Kisah Masa Kecil Suram Stephen Chow yang Kini Punya Harta Triliunan

Dinar | Kamis, 18 Juli 2019 12:36
Kisah Masa Kecil Suram Stephen Chow yang Kini Punya Harta Triliunan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dia tak hanya seorang aktor, tetapi juga orang di balik layar dari film yang dibintanginya.

Dream – Melihat muka artis pria ini, para penikmat film komedi pasti langsung mengenalinya. Kamu akan teringat akan film kocak Shaolin Soccer atau Kung Fu Hustle. Yup, dialah Stephen Chow. 

Pria yang terlahir dengan nama Chow Sing-chi memang tersohor di belantikan selebriti Asia. Dia muncul sebagai ikon artis komedia yang sukses mengocok perut penonton dalam penampilannya di setiap film yang dibintanginya. 

Dengan semua ketenaran dan kesuksesan filmnya, tak salah jika Chow kini bergelimang harta. Tapi tahukah kamu jika Stephen harus bersusah payah menggapai kejayaannya itu?

Mengutip laman Celebrity Net Worth, Rabu 17 Juli 2019, kekayaan pria Hong Kong ini ditaksir mencapai US$30 juta atau sekitar Rp418,39 miliar. Dalam setahun saja, pria ini bisa mengantongi pendapatan US$5,05 juta atau Rp70,43 miliar seperti dilansir dari Celebworth

Tapi di balik kesuksesannya saat ini, Stephen harus menjalani hidup yang keras. Kehidupan yang menempanya menjadi seorang artis sukses di kancah internasional. 

Aktor sekaligus sutradara dan produser ini lahir di Hong Kong pada Juni 1962.  Mengutip laman notablebiographies.com, Stephen Chow sebetulnya layak disandingkan dengan artis Asia sukses lainnya seperti Jackie Chan, Jet Li, dan Chow Yun Fat.

Stephen Chow menjalani kehidupan masa kecil cukup getir. Usai kedua orang tua bercerai, dia dibesarkan oleh sang ibu dan neneknya lewat program asuh dari pemerintah. Stephen Chow kecil selanjutnya tumbuh menjadi anak yang suka menonton film laga dan bercita-cita menjadi aktor.

Tekad kuat itu dibuktikannya dengan belajar ilmu beladiri Wing Chun, bentuk lain dari Kung Fu, namun tak pernah menjadi master.

Dia memulai kariernya sebagai aktor sementara pada awal 1980-an di TVB. Dia belajar dan lulus dari kelas seni peran pada 1982.

Lalu, pada 1988, film Final Justice membuat Chow mengantongi Golden Horse Award untuk Aktor Pembantu Terbaik dan menjadi nominasi aktor terbaik Hong Kong pada 1990 untuk film “ All for the Winner” dan “ Fight Back to School” pada 1991. Dia juga mendapatkan nominasi aktor terbaik Golden Horse Award untuk film “ Justice, My Foot!” pada 1992.

Pria itu juga mendapatkan nominasi aktor terbaik pada Hong Kong Film Awaess untuk film “ Beijing with Love” pada 1994 dan “ A Chinese Odyssey Part Two: Cinderella” pada 1995.

2 dari 7 halaman

Dituding Anggota Mafia

Kesuksesan Chow tidak serta-merta diraih begitu saja. Dia pernah mengalami jatuh bangun selama berkarier di dunia film. 

Stephen selanjutnya memutuskan melangkah lebih maju dengan memilih tinggal di Kanada. Namun keinginan tersebut tak terwujud. Dia sempat ditolak masuk Kanada karena tuduhan terkait dengan The Triad, geng mafia Hong Kong.

Tak mau mimpinya terkubur, Stephen yang membantah tudingan tersebut memutuskan untuk tinggal di Hong Kong dan semakin serius menggeluti dunia akting dan film.

Kendala lain dihadapi Stephen Chow saat distributor film Hollywood, Miramax Studio memutuskan kontrak dengan Chow karena film Shaolin Soccer dibajak banyak orang. Padahal, film ke-50 Chow ini sukses mengantarkannya ke Hollywood. 

Debut Hollywood yang gagal ini tak membuat Chow patah arang. Bersama dengan Sony Picture Classic, dia membuat film Kung Fu Hustle yang bercerita tentang seseorang yang ingin menjadi anggota sebuah geng. 

Jerih payahnya berhasil. Pada 2004, film ini debut dan meraup pendapatan US$7,7 juta selama pembukaan seminggu . Di Amerika Serikat, Chow mengantongi pendapatan US$15 juta pada 2005. 

Kung Fu Hustle juga menyabet penghargaan sebagai film terbaik Hong Kong dan menggeser Shaolin Soccer sebagai film dengan pendapatan tertinggi di Hong Kong. Sekadar informasi, Shaolin Soccer mengantongi pendapatan kotor senilai US$8 juta, dikutip dari notablebiographies.com. 

 

3 dari 7 halaman

Kini Kariernya Melejit

Pada 2001, Chow menjajal peruntungan sebagai produser, sutradara, dan pemain dalam film “ Shaolin Soccer”. Film ini memenangkan empat penghargaan Hong Kong Film Awaeds dan Blue Ribbon Award.

Pada 2004, dia kembali membidani film “ Kung Fu Hustle”. Film itu menyabet 9 penghargaan dan 13 nominasi.

Empat tahun kemudian, Chow kembali membuat film “ CJ7”. Film itu menyabet tiga nominasi untuk tiga kategori.

Selang lima tahun, Chow juga membuat film “ Journey to The West: Conquering The Demons”. Di film ini, Chow menjadi produser, sutradara, sekaligus penulis naskah.

Kini, Chow menjadi penasihat politik untuk Chinese People’s Political Consultative Conference. 

 

 

4 dari 7 halaman

Pesta Bola Dimulai, Apa Kabar para Pemain `Shaolin Soccer`?

Dream - Pesta bola dunia yang digelar empat tahun sekali dimulai bulan puasa ini. Bertepatan dengan momen lebaran, enak juga bila kita membicarakan soal bola.

Tapi ini bukan sepakbola biasa, melainkan sepakbola kung fu. Nah bener kan! mendengar kata sepakbola kung fu pasti pikiran kalian langsung tertuju ke film lawas " Shaolin Soccer" .

Film Hong Kong ini memang sempat ngetop sejak awal rilis pada 2001. 

Selain ceritanya yang berpadu komedi dan aksi kungfu yang menghibur, film ini juga dibintangi oleh aktor-aktor papan atas. Salah satunya adalah Stephen Chow.

Sahabat Dream ada yang masih ingat ceritanya?

Film berbahasa mandarin ini bercerita tentang seorang pria (Stephen Chow) yang sering diremehkan. Ia kemudian belajar kung fu dan bergabung dengan enam temannya untuk jadi tim sepak bola.

Mereka percaya bisa memenangkan kompetisi sepak bola kung fu yang berhadiah 1 juta dolar.

Duh jadi makin kangen deh. Sedikit bernostalgia, kali ini Dream akan sajikan para pemeran Shaolin Soccer dulu dan sekarang.

17 tahun berlalu, Seperti apa sih mereka sekarang?

 

5 dari 7 halaman

Begini Penampakannya

Vincent Kok

 Shaolin Soccer

Min Hung Fun

 Shaolin Soccer

Tin Kai-Man

 Shaolin Soccer

Mei Lin Mo

 Shaolin Soccer

Tze-chung Lam

 Shaolin Soccer

Wong Yat-fei

 Shaolin Soccer

Patrick Tse

 Shaolin Soccer

Cecilia Cheung

 Shaolin Soccer

Ng Man-tat

 Shaolin Soccer

Kwok-Kwan Chan

 Shaolin Soccer

Zhao Wei

 Shaolin Soccer

Stephen Chow

 Shaolin Soccer

 

(ism, Sumber: VDTube)

[crosslink_1]

 

 

6 dari 7 halaman

`Sepakbola Kungfu` Jadi Kenyataan

Dream - Masih ingatkah dengan Film Shaolin Soccer? Film melegenda yang disutradarai dan juga diperankan oleh Stephen Chow ini menceritakan tentang para ahli kungfu yang menerapkan skill bela diri untuk bermain sepakbola.

Tidak hanya di film, kini sebuah sekolah sepakbola dengan metode pelatihan campuran, Kung Fu dengan sepakbola telah didirikan. Lokasinya, di Cina Tengah Provinsi Henan. 

 

 Sepakbola Kungfu Jadi Kenyataan

 

Lokasi ini terletak hanya beberapa kilometer dari Kuil Shaolin yang bersejarah di Dengfeng Kota Provinsi Henan, tempat kelahiran Shaolin Kung Fu pertama di dunia.

Dasar-dasar pelatihan sepak bola dan kungfu ini dibangun bersama oleh pemerintah daerah dan Shaolin Tagou Martial Arts School.

Otoritas olahraga setempat percaya, spesialisasi seni bela diri dapat memberi keunggulan dalam pengembangan sepakbola. 

Seperti dikutip dari cctv-america Zhang Wenshen, Direktur Sports Biro provinsi Henan mengatakan, langkh itu dilakukan untuk meningkatkan mutu juga menarik minat masyarakat terhadap pelatihan sepakbola.

" Kami juga ingin menciptakan merek baru 'Shaolin sepakbola', karena Henan adalah kelahiran dari Shaolin Kung Fu pertama. Kami juga telah membuat banyak penelitian untuk itu," ujar Zhang Wenshen.

Dua kelas dengan 100 murid telah dibentu. Termasuk 50 anak laki-laki dan 50 perempuan, pemerintah juga telah mengirim pelatih-pelatih sepakbola berpengalaman untuk mengajar di sekolah itu.

" Ini hanya permulaan. Lebih banyak anak akan mulai bermain sepakbola dan saya percaya itu akan mendorong bakat bakat baru sepakbola yang luar biasa" ujar Liu Haike, wakil presiden Shaolin Tagou sekolah Seni Bela Diri Kungfu yang telah memiliki 35.000 siswa. (Ism, Sumber : cctv-america)

7 dari 7 halaman

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Join Dream.co.id