4 Cara Ajari Anak Kelola Angpao Lebaran Biar Tak Habis Buat Jajan

Dinar | Minggu, 24 Mei 2020 16:01
4 Cara Ajari Anak Kelola Angpao Lebaran Biar Tak Habis Buat Jajan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Daripada dibuat jajan, lebih baik dialokasikan untuk hal yang menyenangkan ini.

Dream - Saat Idul Fitri biasanya anak-anak yang menjalani puasa Ramadhan secara penuh akan mendapatkan uang angpao dari sanak saudaranya. Jika dikumpulkan, jumlah uang yang mereka  terima bisa sangat besar.

Orang tua bisa mengarahkan anaknya untuk mengelola hadiah uang tersebut dengan bijak. Pastikan juga dia tidak boros. Ajarkan anak bisa berhemat dan mengelola keuangannya sedini mungkin.

Mumpung mereka sedang memiliki uang cukup banyak, cobalah mengajarkan anak kita mengelola uang dengan pertama kali mengajak si buah hari menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan. Ajarkan anak untuk membelanjakan uang sesuai kebutuhan. Jangan biarkan dia terlalu boros berbelanja. Kamu juga perlu memintanya untuk menyisihkan uang untuk ditabung dan disedekahkan.

Cara mengajarkan uang kepada anak yang kedua adalah mendampingi mereka ketika berbelanja. Mendampingi anak ini bertujuan agar mereka bisa lebih bijak mengeluarkan uangnya, baik belanja mainan atau peralatan sekolah. Jangan lupa untuk memberikan masukan ketika anak berbelanja.

2 dari 3 halaman

Bantu Kelola Keuangan

Ketiga, bantu anak mengelola keuangan. Memang perbuatan baik jika kita memberikan kepercayaan kepada anak untuk mengelola uang. Akan tetapi, orang tua harus tetap mendampingi dan menasihati dengan lebih bijak.

Usahakan agar tidak memberikan semua uang kepada anak untuk belanja kebutuhan. Bantu dia menabung atau menyimpan uang. Cara ini akan membantunya lebih hemat dan bijak dalam mengelola uang/ anak juga bisa memiliki tabungan suatu saat nanti.

3 dari 3 halaman

Ajarkan Wirausaha

Keempat, ajarkan wirausaha. Jika ingin lebih mandiri dan bijak mengelola uang, tak ada salahnya jika kamu mengajari untuk berbisnis.

Angpao Lebaran bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha anak. Ingatlah untuk selalu mendampingi anak jika ingin uang berkembang dengan baik dan benar.

Join Dream.co.id