Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit Saat Wawancara Pekerjaan

Dinar | Selasa, 17 September 2019 16:36
Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit Saat Wawancara Pekerjaan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Setiap akan mulai bekerja, setiap orang tentu akan melewati tahap wawancara. Yuk simak informasi cara menjawab pertanyaan tersulit berikut ini.

Dream – Saat melamar pekerjaan, setiap orang tentu akan melewati beberapa tahapan, termasuk wawancara. Tidak hanya satu kali wawancara saja, terkadang suatu perusahaan mengadakan beberapa kali tes wawancara.

Dari semua tes, wawancara merupakan salah satu tehapan yang paling ditakuti oleh para pelamar. Memberikan kesan pertama yang baik pada atasan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Sayangnya, penentu diterima atau tidak diterimanya kalian tidak ditentukan oleh kesan pertama saja.

Tepat dalam menjawab beberapa pertanyaan itulah yang menjadi poin utama dalam menilai para pelamar. Terkadang sebagian besar orang sudah merasa dirinya menjawab dengan baik dan tepat, namun hasil berkata lain.

Untuk itulah, tahap wawancara merupakan tahapan paling ditakuti oleh para pelamar. Nah, setelah membaca informasi berikut ini, kalian akan lebih bisa percaya diri lagi ketika akan diwawancarai. Lantas, bagaimana cara menjawab pertanyaan tersulit terbut? Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Apakah Kelemahan Terbesar Anda?

 Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit pada Wawancara Pekerjaan

Jangan pernah berbohong atau menghindari pertanyaan tersebut pada saat wawancara pekerjaan. Cara jitu menjawab pertanyaan tersulit ini adalah dengan mengatakan yang sejujurnya.

Namun, dalam menyampaikan kelemahan kalian membutukan sebuah teknik khusus. Tujukkan pada calon atasan kalian kelemahan yang kalian rasakan tapi lengkapi disetiap kelemahan dengan usaha kalian dalam menghadapi kelemahaan tersebut.

Cobalah untuk berpegang teguh pada prinsip “ kelemahan tidak akan menghalangi kemampuan seseorang”. Meski begitu, sepanjang menjelaskannya juga harus diiringi dengan bukti yang telah kalian lakukan selama ini dalam mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya seperti, “ saya itu orangnya susah untuk dibangunin, namun saya sudah mencegah risiko terlambat dengan memasang alarm setiap 10 menit sekali.”

3 dari 7 halaman

Ceritakan Mengenai Diri Anda

 Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit pada Wawancara Pekerjaan

Ini merupakan pertanyaan yang paling sering diajukan pada saat wawancara pekerjaan. Meskipun terlihat sangat mudah, namun pertanyaan ini bisa menjadi boomerang untuk diri kalian sendiri.

Promosikanlah diri kalian dengan menceritakan siapa kalian, kehebatan yang kalian miliki serta ketertarikan yang kalian miliki. Menurut Rick Fishman, presiden Pelatih Karir, pertanyaan ini paling baik dijawab dengan sebuah cerita pendek mengenai ‘merek’ kalian.

Namun, jangan mengutarakannya seperti sedang membaca resume ya Sahabat Dream. Biarkan kepribadan kalian mengalir seperti air sehingga mereka bisa melihat kesungguhan dan kejujuran kalian dalam menjawab pertanyaan ini.

4 dari 7 halaman

Ceritakan Pengalaman Anda

 Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit pada Wawancara Pekerjaan

Selain poin sebelumnya, pertanyaan berikut ini juga paling sering ditanyakan pada saat wawancara pekerjaan. Menurut Heidi Terzo, spesialis akuisisi bakat, mampu berbicara mengenai resume serta riwayat pekerjaan secara lugas dan detail sangat dibutuhkan dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Jika kalian sudah pernah bekerja sebelumnya, ceritakanlah pengalaman kalian selama bekerja di sana serta alasan mengapa kalian memutuskan untuk berhenti bekerja. Tidak perlu terlalu gamblang dalam menyampaikannya, cukup membuat atasan mengerti saja itu lebih baik.

Bagi kalian yang memiliki begitu banyak pengalaman karir, ceritakan saja bagian yang paling penting dan memiliki nilai lebih jika dipandang oleh orang lain.

5 dari 7 halaman

Kenapa Kami Harus Menerima Anda?

 Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit pada Wawancara Pekerjaan

Cara menjawab pertanyaan “ kenapa kami harus menerima anda?” memang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Sebagian besar orang merasa bingung dalam mengatakan kelebihannya tanpa terdengar seperti seorang salesman.

Namun, penting untuk dipahami oleh semua orang bahwa wawancara bukanlah tempat untuk kalian bisa malu. Tunjukkan diri kalian, promosikan diri kalian dan jelaskan pengalaman kalian yang kiranya bisa menjadi nilai tambahan bagi calon perusahaan.

Perlu diingat juga, jangan terlalu berlebihan ya dalam menyampaikannya dan harus sesuai dengan kenyataan ya ada.

6 dari 7 halaman

Apa yang Anda Cari dalam Pekerjaan?

 Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit pada Wawancara Pekerjaan

“ Lebih sering calon akhirnya menggambarkan pekerjaan yang tidak cocok dengan deskripsi pekerjaan,” ujar Sharon Rosen selaku spesialis Sumber Daya Manusia dan kepala staf di HeraldPR.

Meskipun kejujuran sangat penting dalam wawancara pekerjaan, setiap HRD juga akan melihat seberapa exicted seseorang pada pekerjaan yang akan diberikannya. Kesalahan yang kerap ditunjukkan oleh pelamar adalah dengan mengubah ekspresi muka menjadi tidak benar-benar tertarik pada pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, sangat diperlukan bagi pelamar untuk mempelajari dan memahami terlebih dahulu pekerjaan dan perusahaan yang akan ditujunya.

7 dari 7 halaman

Pertanyaan di luar Pekerjaan

 Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Tersulit pada Wawancara Pekerjaan

Tidak semua HRD memiliki pertanyaan yang hampir serupa dengan wawancara pekerjaan pada umumnya. Terkadang, para pelamar akan diajukan pertanyaan yang berada diluar tema pekerjaan yang sedang diperjuangkannya tersebut.

Sederhananya, beberapa HRD akan mengajukan pertanyaan yang tidak biasa seperti misalnya ‘Apa yang Anda sukai dalam hidup yang tidak melibatkan pekerjaan ini?’ dan masih banyak lainnya. Sayangnya, meskipun terlihat sepele namun pertanyaan tersebut sangat mematikan loh Sahabat Dream.

Pertanyaan tersebut diajukan untuk melihat kemampuan cara berpikir kalian dan mereka nantinya bisa melihat seberapa gairahkah hidup kalian di luar pekerjaan.

“ Orang-orang yang tidak dapat mendiskusikan gairah hidup di luar pekerjaan cenderung menjadi karyawan yang menyusahkan,” ujar Joseph P Martino, LPC selaku pemilik dari Joe Martino Counseling Network.

Sumber: Reader’s Digest

Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi
Join Dream.co.id