Fakta Penting Perempuan Harus Punya Asuransi Penyakit Kritis

Dinar | Selasa, 20 Maret 2018 19:15
Fakta Penting Perempuan Harus Punya Asuransi Penyakit Kritis

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Klaim perlindungan dari penyakit kritis sampai melonjak 400 persen.

Dream – Bagi perempuan yang aktif dan memiliki mobilitas yang tinggi, perlu selalu ingat tubuh punya keterbatasan. Bahkan, perempuan perlu tahu ada sejumlah penyakit kritis yang mengintainya.

Beberapa penyakit yang lebih sering dialami kaum hawa, di antaranya seperti lupus. Penyakit ini menyerang perempuan produktif usia 14 tahun-45 tahun.

Lupus bisa terjadi karena sel imun malah menyerang jaringan tubuh yang sehat. Selain lupus, penyakit lain yang juga rawan dialami perempuan seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker rahim.

“ Bekerja hingga larut malam, membawa pekerjaan ke rumah, bekerja pada suhu tertentu, ekstrim mengurangi porsi makan dan mengonsumsi obat diet tapi akhirnya membahayakan ginjal adalah contoh yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang karena kurang peduli pada kesehatan,” ujar Health Claim Senior Manager Sequis dr. Yosef Fransiscus.

Menurut Yosef, dibalik kebutuhan berpenampilan menarik dan bersih, para perempuan perlu mengimbanginya dengan pengetahuan dan kesadaran pentingnya kesehatan seperti memeriksakan diri ke dokter secara terjadwal.

Yang tak kalah penting adalah perempuan sebaiknya mengenal faktor eksternal yang rentan menyerang tubuh seperti paparan sinar matahari langsung, faktor karsinogen (zat kimia, polusi kendaraan bermotor, radiasi), gaya hidup yang buruk (junk food, kebiasaan mengonsumsi alkohol serta merokok, kurang olah raga, dan kurang istirahat), riwayat penyakit dalam keluarga.

“ Bukan hanya kesibukan sehari-hari yang menyebabkan tingkat stres meningkat. Banyak faktor lainnya seperti kurang istirahat, kurang asupan makanan sehat, gaya hidup keseharian yang jauh dari sehat, kurang berolah raga, sering terpapar polusi dan zat kimia pun akan menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit,” tambahnya.

Vice President of Life Operation Division Sequis, Eko Sumurat, mengatakan perempuan penting secara rutin memeriksakan diri apalagi berobat jika terdiagnosis penyakit-penyakit di atas. Sayangnya, biaya pengobatan yang tinggi menjadi tidak terjangkau.

“ Biaya pengobatan yang sangat tinggi menyebabkan tidak terjangkau oleh masyarakat. Alih-alih ingin mendapatkan kesembuhan dengan berobat, justru biaya pengobatan yang sangat tinggi membuat pasien semakin depresi dan tidak kunjung sembuh,” kata Eko melalui keterangan tertulis diterima Dream, Selasa, 20 Maret 2018.

Eko menyarankan perempuan Indonesia perlu membuat langkah antisipasi dengan punya asuransi penyakit kritis sedini mungkin. Sayangnya, tidak semua perusahaan asuransi menyediakan produk khusus untuk perempuan.

Untuk itu, Sequis menyediakan produk asuransi tambahan kesehatan unit link untuk melindungi perempuan dari penyakit kritis. Produk tersebut yaitu Lady Protection.

Menurut Eko, produk ini juga memberikan pertanggungan pada pembedahan rekonstruksi yaitu untuk rekonstruksi wajah (restorasi atau rekonstruksi dari bentuk dan tampilan struktur wajah di atas leher, yang rusak, hilang, cedera atau berubah bentuk) akibat kecelakaan dan membutuhkan perawatan medis. Juga untuk pembedahan dan rekontruksi akibat kanker payudara (operasi pengangkatan payudara secara radikal dengan cara pembedahan).

Tingginya kesadaran para perempuan berasuransi memang cukup menggembirakan. Data Sequis menunjukan, hingga akhir 2017, perusahaan telah membayar klaim dari produk asuransi Lady Protection hingga Rp2,92 miliar.

Klaim tersebut meroket 474 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp510 juta.

(Beq/Sah)

 

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id