Profil Samboja, Kota di Kaltim Kandidat Ibu Kota Baru RI

Dinar | Jumat, 23 Agustus 2019 12:48
Profil Samboja, Kota di Kaltim Kandidat Ibu Kota Baru RI

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Salah satunya bukan termasuk kawasan susah sinyal internet.

Dream – Samboja menjadi sorotan publik belakangan ini. Daerah yang terletak di Kalimantan Timur (Kaltim) ini disebut-sebut sebagai calon ibu kota baru Indonesia.

Nama provinsi Kalitim mencuat setelah Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofjan Djalil mengungkapkannya kemarin. Namun Sofjan belum bisa memastikan kota yang akan dipilih di provinsi tersebut.

Dari beberapa kota di Kaltim, Samboja masih masuk radar ibu kota baru, selain Bukit Soeharto.

Kemunculan nama Samboja diketahui dari usulan Pemprov Kalimantan Timur saat melakukan audiensi ke pemerintah pusat. Selain Samboja, daerah lain yang diusulkan adalah Sotek, di Penajam Paser Utara. Kedua kawasan itu, memiliki areal yang cukup luas.

“ Pilihan wilayah tersebut juga menegaskan Indonesia sebagai negara maritim,” papar Yusliando, pejabat Bappeda Kalimantan Timur dikutip dari laman Setkab.go.id.

Kecamatan Samboja termasuk salah satu yang diperhitungkan karena memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini rinciannya, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 23 Agustus 2019.

2 dari 6 halaman

Penghasil Migas dan Batubara

Kecamatan Samboja dikenal sebagai salah satu penghasil minyak bumi dan gas yang sangat penting di Kutai Kertanegara.

Tiga perusahaan migas multinasional yang beroperasi di daerah ini adalah Total E&P Indonesie, VICO Indonesia, dan Chevron.

 Samboja termasuk daerah penghasil migas dan batubara.

Samboja juga memiliki tambang batu bara yang berdekatan dengan Tahura yang dikelola oleh PT Singlurus Pratama. Di pesisir Senipah ada objek vital nasional yang saat ini dikelola PT Pertamina Hulu Mahakam, yaitu fasilitas penerima dan pengumpul gas alam dari berbagai lapangan di lepas pantai dan di darat untuk dipompakan ke Bontang.

3 dari 6 halaman

Banyak Wisata Alam

Selain penghasil minyak bumi dan gas alam, Samboja juga dikenal sebagai wilayah pesisir. Jadi wajar saja jika kamu menemukan pantai-pantai cantik di wilayah ini.

Beberapa tempat wisata itu adalah Pantai Tanah Merah, Pantai Tanjung Harapan, dan Waduk Samboja.

 Samboja termasuk wilayah pesisir.

Karena Kalimantan dikenal memiliki banyak wisata hutan, Samboja juga memiliki wisata-wisata hutan yang menarik, seperti Taman Wisata Hutan Rintis Wartono Kadri, Taman Wisata Lamin Etam Ambors, Wisata Alam Bukit Bangkirai, Wisata Bekantan Sungai Hitam dan yang paling banyak dikenal Taman Hutan Raya Bukit Soeharto.

4 dari 6 halaman

Dekat Tol Balikpapan-Samarinda

Posisi Samboja dekat dengan Balikpapan dan Samarinda. Apalagi jalurnya saat ini sudah tersedia. Bahkan saat ini pembangunan proyek tol Balikpapan-Samarinda, yang merupakan tol pertama di Kalimantan, sudah selesai dibangun. Akses tol ini akan memudahkan menuju Samboja.

" Di sini semuanya saya melihat sangat mendukung, kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan," kata Presiden Jokowi.

Dari laporan Jurnalis Merdeka.com yang sempat menuju Semboja mencatat perjalanan darat diperkirakan menempuh jarak 100 kilometer dari Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Perjalanan melalui Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto itu, memakan waktu hampir 3 jam.

Menuju Samboja, memang melalui poros jalan Samarinda-Balikpapan, yang berstatus jalan nasional. Perjalanan kemudian menemukan simpang tiga jalan, tepat di kilometer 77, yang ditandai dengan berdirinya Polsubsektor Samboja. Apabila terus ke Balikpapan. Berbelok ke kiri, menuju Samboja.

Masuk ke Samboja, kiri kanan jalan, memang cukup ramai permukiman rumah penduduk. Di perjalanan, kita akan melintasi tol Balikpapan-Samarinda, sekaligus tol pertama di Kalimantan sepanjang 99 kilometer. Kabarnya, tol itu akan digunakan selambatnya Desember 2019 mendatang.

5 dari 6 halaman

Warga Senang Samboja Jadi Kandidat Ibu Kota Baru

Kecamatan Samboja, memiliki luasan wilayah 1.045,9 kilometer persegi, dan memiliki kawasan pesisir. Hingga Februari 2019, jumlah penduduk tercatat 63.781 jiwa, yang tersebar di 4 desa dan 19 kelurahan.

Dua kelurahan terpadat adalah kelurahan Samboja Kuala dengan jumlah penduduk 6.062 jiwa, serta kelurahan Karya Merdeka dengan catatan penduduk 6.045 jiwa. Samboja Kuala sendiri, merupakan kampung nelayan, lantaran berada di kawasan pesisir, yang jaraknya tidak begitu jauh dari kantor kecamatan.

 Samboja dekat tol Balikpapan-Samarinda.

" Masuknya Samboja sebagai kandidat ibu kota negara, kami di sini gembira," kata Pelaksana Tugas (Plt) Camat Samboja Nurkholis, mengawali perbincangan bersama Merdeka.com.

6 dari 6 halaman

Sekaligus Cemas

Nurkholis menerangkan, isu lingkungan, sempat bikin cemas masyarakat Samboja. Mengingat, sebagian luasan Samboja, memang masuk Tahura Bukit Soeharto. " Ada kekhawatiran dampak buruk terhadap lingkungan. Sisi lain, ada optimistis dampak ekonomi yang terbangun, selama tidak ada dampak lingkungan," ujar Nurkholis.

Samboja sendiri sebelumnya punya histori, ingin berdiri sendiri menjadi Kabupaten Kutai Pesisir, bersama kecamatan lainnya seperti Muara Jawa dan Sangasanga. Meski keinginan itu kandas. " Waktu itu, tujuan untuk memekarkan wilayah, untuk perceparan pembangunan," kata dia.

Menurut Nurkholis, secara umum, Pemkab Kutai Kartanegara hingga pemerintah kecamatan Samboja, belum mengetahui pasti lokasi tepat berdirinya ibu kota negara yang baru. Meski kabar beredar lokasinya ada di dekat pesisir. " Karena soal (ibu kota negara) ini, wewenang Pemprov Kaltim," kata dia.

Samboja sebagai kandidat ibu kota negara, memang jadi perbincangan hangat warga Samboja. Sebagai wakil pemerintahan kabupaten Kutai Kartanegara, Nurkholis meminta warganya menyikapinya secara proporsional.

" Tidak merespons berlebihan, karena masih dalam tahap kajian Bappenas. Baik itu dari sisi kelayakan, maupun akademis. Kita tunggu saja keputusan pemerintah," sebutnya lagi.

Banyak sumber pasokan air baku untuk air bersih PDAM, jadi keunggulan Samboja, disamping tersedianya PLTG Senipah untuk kebutuhan listrik masyarakat. " Olahan air bersih berasal dari Sungai Merdeka. Kami juga punya waduk untuk keperluan irigasi," kata dia.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id