Bos Sido Muncul Tajir Melintir: Hanya Modal Feeling dan Hoki

Dinar | Jumat, 26 Februari 2021 14:33

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kekayaan Irwan Hidayat menembus angka Rp21 triliun.

Dream – Presiden Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, merupakan orang terkaya ke-17 Indonesia versi Forbes 2020. Kekayaannya tercatat senilai US$1,55 miliar, atau sekitar Rp21,8 triliun.

Hartaharta itu didulang dari penjualan obat herbal serta jamu. Irwan mengaku kekayaan yang didapatkan ini hanya bermodal hoki.

“ Hidup saya cuman berdasarkan feeling sama percaya sama hoki aja,” kata cucu pendiri Sido Muncul dikutip dari Liputan6.com, Jumat 26 Februari 2021.

Irwan bisa kaya karena keuntungan menjalankan bisnis yang cocok dengan pasar Indonesia. Dia juga bekerja bolak-balik Semarang-Yogyakarta.

“ Saya ini sebagai penikmat usaha. Jadi, saya bukan pengusaha saja, tapi penikmat usaha. Jadi, hoki,” kata dia.

Bos Sido Muncul Tajir Melintir: Hanya Modal Feeling dan Hoki
Bos Sido Muncul Menjadi Salah Satu Orang Terkaya Di Indonesia Versi Forbes. (Foto: Liputan6.com)
2 dari 3 halaman

Enggan Investasi di Bisnis di Luar Perhitungannya

Irwan dan adik-adiknya hanya meneruskan usaha dari sang nenek yang sudah berjualan jamu sejak era akhir kolonial Belanda. Dia juga enggan berinvetasi untuk lini bisnis baru yang berada di luar perhitungannya.

“ Coba kalau sekarang 5 tahun yang lalu saya bisnisnya misalnya investasi tiga sampai empat triliun, uangnya Rp2,5 triliun, kurang Rp 1,5 triliun, utang. Ya sekarang bangkrut juga toh,” kata dia.

Irwan pun menyimpulkan, pencapaian yang diraihnya saat ini 90 persen di antaranya itu keberuntungan semata.

“ Ya kalau enggak beruntung ya mungkin 10 persen, atau sepersepuluhnya lah. Sepersepuluh udah enak saya hidupnya. Tiap hari mancing, jalan-jalan,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

3 dari 3 halaman

Sido Muncul Lebarkan Sayap ke Nigeria

Dream - Produsen jamu dan farmasi, PT Sido Muncul Tbk melebarkan sayap bisnisnya hingga ke Benua Afrika. Melalui perusahaan barunya, Muncul Nigeria Limited, Sido Muncul bakal merambah pasar Nigeria dan menguatkan pendapatan dari sisi ekspor.

" Dana yang digunakan pendirian perusahaan baru berasal dari dana perseroan," kata Direktur Sido Muncul, David Hidayat, melalui keterangan tertulis yang termuat dalam idx.co.id, Senin, 15 Januari 2018.

Pembangunan perusahaan ini menelan modal  sebesar 10 juta naira (Rp370,35 juta) yang terbagi dalam 10 juta lembar saham yang bernilai masing-masing 1 naira (Rp37,04).

 

 Sido Muncul Lebarkan Sayap ke Nigeria
© Dream

 

Pemegang saham ini adalah Sido Muncul dengan saham sebanyak 9,9 juta lembar dengan nilai (Rp366,65 juta) dan Maria Reviani sebagai afiliasi sebanyak 100 ribu lembar saham senilai Rp3,7 juta.

David mengatakan Muncul Nigeria Limited ini nantinya akan dikelola oleh Maria Reviani dan Carlo Lukman Windarto yang duduk di jajaran direksi. Dia berharap Muncul Nigeria bisa meningkatkan ekspor produk Sido Muncul ke Nigeria dan sekitarnya.

" Perseroan secara langsung dapat memantau kegiatan pemasaran di Nigeria dan sekitarnya," kata David.

(Sah)

 

[crosslink_1]

Join Dream.co.id