Gelar Festival Kota Mapan, Grab-Emtek Group Pacu UMKM Masuk Ekonomi Digital

Dinar | Senin, 26 Juli 2021 19:36

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Padahal, kontribusinya terhadap perekonomian lebih dari 50 persen.

Dream – Diakui sebagai salah satu motor utama penggerak perekonomian nasional, persentase pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam ekosistem digital Indonesia masih terbilang kecil yaitu hanya 18 persen. Padahal kontribusi bisnis UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 60 persen. 

Terjunnya pelaku UMKM di dalam ekosistem ekonomi digital diyakini bakal lebih cepat memperkuat perekonomian nasional selain membuka akses pasar yang lebih luas pada usaha mereka.

“ Semakin banyak pelaku UMKM yang berpartisipasi di ekonomi digital, hal ini juga akan memperkuat ekonomi,” kata Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, dalam acara virtual “ Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital”, Senin 26 Juli 2021.

Keyakinan itu pula yang mendorong Grab dan Emtek mempereat kerja sama dalam upaya memberdayakan UMKM. Dua perusahaan ini meresmikan kerja sama tersebut pada Senin 26 Juli 2021 setelah melakukan investasi silang. Kerja sama ini diharapkan menjadi solusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia.

 Infografis Kerjasama Grab dan Emtek
© Emtek

Gelar Festival Kota Mapan, Grab-Emtek Group Pacu UMKM Masuk Ekonomi Digital
UMKM Berperan Besar Terhadap Perekonomian Indonesia, Namun Masih Sedikit Yang Berpartisipasi Di Ekonomi Digital. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Pelatihan kepada UMKM

Sebagai bentuk realisasi kerja sama, Emtek dan Grab Indonesia daam waktu dekat menggelar Festival Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan, disingkat Kota Mapan, pertama di Solo, Jawa Tengah.

Rencananya kegiatan ini akan berlangsung pada September 2021 dengan mengajak lebih dari 1.000 UMKM untuk beperan serta. Program ini juga akan menjadi akselerator guna mendorong percepatan digitalisasi UMKM sampai ke kota-kota kecil di tingkat kabupaten.

 Kerjasama Emtek Group dan Grab
© Emtek

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi menambahkan program ini akan memberikan dukungan terintegrasi seperti pelatihan dan peningkatan kapasitas pemasaran kepada pelaku UMKM.

Ke depannya, Festival Kota Mapan akan hadir di kota lain untuk menjangkau seluruh masyarakat. Menteri Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengapresiasi kolaborasi dua entitas ini karena memberikan peluang bagi pelaku UMKM.

 

(Laporan: Elyzabeth Yulivia)

3 dari 4 halaman

Emtek-Grab Kerja Sama Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital

Dream – Emtek Group dan Grab Indonesia bekerja sama untuk memberdayakan UMKM di ekosistem digital. Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi digital, dengan memanfaatkan jangkauan dan kekuatan ekosistem yang dimiliki kedua perusahaan.

Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group) Sutanto Hartono, mengharapkan kerja sama itu bisa merangkul lebih banyak UMKM.

“ Kerja sama ini juga memberikan akses terhadap pasar indonesia dan pasar internasional,” kata Sutanto dalam acara virtual “ Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital”, Senin 26 Juli 2021.

 

 Emtek-Grab Kerja Sama Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital
© Dream

 

Kolaborasi dua entitas besar ini menjadi upaya memperluas inklusi digital dan keuangan untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi menambahkan, potensi dan peluang teknologi masih cukup besar. Sehingga masih bisa terus ditingkatkan agar ekonomi UMKM bisa meningkat.

" Kami mau menegaskan besarnya komitmen Grab terhadap Indonesia. Teknologi yang selama ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat masih bisa ditingkatkan postensinya," ujar Neneng pada kesempatan yang sama. 

4 dari 4 halaman

Kota Mapan

Peresmian ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dalam sambutannya, ia berharap kerjasama yang dibangun antara Emtek dan Grab bisa meratakan perekonomian digital di tanah air dan menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital minimal lima besar di dunia.

Selain itu, hadir pula Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin.

Nantinya Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan) akan terlaksana di kota Solo sebagai bentuk realisasi kerjasama pada September 2021. Kegiatan ini akan menghadirkan lebih dari 1000 UMKM yang menyasar seluruh kota tier 2 dan 3 di Indonesia.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Join Dream.co.id