Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Islamic Development Bank Biayai Pembangunan Jalan TRSS-2, Bantu Pembiayaan US$150 Juta

Islamic Development Bank Biayai Pembangunan Jalan TRSS-2, Bantu Pembiayaan US$150 Juta Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @smindrawati

Dream - Roda pembangunan ruas jalan trans selatan-selatan (Trans South-South/TSS) tahap II yang menghubungkan sejumlah kota di selatan Jawa dipastikan akan kembali bergerak. Kepastian ini diperoleh setelah pemerintah menandatangani perjanjian kerja sama pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan dengan Islamic Development Bank (IsDB).

Melalui perjanjian ini, IsDB berkomitmen menyediakan pembiayaan senilai US$ 150 juta dari total biaya pembangunan TRSS-2 sebesar US$ 450 juta dengan skema sesuai prinsip syariah islam.

Perjanjian ini tercapai disela rangkaian Sidang Tahunan Bank Pembangunan Islam pada Minggu, 5 Juni 2022.

Penandatanganan tersebut dilakukan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman, dengan Vice President (Operation) IsDB, Mr. Mansur Muhtar dan disaksikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati beserta Presiden IsDB, Dr. Muhammad Sulaiman Al Jaseer.

Selain mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di seluruh Jawa bagian Selatan, pembangunan jalan TRSS-2 juga diharapkan meningkatkan efisiensi dan keselamatan transportasi jalan melalui pengembangan/pembangunan ruas jalan baru sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa.

Ruas jalan yang akan dibangun berlokasi di provinsi Jawa Timur dan DI Yogyakarta.

“Jalan tol dengan estimasi panjang sekitar 67.78 km (termasuk jembatan sepanjang 443.1 m) akan meliputi wilayah kabupaten Tulungagung, Blitar, Malang, dan Bantul,” dikutip dari unggahan akun Instagram Sri Mulyani, Senin, 6 Juni 2022.

Selain dengan IsDB, pembiayaan infrastruktur ini juga bekerja sama dengan Bank Pembangunan Asia (ADB) dengan modalitas pendanaan terpisah.

Selanjutnya implementasi pembangunan jalan dan jembatan tersebut akan dilaksanakan Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelumnya, IsDB juga berpartisipasi dalam pembiayaan proyek TRSS-1 senilai US$ 250 juta (Service Ijarah US$ 15 juta dan Istisnaa US$ 235 juta). Perjanjian pembiayaan ditandatangani pada tanggal 16 Mei 2017 dan akan berakhir pada 2023.

Pembangunan infrastruktur TRSS-1 sepanjang 100 km dilaksanakan sebagai upaya pemerintah menyambung koridor selatan pulau Jawa sepanjang 1400 km. Harapannya, pada saat keseluruhan pembangunan infastruktur diselesaikan maka waktu tempuh perjalanan dapat dipotong hingga setengahnya.

Dengan kondisi transportasi yang semakin lancar dan singkat, pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut diharapkan akan semakin meningkat dan dapat mendorong kenaikan pendapatan masyarakat.

Adapun, pembiayaan TRSS ini juga merupakan bagian dari keseluruhan komitmen kerja sama Pemerintah Indonesia dan IsDB untuk terus mengembangkan kemitraan pembangunan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia serta memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu negara anggota dan ekonomi terbesar IsDB.

Saat ini, Indonesia sedang melaksanakan lima proyek kegiatan yang dibiayai IsDB di sektor pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, pertanian dan perhubungan dengan total nilai lebih dari US$ 1 miliar.

Dalam kerangka kerja sama tersebut, Indonesia dan IsDB sedang merumuskan Member Country Partnership Strategy (MCPS) untuk periode 2022–2025.

 

MCPS tersebut akan mendorong pelaksanaan pembangunan melalui dua pillar, diantaranya, pilar I, pembangunan infrastruktur yang hijau dan berkelanjutan yang difokuskan kepada sektor energi bersih dan terbarukan, transportasi multimoda, pertanian dan pembangunan pendesaan, pengembangan sektor urban dan sanitasi, serta sektor ICT dan digitalisasi.

Sedangkan pilar II, pengembangan sumber daya manusia diharapkan mencakup sektor-sektor kesehatan, pendidikan, ketahanan pangan, perlindungan sosial, UKM, dan penciptaan lapangan kerja.

Indonesia dan IsDB juga berkomitmen membangun kemitraan yang sejajar (equal partnership), dengan saling membantu termasuk melalui pengembangan kerja sama pengetahuan dan pengalaman terbaik.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Lebaran Maksimal Rp4 Juta, Begini Caranya

Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Lebaran Maksimal Rp4 Juta, Begini Caranya

Simak cara dan lokasi menukar uang untuk lebaran 2024

Baca Selengkapnya
Cara Tukar Uang Lebaran 2024 Melalui Bank Indonesia

Cara Tukar Uang Lebaran 2024 Melalui Bank Indonesia

Begini cara tukar uang Lebaran 2024 melalui Bank Indonesia

Baca Selengkapnya
Bukan Beli Mainan, Bocah Ini Putuskan Simpan Uang THR ke Tabungan Haji

Bukan Beli Mainan, Bocah Ini Putuskan Simpan Uang THR ke Tabungan Haji

Arifah pun mendampingi anaknya mengisi berbagai dokumen yang diperlukan untuk membuka tabungan haji.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Merasa Bersalah, Penipu Kembalikan Uang Usai Tahu Korbannya Yatim Piatu, Bahkan Dikasih Jumlah yang Lebih Banyak

Merasa Bersalah, Penipu Kembalikan Uang Usai Tahu Korbannya Yatim Piatu, Bahkan Dikasih Jumlah yang Lebih Banyak

Penipu ini merasa bersalah hingga akhirnya mengembalikan uang milik korban. Bahkan jumlahnya jauh lebih besar dari yang dicuri

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

Sahabat Dream kalian sudah coba belum makanan yang lagi viral satu ini? kalau belum, kalian wajib coba sih

Baca Selengkapnya