Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Profil Irfan Setiaputra, `Sang Kapten` Baru Garuda Indonesia

Profil Irfan Setiaputra, `Sang Kapten` Baru Garuda Indonesia Irfan Setiaputra Resmi Menjabat Dirut Baru PT Garuda Indonesia Tbk

Dream - Kursi kosong direktur utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) terisi sudah. Mantan bos PT Inti (persero), Irfan Setiaputra dipastikan akan menjadi kapten baru maskapai penerbangan milik pemerintah ini.

Irfan akan menggantikan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) yang dilengserkan setelah muncul kasus barang bawaan ilegal saat kedatangan pesawat Airbus baru.

Sosok Irfan di perusahaan pelat merah bukan orang baru. Pria berpostur tinggi besar pernah menjabat bos perusahaan telekomunikasi, PT INTI sebelum memutuskan mundur. 

Irfan adalah lulusan sarjana Teknik Informatika ITB angkatan 1989. Irfan pernah memimpin beberapa perusahaan swasta dan BUMN. Sebut saja IBM, LinkNet, Cisco, dan INTI.

Pada tahun 2000, Irfan mendapatkan penghargaan IBM Star of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA.

Kemudian pada Maret 2009, dirinya ditunjuk menjadi Direktur Utama PT INTI oleh Menteri BUMN saat itu, Sofyan Djalil. Merasa gajinya lebih kecil daripada jabatan sebelumnya, Irfan mengundurkan diri.

Selanjutnya, Irfan menjadi direktur utama PT Titan Mining Indonesia selama 2012-2014, lalu CEO PT Cipta Kridatama pada 2014-2017, dan COO PT ABM Investama Tbk pada 2015-2016.

Pria ini melanjutkan karier di Reswara Minergi Hartama. Di perusahaan tersebut, Irfan menjabat sebagai president director dan CEO pada Mei 2017-Desember 2017. Sejak 2019, Irfan menjadi bos Sigfox Indonesia. Perusahaan ini merupakan pengelola jaringan internet of things (IoT) terbesar di dunia.


(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma, LinkedIn)

Pesan Khusus Erick Thohir ke Dirut dan Komisaris Baru Garuda Indonesia

Dream - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berharap Irfan Setiaputra bisa menjalankan tugasnya sebagai direktur utama baru PT Garuda Indonesia dengan amanah. Pemerintah juga mengharapkan operasional Garuda Indonesia ke depan akan menjadi lebih baik. 

“Saya berharap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik,” kata Erick di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 22 Januari 2020.

Seperti diketahui, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia Tbk telah menyetujui penunjukan Irfan Setiaputra sebagai direktur utama baru PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero).

Di jajaran dewan komisaris, RUPSLB menyetujui Triawan Munaf sebagai komisaris utama dan Yenny Wahid menjadi komisaris independen. 

 

 

Erick mengatakan, Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham pemerintah di Garuda Indonesia telah berupaya mencari figur terbaik untuk mengelola maskapai pelat merah ini.

Dengan ditunjukan Irfan, Erick berharap Garuda Indonesia akan menjadi perusahaan yang lebih baik dan “terbang” lebih tinggi.

Khusus untuk komisaris baru, Kementerian BUMN berharap akan muncul masukan stratego pemasaran serta upaya pemulihan citra Garuda Indonesia yang sempat tercoreng.

“Khusus untuk Ibu Yenny Wahid, figur perempuan yang sangat mumpuni, bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya,” kata dia.

Sah! Irfan Setiaputra jadi Dirut Garuda Indonesia, Yenny Wahid Komisaris

Dream - Jajaran direksi dan komisaris baru PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) akhirnya resmi ditetapkan. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui pengangkatan Irfan Setiaputra sebagai direktur utama baru menggantikan Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara).

Irfan bukan orang baru di kalangan perusahaan milik pemerintah. Pria tinggi jangkung ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Dirut PT Inti (Persero) di era Menteri BUMN, Sofyan Djalil. 

 

Selain Dirut baru, pemegang saham Garuda Indonesia juga menyetujui penunjukan Triawan Munaf menjadi komisaris utama maskapai penerbangan pelat merah ini. Triawan sebelumnya merupakan mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Nama terkenal lain yang duduk di jajaran komisaris Garuda Indonesia adalah Yenny Wahid, putri dari Presiden Keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. 

Mengutip laman Liputan6.com, Rabu 22 Januari 2020, berikut adalah daftar lengkap jajaran komisaris dan direksi Garuda Indonesia.

Komisaris

1. Komisaris Utama: Triawan Munaf

2. Wakomut Komisaris: Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen : Yenny Wahid

4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan

5. Komisaris: Peter Gontha

Direksi

1. Direktur Utama : Irfan Setiaputra

2. Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria

3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal

4. Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea

5. Direktur Human Capital : Aryaperwira Adileksana

6. Direktur Teknik : Rahmat Hanafi

7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi

8. Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi

(Sumber: Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Bursa Calon Dirut Baru Garuda Jelang RUPSLB, Inikah Kandidatnya?

Dream - Jelang pengumuman jajaran direksi baru PT Garuda Indonesia Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) besok, Rabu, 22 Januari 2020, sejumlah nama santer disebut akan mengisi posisi kosong Direktur Utama (Dirut).

I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, `Kapten`Garuda Indonesia sebelumnya diberhentikan Kementerian BUMN setelah kasus barang bawaan ilegal di dalam pesawat Airbus yang baru didatangkan perusahaan.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 21 Januari 202, ada beberapa tokoh terkenal, seperti mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi hingga Irfan Setiaputra, Mantan Dirut PT INTI sekaligus CEO Sigfox Indonesia.

Irfan sendiri menjadi kandidat Dirut Garuda paling kuat dan paling santer dibicarakan dengan segudang pengalaman di berbagai perusahaan.

Saat Liputan6.com mencoba mengkonfirmasi baik melalui pesan singkat maupun telepon, Irfan masih bungkam.

 



Terbaru, muncul kabar yang beredar bahwa Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf bakal jadi Komisaris Utama (Komut) Garuda Indonesia. Sedangkan untuk Wakil Komut, beredar kabar akan diisi oleh Chairal Tanjung.

Namun tak jauh berbeda dengan Irfan, ketika Liputan6.com mencoba menghubungi Arya Sinulingga selaku pihak pemegang saham mayoritas Garuda, dirinya belum memberikan respons.

Menteri BUMN Erick Thohir sendiri menyatakan sudah mengantongi nama-nama calon Dirut dan Komut Garuda beberapa minggu lalu.

"Sudah ada. Insyaallah hari ini direksinya sudah ada, jajaran komisaris masih minggu depan," kata Erick, Jumat 10 Januari 2020.




Banyak Pejabat Berminat `Duduk` di Garuda

Sementara Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengakui banyak pejabat yang tertarik dengan posisi tersebut sehingga menjadi rebutan.

"Namanya Garuda Indonesia kan menarik, jadi banyak yang masuk," kata Arya di Jakarta belum lama ini.

Arya juga kekeuh enggan membeberkan jumlah dan nama para kandidat. Dia meminta semua pihak untuk sabar menunggu hingga besok.

"Kami tidak mungkin melangkahi keputusan RUPS, tunggu tanggal 22 saja," kata Arya mengakhiri.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kisah Sedih Istri Pilot 4 Tahun Bangun Rumah Tangga Diselingkuhi Suami 6 Kali: 'Aku Gamau Hancur Sendirian'

Kisah Sedih Istri Pilot 4 Tahun Bangun Rumah Tangga Diselingkuhi Suami 6 Kali: 'Aku Gamau Hancur Sendirian'

Selama empat tahun membina rumah tangga, wanita yang akrab disapa Ibok Kavi ini mengaku telah 6 kali diselingkuhi.

Baca Selengkapnya
Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Jual Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Jual Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Tito meminta Menhub Budi Karya Sumadi mengumpulkan para maskapai agar mengatur harga tiket pesawat tidak terlalu mahal.

Baca Selengkapnya
Daftar 25 Maskapai Penerbangan Teraman 2024, Ada Garuda Indonesia?

Daftar 25 Maskapai Penerbangan Teraman 2024, Ada Garuda Indonesia?

Maskapai mana yang menjadi masakpai teraman di dunia tahun 2024?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.