Para Istri, Lakukan Ini Jika Merasa Gaji Suami Tak Cukup

Dinar | Kamis, 9 Maret 2017 17:15
Para Istri, Lakukan Ini Jika Merasa Gaji Suami Tak Cukup

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tidak jarang istri mengeluh gaji suami tidak cukup untuk memenuhi keperluan rumah tangga.

Dream – Dalam kehidupan rumah tangga, istri memegang peran penting dalam mengelola keuangan rumah tangga. Dia akan mengatur pengeluaran kebutuhan keluarga dari pendapatan yang dihasilkan—terutama pendapatan dari suami.

Namun, tidak jarang pengeluaran rumah tangga lebih tinggi daripada pendapatan suami. Bahkan, istri pun kerap mengeluh gaji suami tidak cukup untuk keperluan bulanan.

Duh, kalau sudah begini, harus bagaimana? Sebenarnya, gaji suami cukup untuk menutup kebutuhan rumah tangga. Syaratnya, istri harus pintar-pintar dalam mengatur pengeluaran keluarga. Dengan begitu, istri akan terhindar dari pemikiran “ gaji suami tidak cukup”.

Evaluasi gaya hidup bisa menjadi salah satu caranya. Istri sebaiknya bertanya-tanya kepada diri sendiri terhadap gaya hidup. Misalnya, apakah perlu menyekolahkan anak di sekolah yang biayanya selangit? Apakah tujuannya agar sang anak mendapatkan pendidikan yang lebih baik atau hanya sekadar gengsi? Atau, apakah perlu jalan-jalan ke mal setiap akhir pekan? Evaluasi gaya hidup ini penting supaya anggaran belanja bisa dihemat.

Cara berikutnya adalah mengakali pos pengeluaran. Jika ingin ngirit, istri bisa mengganti menu yang lebih sederhana untuk makan. Memangkas biaya-biaya tak perlu, seperti nonton bioskop atau jalan-jalan, pun bisa dilakukan

Berikutnya, salat Dhuha. Jangan lupa, salat sunah ini dikenal bisa menarik rezeki. Cobalah jadikan salat Dhuha sebagai amalan rutin yang dilakukan sekeluarga.

Sedekah pun bisa menjadi cara yang ampuh untuk menyelamatkan gaji suami. Ketika suami memberikan gaji, alangkah baiknya istri menyedekahkan sebagian penghasilan untuk sedekah. Utamakan untuk keluarga dan kerabat dekat terlebih dahulu.

Sedekah merupakan magnet rezeki. Semakin besar uang yang dikeluarkan untuk sedekah rutin, Insya Allah semakin besar pula rezeki yang akan dilimpahkan. Baca selengkapnya di sini.

Komentar
Beri Komentar
Ma'ruf Amin Sebut Standar Halal Indonesia Jadi Contoh Dunia
Join Dream.co.id
Atalarik Syach Disebut Egois Oleh Pihak Tsania Marwa