Jokowi Dorong Indonesia Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah Global

Dinar | Jumat, 22 Oktober 2021 19:47

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ini mengingat perekonomian syariah di Indonesia tumbuh pesat.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyampaikan tekadnnya mendorong Indonesia menjadi pemain utama ekonomi syariah dan industri halal dunia. Presiden juga berharap Indonesia menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah global setelah menunjukan pertumbuhan menjanjikan.

Mengutip data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, sektor ekonomi syariah Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang berarti. Tahun 2018, ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia. Kemudian di tahun 2019, naik menjadi peringkat 15. Kini, ekonomi syariah di Indonesia berada di peringkat empat dunia.

“ Naik, naik, naik terus,” kata Jokowi saat memberikan sambutan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat 22 Oktober 2021,.

Meskipun perkembangannya cukup pesat, Jokowi mengingatkan semua kepentingan untuk tidak berpuas diri. Dia juga menekankan upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah di Tanah Air dapat tumbuh lebih pesat lagi.

Karena itulah, MES perlu memainkan peran penting itu. Jokowi mengharapkan MES bisa menjadi jembatan bagi semua pemangku kepentingan ekonomi syariah.

“ Untuk membangun ekosistem syariah di negara kita Indonesia, untuk membangun ekonomi inklusif yang memberdayakan dan mampu bertahan menghadapi berbagai macam krisis,” kata dia.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong MES untuk menjadi lokomotif perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Dengan begitu, akan lahir para wirausaha baru dari kalangan santri dan bisa menggerakkan perekonomian yang inklusif.

Jokowi Dorong Indonesia Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah Global
Presiden Jokowi Meminta Indonesia Menjadi Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah Dunia.
2 dari 6 halaman

MES Ajak Milenial Ikut GAMES untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

Dream – Anak muda diyakini memiliki potensi besar dan berperan penting dalam mengembangkan ekonomi syariah. Menyadari kelebihan tersebut, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mendorong peran generasi milenial dalam mengembangkan ekonomi syariah.

Dikutip dari keterangan tertulis MES, Kamis 29 April 2021, MES meluncurkan Gerakan Anak Muda untuk Ekonomi Syariah (GAMES). Program ini merupakan kolaborasi anak muda lintas organisasi di Indonesia.

Ketua Komite Pemberdayaan dan Pembinaan Pelajar, Mahasiswa, dan Kepemudaan PP MES, Arief Rosyid Hasan, mengatakan MES berkomitmen melibatkan generasi muda dan semua lapisan masyarakat untuk membangun kemajuan ekonomi syariah di Indonesia. Ini termasuk dengan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dan ekonomi syariah.

“ Semua ini dipertemukan karena ada satu garis yaitu ekonomi. Kalau soal politik, teman-teman ini berbeda-beda, tapi alhamdulillah ketika bicara ekonomi syariah, semua bersatu dengan semangat yang sama, yaitu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Tanah Air,” kata Arief.

3 dari 6 halaman

Peran Anak Muda Tak Bisa Ditawar

Ketua 2 PP MES, Asrorun Ni’am Sholeh, mengatakan ekonomi syariah merupakan jalan hidup untuk mencari rida Allah SWT. Dia juga sepakat bahwa peran milenial dalam pengembangan ekonomi syariah sudah tidak bisa ditawar.

Anak muda perlu hadir sebagai pemberi kesadaran untuk masyarakat melalui konten-konten kreatif dan menjangkau masyarakat di kota-kota kecil serta pedesaan.

 Peran Anak Muda Tak Bisa Ditawar© MEN

“ Kita harus menjadi aktor dalam perkembangan ekonomi syariah, bukan sekedar penonton saja. Hari ini saya lihat bahwa ada peluang besar bagi santri milenial, apalagi dengan berkembangnya industri halal di Indonesia,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Upaya Pemerintah Jadikan Indonesia Kekuatan Terbesar Ekonomi Syariah Dunia

Dream – Saat ini, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Ditambah, Indonesia juga berpotensi sebagai negara dengan ekonomi syariah terbesar di dunia.

Pada Senin 5 April 2021, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk mendukung potensi ekonomi syariah Indonesia. Salah satunya adalah memperluas Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menjadi Komite Nasional Ekonomi Syariah.

Selain itu, pemerintah melebur tiga bank syariah milik BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia.

 

 Upaya Pemerintah Jadikan Indonesia Kekuatan Terbesar Ekonomi Syariah Dunia© Dream

 

“ Melalui penggabungan tersebut, diharapkan BSI bisa melayani seluruh lapisan masyarakat terutama transaksi domestik maupun global, dari skala kecil UMKM sampai skala besar, di tingkat korporasi dalam maupun luar negeri,” ujar Ma’ruf Amin Wakil Presiden Indonesia dalam webinar " Sharia Fair 2021" Senin, 5 April 2021.

Target capaian dan indikator utama pengembangan ekonomi syariah, yaitu pada peningkatan skala ekonomi syariah, peningkatan peringkat Indonesia dalam Islamic Economic Indeks, peningkatan kemandirian ekonomi dan perbaikan indeks kesejahteraan.

5 dari 6 halaman

Empat Fokus Pemerintah

Kata Ma’ruf, besarnya potensi pengembangan ekonomi yang dimiliki Indonesia harus dimanfaatkan dengan optimal, empat fokus pemerintah saat ini. Keempat fokus itu adalah pengembangan industri produk halal, pengembangan industri produk syariah, dan pengembangan dana sosial syariah, serta perluasan usaha syariah agar dapat segera diimplementasikan.

Pemerintah juga mendorong pengembangan pencatatan perdagangan produk halal Indonesia, pengembangan sertifikasi produk halal, dan produk halal expor yang mudah, efisien dan efektif, juga berikut pengembangan kodifikasi data industri halal, agar statistik perdagangan produk Indonesia akan tercatat dengan lebih baik.

Namun saat ini masih terjadi beberapa kompleksitas, yaitu belum idealnya link and match antara ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, kemudian koordinasi lintas lembaga belum terjalin dengan baik, dan ingklusi juga literasi masih belum ideal.

“ Peluncuran Brand Ekonomi Syariah sebagai satu logo symbol milik negara, yang dapat digunakan untuk menyatukan kebersamaan dalam seluruh kegiatan, yang berkaitan dengan keuangan dan ekonomi Syariah di Indonesia,” imbuh Ma'ruf.

6 dari 6 halaman

Literasi Perlu Ditingkatkan

Ia juga menjelaskan dapat digunakan untuk peningkatan literasi, edukasi serta sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah yang masif, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan masyarakat akan ekonomi dan keuangan syariah.

“ Yang diperlukan saat ini, tinggal koordinasi semua pihak untuk memanfaatkan besarnya potensi yang masih belum tereksplor maksimal,” ujar Direktur Eksekutif KNEKS, Ventje Raharjo, dalam kesempatan yang sama.

Sedangkan sektor yang paling potensial untuk memajukan yaitu, pertanian terintergrasi, industri makanan dan fashion, energi terbarukan, serta pada pariwisata yang halal.

(Laporan: Radhika Nada)

Join Dream.co.id