Begini Cara Cek Keaslian Uang Logam Rupiah

Dinar | Minggu, 18 Desember 2016 14:02
Begini Cara Cek Keaslian Uang Logam Rupiah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sama dengan uang kertas, uang logam pun punya unsur pengaman. Tapi bukan diterawang, uang logam bisa dicek keasliannya dengan.....

Dream – Setiap uang yang beredar di dunia, termasuk rupiah, tentunya telah dibekali pengaman. Tujuannya, uang tersebut tidak bisa dipalsukan.

Biasanya, pengaman banyak terdapat di uang kertas. Sebut saja benang pengaman dan tanda air (watermark) ditaruh di uang kertas rupiah supaya orang bisa mengetahui keasliannya. Gambar rectoverso pun juga menjadi salah satu unsur pengaman uang kertas rupiah.

Tak hanya unsur pengaman yang menggunakan teknik 3D (dilihat, diraba, diterawang), uang kertas rupiah juga menggunakan unsur pengaman yang harus menggunakan alat bantu untuk melihatnya. Misalnya, invisible ink yang akan berpendar kalau terkena sinar ultraviolet (UV).

Jika unsur pengaman uang kertas bisa dengan mudah diketahui, bagaimana dengan uang logam? Berbahan logam, uang ini tentu tak bisa diterawang. Seperti apa unsur pengaman di uang logam?

Dilansir dari laman resmi Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), Minggu 18 Desember 2016, uang logam memiliki ukuran pengamanan atau sekuriti pada cetakan uang logam yang berbeda dengan uang kertas. Nah, unsur pengaman pada uang logam ini terletak pada kualitas bahan yang digunakan, kerumitan desain, dan ketajaman pencetakan.

Sekarang, sudah tahu, kan, unsur pengaman di uang logam rupiah?

(Sah)

Terkait
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id