terbang pada tanggal 6 Januari dan kembali ke Indonesia pada tanggal 8 Januar 2020. Selanjutnya, ia kembali melakukan perjalanan menuju Wuhan dari Bali untuk mengantar penumpang pada tanggal 24 Januari 2020. Ia kembali ke Indonesia pada 26 Januari 2020.

Setibanya di Indonesia, pramugari tersebut mendadak mengalami demam tinggi. " Jadi, setibanya pramugari itu di Indonesia dia mengeluh demam tinggi lalu memeriksakan diri ke rumah sakit swasta," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr Nyoman Suratmika saat dihubungi wartawan, Selasa 28 Januari 2020.

6 dari 8 halaman

Wabah Virus Corona, Lion Air Setop Penerbangan Tiongkok

Dream - Maskapai Lion Air menjadi operator pesawat terbaru yang mengeluarkan kebijakan penghentian sementara rute penerbangan ke Tiongkok. Keputusan itu dibuat setelah merebabnya wabah virus corona baru, 2019-NCoV. 

" Untuk tujuan beberapa kota di Republik Rakyat Tiongkok, (ada) pembatalan atau penghentian penerbangan sementara (suspends) secara bertahap menurut jadwal keberangkatan dan kedatangan hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata Corporate Communication Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 29 Januari 2020.

Danang mengatakan pembatalan sementara akan mulai dilakukan pada bulan ini.

 

 Wabah Virus Corona, Lion Air Setop Penerbangan Tiongkok© Dream

 

Berikut ini adalah rincian rute penerbangan Lion yang dibatalkan:

*Denpasar-Wuhan-Denpasar

*Manado-Tianjin-Manado

*Manado-Fuzhou-Manado

*Manado-Hangzhou-Manado

*Soekarno-Hatta-Haikou-Manado

*Surabaya-Haikou-Surabaya

7 dari 8 halaman

Ini Jadwalnya

Danang mengatakan ada pembatalan sementara untuk semua rute penerbangan ke Tiongkok. Pembatalan semua rute ini berlaku mulai Februari 2020. 

Berikut ini adalah rinciannya.

 Penerbangan yang dihentikan sementara.© Lion Air Group

 Penerbangan yang dihentikan sementara (2)© Lion Air Group

8 dari 8 halaman

Hanya Pemulangan Penumpang

Operasional penerbangan yang masih berjalan atau beroperasi ke Tiongkok bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang. 

“ Layanan penerbangan kembali dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang,” kata dia.

Danang mengatakan keputusan penghentian sementara merupakan bagian dari langkah antisipasi berdasarkan pemberitahuan larangan perjalanan dari Otoritas Wuhan. Ya, otoritas ini mengeluarkan larangan terkait dampak wabah virus corona.

“ Lion Air Group senantiasa berkomitmen dalam memastikan keselamatan, keamanan serta kenyamanan (ensure the safety, security and comfort) penerbangan terhadap kru pesawat dan tamu,” kata dia.

Join Dream.co.id