Bursa Calon Dirut Baru Garuda Jelang RUPSLB, Inikah Kandidatnya?

Dinar | Selasa, 21 Januari 2020 14:49
Bursa Calon Dirut Baru Garuda Jelang RUPSLB, Inikah Kandidatnya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mulai dari Ignasius Jonan sampai bos Angkasa Pura I.

Dream - Jelang pengumuman jajaran direksi baru PT Garuda Indonesia Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) besok, Rabu, 22 Januari 2020, sejumlah nama santer disebut akan mengisi posisi kosong Direktur Utama (Dirut).

I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, `Kapten`Garuda Indonesia sebelumnya diberhentikan Kementerian BUMN setelah kasus barang bawaan ilegal di dalam pesawat Airbus yang baru didatangkan perusahaan. 

 

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 21 Januari 202, ada beberapa tokoh terkenal, seperti mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi hingga Irfan Setiaputra, Mantan Dirut PT INTI sekaligus CEO Sigfox Indonesia.

Irfan sendiri menjadi kandidat Dirut Garuda paling kuat dan paling santer dibicarakan dengan segudang pengalaman di berbagai perusahaan.

Saat Liputan6.com mencoba mengkonfirmasi baik melalui pesan singkat maupun telepon, Irfan masih bungkam.

Terbaru, muncul kabar yang beredar bahwa Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf bakal jadi Komisaris Utama (Komut) Garuda Indonesia. Sedangkan untuk Wakil Komut, beredar kabar akan diisi oleh Chairal Tanjung.

Namun tak jauh berbeda dengan Irfan, ketika Liputan6.com mencoba menghubungi Arya Sinulingga selaku pihak pemegang saham mayoritas Garuda, dirinya belum memberikan respons.

Menteri BUMN Erick Thohir sendiri menyatakan sudah mengantongi nama-nama calon Dirut dan Komut Garuda beberapa minggu lalu.

" Sudah ada. Insyaallah hari ini direksinya sudah ada, jajaran komisaris masih minggu depan," kata Erick, Jumat 10 Januari 2020.

2 dari 7 halaman

Banyak Pejabat Berminat `Duduk` di Garuda

Sementara Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengakui banyak pejabat yang tertarik dengan posisi tersebut sehingga menjadi rebutan.

" Namanya Garuda Indonesia kan menarik, jadi banyak yang masuk," kata Arya di Jakarta belum lama ini.

Arya juga kekeuh enggan membeberkan jumlah dan nama para kandidat. Dia meminta semua pihak untuk sabar menunggu hingga besok.

" Kami tidak mungkin melangkahi keputusan RUPS, tunggu tanggal 22 saja," kata Arya mengakhiri.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

3 dari 7 halaman

Erick Thohir Sudah Kantongi Nama Direksi Baru Garuda

Dream - RUPSLB PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) akan digelar pada 22 Januari 2020. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah mengantongi nama-nama direksi baru maskapai pelat merah ini.

“ Sudah ada. Insyaallah hari ini direksinya sudah ada. Jajaran komisaris masih minggu depan,” kata Erick Thohir, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 10 Januari 2020.

Saat ditanya lebih spesifik tentang nama-nama direksi itu, Erick enggan menjawab. Menurut dia, Garuda adalah perusahan terbuka makanya harus melewati proses cukup panjang. Dia juga ingin memastikan orang yang mengisi posisi direksu Garuda sesuai dengan kebutuhan.

“ Nanti saya ngomong, dibilang melanggar. Padahal, mohon maaf, kadang kita sebagai pemegang saham ingin pastikan figur yang diberikan adalah figur yang tepat,” kata dia.

 

 Erick Thohir Sudah Kantongi Nama Direksi Baru Garuda © Dream


Erick Thohir menghormati aturan pasar modal terkait keterbukaan informasi untuk menghindari konflik institusi.

" Saya tidak mau cari problem dengan institusi lain, yang ada nanti dibilang arogan. Padahal kita maunya transparan. Saya percaya mekanisme penilaian publik kadang lebih mantap daripada birokrasi kegendutan," kata dia.

Sementara, Garuda Indonesia akan mengadakan RUPSLB pada 22 Januari 2020. Meski belum jelas agenda RUPSLB tersebut, kemungkinan besar akan ada penetapan direksi definitif Garuda Indonesia nantinya.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

4 dari 7 halaman

Konflik Iran-AS, Garuda Indonesia Alihkan Rute Penerbangan ke Eropa

Dream - PT Garuda Indonesia Airline (Persero) Tbk memastikan penerbangan dari dan menuju Eropa tetap berjalan normal namun rute penerbangan dialihkan tidak melewati Iran. Kepastian ini diberikan larangan Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) untuk melintas di kawasan udara Iran.

Seperti diketahui konflik Iran dan Amerika Serikat memanas setelah serangan ke pangkalan militer Amerika di Irak. 

" Garuda Indonesia menyesuaikan jalur penerbangan dari dan menuju Eropa dari yang sebelumnya melewati wilayah udara Bucharest dialihkan ke wilayah udara Mesir dan Yunani," ujar Pejabat Direktur Operasi Garuda Indonesia, Tumpal M. Hutapea, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

 

 Konflik Iran-AS, Garuda Indonesia Alihkan Rute Penerbangan ke Eropa © Dream

 

Tumpal mengatakan dengan pengalihan tersebut, layanan Garuda Indonesia dapat berjalan dengan normal. Perusahaan juga terus memantau perkembangan kondisi di wilayah udara Iran dan sekitarnya

" Serta berkoordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan aspek safety and security operasional Garuda Indonesia tetap terjaga," kata Tumpal.

5 dari 7 halaman

Mantan Dirut Garuda, Ari Askhara Bisa Terancam Hukuman Penjara?

Dream - Sebuah pesawat Boeing 737 jatuh di Teheran, Iran, pada Rabu dini hari waktu setempat. Pesawat yang dioperasikan maskapai penerbangan Ukraine International Airlines memuat 176 orang terdiri dari 167 penumpang dan 9 kru, sebelumnya dilaporkan 180 orang.

Humas Senior Bandara Internasional Imam Khomeini, Ali Khashani, mengatakan pesawat itu sedang terbang menuju Kiev. Tetapi pesawat terbakar beberapa saat usai lepas landas lalu jatuh di sekitar Parand, kawasan Robat Karim, Provinsi Teheran, seperti dilaporkan Press TV.

 

 Mantan Dirut Garuda, Ari Askhara Bisa Terancam Hukuman Penjara? © Dream

 

Menurut Khasani, diduga pesawat mengalami masalah teknis. Akibat insiden tersebut, seluruh penumpang dinyatakan tewas.

Juru bicara Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Reza Jafarzadeh, mengatakan tim penyelamatan telah digerakkan ke lokasi jatuhnya pesawat.

Kepala Layanan Darurat Medis Iran, Pir-Hossein Koulivand, memberikan konfirmasi seluruh orang yang ada di pesawat telah meninggal. Dia mengatakan tim gawat darurat kini sedang bekerja mengumpulkan jenazah.

X

6 dari 7 halaman

Hotman Paris Mengaku Dihubungi Erick Thohir Soal Skandal Pramugari Garuda

Dream - Pengacara populer, Hotman Paris Hutapea mengklaim mendapat pesan WhatsApp dari Menteri Badan Usaha Milik Negara, Ecick Thohir.

Hotman mengaku, Menteri Ercik meminta nama pramugari Garuda Indonesia yang dilarang terbang, karena membagikan foto perempuan yang dekat dengan salah seorang atasannya.

" Tadi malam menteri BUMN sahabat gue Erick Thohir minta nama pramugari Garuda (Indonesia) yang di-grounded," kata Hotman, diakses Senin, 23 Desember 2019.

Untuk menindaklanjuti permintaan Erick, Hotman mengajak para pramugari Garuda Indonesia untuk mengirim pesan ke Erick mengenai nama-nama personil Garuda Indonesia yang dilarang terbang.

" Hei teman-teman pramugari Garuda, kalau memang anda solider sama teman, kirim nama pramugari itu kepada Pak Erick Thohir, Menteri BUMN, agar ditindak lanjuti," ucap dia.

 Di Balik Warna Seragam Pramugari Garuda IndonesiaDi Balik Warna Seragam Pramugari Garuda Indonesia © © MEN

Hotman membagikan pengakuan mengejutkan. Dia menyebut, oknum pimpinan Garuda Indonesia yang melarang pramugari terbang itu masih menjabat.

" Katanya oknum pimpinan Garuda yang meng-grounded pramugari itu masih menjabat. Masih menjabat jadi salah satu senior di Garuda," kata dia.

 

7 dari 7 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Semangat kopi joni

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id