Jatuh Bangun Bisnis Lini Fashion Lokal 'Doa Ibu Jadi Anak Cepat Kaya'

Dinar | Rabu, 5 Oktober 2022 18:46

Reporter : Mutia Nugraheni

Delly memulai bisnisnya saat ia berusia 18 tahun.

Dream - Industri fashion Indonesia sudah semakin berkembang. Banyak dari brand lokal bersaing menghadirkan produk-produk berkualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri.

Brand fashion lokal pun kini mulai banyak dilirik dan bergengsi. Terutama dengan platform e-commerce yang hadir di Indonesia memberikan kemudahan untuk para pebisnis lokal dalam mengembangkan bisnisnya.

Seperti cerita Delly Fitriansyah, pemilik brand Dobujack. Brand lokal ini berfokus pada fashion untuk kaum muda dengan gaya kasual, simpel, dan mengikuti tren seperti kaos, jaket, celana, hingga topi.

Dobujack, yang merupakan singkatan dari Doa Ibu Jadi Anak Cepat Kaya, didirikan oleh Delly atas keinginannya untuk membantu perekonomian keluarga. Delly memulai bisnisnya saat ia berusia 18 tahun.

Jatuh Bangun Bisnis Lini Fashion Lokal Doa Ibu Jadi Anak Cepat Kaya
Koleksi Jaket Dobujack
2 dari 2 halaman

Awalnya, bisnis Dobujack dilakukan dari menitipkan produk pada toko-toko distro di Bandung, yang kemudian mengambil langkah untuk memperluas distribusi ke kota-kota besar dan membuka gerai pertamanya di Bogor, serta melebarkan sayapnya untuk di ranah digital melalui platform Shopee.

 Koleksi Dobujack© Dobujack

“ Kami memberanikan diri memperluas distribusi hingga 15 titik kota besar seperti Jakarta, Jogja, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Surabaya. Hingga akhirnya tahun 2008 kami berhasil membuka gerai distro pertama di Bogor, dan terus berlanjut di Bandung tahun 2014, dan Bekasi pada 2017, serta toko online pertama pada marketplace Shopee di tahun 2020,” ungkapnya pada media gathering yang diselenggarakan oleh Shopee, beberapa waktu lalu.

Delly juga mengungkap mengalami banyak kegagalan selama 17 tahun membisnis. Dari ditipu rekan bisnis, pembayaran yang tertunda, sampai pandemi yang menyebabkan ia harus menutup toko offlinenya. Dengan kegigihannya, Dobujack bertahan hingga kini dengan terus berinovasi dengan karyanya di industri fashion untuk dinikmati anak muda.


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Terkait
Join Dream.co.id