Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka Pekan Depan

Dinar | Kamis, 19 Mei 2022 18:01

Reporter : Nabila Hanum

Ekspor minyak goreng kembali dibuka Senin 23 Mei 2022.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan akan kembali membuka keran ekspor produk minyak sawit, termasuk turunannya seperti minyak goreng dan CPO, mulai Senin, 23 Mei 2022.

Pelonggaran kebijakan yang dibuat presiden didasarkan pada konsisi pasokan minyak goreng di dalam negeri yang terus bertambah semenjak diberlakukannya larangan ekspor.

Larangan ekspor minyak, kata Jokowi, juga berdampak pada penurunan rata-rata harga minyak goreng nasional.

Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka Pekan Depan
Presiden Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)
2 dari 2 halaman

" Berdasarkan kondisi pasokan dan harga migor saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit petani dan pekerja dan tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan ekspor migor akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022 ," kata Jokowi dalam pernyataan resminya, Kamis 19 Mei 2022.

Data yang diperoleh pemerintah menunjukan harga minyak goreng curah di dalam negeri sebelum diberlakukannya larangan ekspor, atau April 2022 lalu, mencapai kisaran Rp 19.800/kg.

" Setelah adanya larangan ekspor, harga rata-rata nasional turun Rp 17.200/kg sampai Rp 17.600/kg," katanya.

Sebelumnya, Presiden melarang ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, termasuk crude palm oil (CPO), sejak Kamis 28 April 2022.

Kebijakan ini menunjukan sikap keras pemerintah yang sebelumnya masih membolehkan ekspor CPO dan memicu kenaikan harga minyak goreng di dalam negeri.

Dengan keputusan kali ini, kebijakan larangan ekspor minyak kelapa sawit hanya berlangsung sekitar 3 pekan.

Join Dream.co.id