Intip Pundi-Pundi Kekayaan AHY dan Ibas, Anak Presiden ke-6 RI

Dinar | Kamis, 9 Juli 2020 16:35
Intip Pundi-Pundi Kekayaan AHY dan Ibas, Anak Presiden ke-6 RI

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

SBY memiliki dua putra laki-laki yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dream - Tidak hanya di dunia militer, Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki karier gemilang di dunia politik. Terbukti, pria yang akrab disapa SBY ini sukses membangun partai politik yang kini diperhitungkan dan menjabat kursi Presiden selama dua masa jabatan.

Dari pernikahannya dengan mendiang Ani Yudhoyono, SBY memiliki dua putra laki-laki yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas. Keduanya juga sukses terjun di dunia politik sama seperti sang ayah.

Perjalanan karier AHY di dunia politik memang sedikit berbeda dibandingkan adiknya Ibas. AHY awalnya berkarier sebagai seorang prajurit yang memutuskan berhenti dengan pangkat terakhir mayor.  

 

Sukses di dunia karier politik, berapa sebetulnya harta kekayaan dan koleksi kendaraan mewah AHY dan Ibas anak Presiden SBY?

Dilansir dari Merdeka, berikut ulasannya.

2 dari 10 halaman

Agus Harimurti Yudhoyono

Anak sulung Presiden SBY itu baru-baru ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, menggantikan posisi sang ayah. Sebelumnya, pria kelahiran 10 Agustus 1978 itu merupakan seorang prajurit TNI berpangkat Mayor Infanteri.

 AHY© Pikiran Rakyat

Agus Yudhoyono kemudian ingin lebih fokus pada dunia politik. Hingga akhirnya, suami Annisa Pohan itu melepaskan kariernya di militer. Agus Yudhoyono mengawali karier di dunia politik saat dirinya mencalonkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Sayang, AHY harus menerima kegagalan.

3 dari 10 halaman

Harta Kekayaan Agus Harimurti Yudhoyono

Saat mencalonkan diri sebagai calon Gubernur, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta merilis harta kekayaannya. Pria yang akrab disapa AHY ini tercatat memiliki harta kekayaan sekitar Rp15.291.805.024.

Selain itu, AHY juga memiliki harta sebesar USD511.322 atau setara dengan Rp6.647.186.000 dalam kurs Rp13.000 per 1 USD. Jika ditotal, Agus Yudhoyono memiliki harta kekayaan hingga lebih dari Rp21 miliar.

4 dari 10 halaman

Aset Agus Yudhoyono

Berdasarkan data dari KPUD DKI, AHY juga tercatat memiliki aset bangunan seluas 90 meter di Jakarta Selatan yang berkisar Rp1.063.195.000. Mantan Mayor TNI ini juga mempunyai tanah serta bangunan seluas 208 meter dan 60 meter di Jakarta Selatan dengan nilai berkisar Rp3.127.530.000.

Diketahui, keduanya merupakan hasil dari Agus Yudhoyono sendiri. Suami Annisa Pohan ini juga memiliki tanah seluas 978 di Bogor yang berasal dari hasil sendiri serta hibah. Sehingga, perolehan dari tahun 2005 hingga 2016 dengan NJOP Rp2.581.920.000.

5 dari 10 halaman

Koleksi Kendaraan Mewah

 Koleksi Kendaraan© Pikiran Rakyat

Agus Yudhoyono memiliki sejumlah koleksi kendaraan mewah. Melansir dari akun YouTube Auto Populer, Kamis 9 Juli 2020, AHY mempunyai mobil Nissan Navara seharga Rp350 juta. Kedua, mobil Toyota Vellfire seharga Rp1,1 miliar. Ketiga, AHY juga mempunyai mobil Jeep Rubicon seharga Rp1,4 miliar.

Kemudian, ada Toyota Land Cruiser seharga Rp1,5 miliar. Kelima, ada Land Rover Defender seharga Rp1,9 miliar. Ke enam, AHY memiliki ATV Yamaha Grizzly 300 seharga Rp145 juta. Selanjutnya, Jet ski dan motor BMW R18 seharga Rp330 juta.

 

6 dari 10 halaman

Perusahaan dan Barang Berharga

Agus Yudhoyono juga memiliki PT EXQUISITE INDONESIA, di mana merupakan usaha milik sendiri yang didirikan sejak tahun 2010 hingga 2016 dengan nilai jual Rp360.000.000.

AHY juga memiliki sejumlah barang berharga, seperti logam mulia dari warisan dan hibah tahun 2011 hingga 2016 senilai Rp199.800.000. Selain itu, ada juga batu mulia hasil sendiri, warisan dan hibah dengan nilai jual Rp40 juta.

7 dari 10 halaman

Harta Kekayaan Edhie Baskoro Yudhoyono

 Ibas© Pikiran Rakyat

Berbeda dari sang kakak, Edhie Yudhoyono mengawali karier langsung di dunia politik. Pria yang akrab disapa Ibas ini terjun di dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Pemilihan VII Jawa Timur pada tahun 2009. Kemudian, Ibas berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI pada tahun 2009.

Ibas dikenal aktif sebagai politisi Partai Demokrat. Kariernya diawali dengan sebagai Ketua Departemen Kaderisasi. Ibas juga tergabung dalam Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI). Kini, Ibas menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI sejak Oktober 2014 lalu.

8 dari 10 halaman

Lebih muda dua tahun dari sang kakak, harta kekayaan Edhie Yudhoyono justru lebih besar. Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan 10 Maret 2020, Edhie Yudhoyono tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp33,6 miliar.

Harta terbesar suami Aliya Rajasa ini berasal dari kas dan setara kas senilai Rp17 miliar. Kemudian, ada harta bergerak lainnya sebesar Rp6,6 miliar.

9 dari 10 halaman

Aset Bangunan Edhie Baskoro Yudhoyono

Tak hanya sang kakak, Edhie Yudhoyono juga memiliki aset bangunan. Ibas tercatat memiliki setidaknya 11 aset bangunan yang tersebar di Bogor, Bandung, Pacitan dan Ponorogo.

Semua aset bangunan Ibas ditaksir senilai Rp7,6 miliar. Ibas mengatakan, harta kekayaannya berasal dari warisan dan hasil dari bisnis kue kering yang digelutinya. Selain itu, Ibas juga pernah disebut-sebut memiliki sekaligus sebagai direktur di PT Yastra Group.

10 dari 10 halaman

Koleksi Kendaraan Mewah Edhie Yudhoyono

Sejumlah kendaraan mewah juga mengisi area parkir rumah Edhie Yudhoyono. Pertama, terdapat mobil Toyota Hiace seharga Rp530 juta. Kedua, ada Toyota Alphard senilai Rp1,1 miliar.

Kemudian, Ibas juga memiliki mobil Range Rover Discovery Sport seharga Rp1,2 miliar. Terakhir, ada mobil Audi TT Sportback seharga Rp1,4 miliar. Sementara itu, Ibas juga memiliki jam tangan mewah Rolex Daytona Nightmare senilai Rp300 juta.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

 

Join Dream.co.id