Cuma 10% dari Gaji, Ini Uang Penolong Saat Darurat

Dinar | Kamis, 22 Februari 2018 18:43
Cuma 10% dari Gaji, Ini Uang Penolong Saat Darurat

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan sampai kondisi darurat bisa mengganggu keuangan rumah tangga.

Dream Sahabat Dream, keuangan dalam kehidupan rumah tangga tentu harus dikelola dengan baik. Hal ini mengingat banyaknya kebutuhan rumah tangga yang menuntut dipenuhi. 

Sayangnya, ada satu kebutuhan yang kerap terlupa atau mungkin terabaikan, yaitu kondisi darurat. Alhasil, banyak rumah tangga yang tidak menyiapkan dana tertentu untuk kebutuhan mendesak seperti biaya pengobatan.

Padahal, keberadaan dana untuk kebutuhan darurat sangatlah penting. Jangan sampai kondisi mendesak mengganggu keuangan kita.

Dikutip dari sikapiuangmu.ojk.go.id, Kamis 22 Februari 2018, situasi darurat ini bisa terjadi kapan saja dan tak bisa diprediksi waktunya. Kalau terjadi, situasi ini mengganggu keadaan dan pengelolaan keuangan Anda dan keluarga.

Beberapa contohnya seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kecelakaan, sakit parah, atau bencana alam kamu atau keluargamu alami. Situasi ini bisa membuat keuangan rumah tangga menjadi goyah.

Untuk itulah, Sahabat Dream sebaiknya menyiapkan dana darurat. Caranya bagaimana?

Kamu bisa menyisihkan uang untuk dana darurat. Alokasikan dana sebesar 10 persen dari penghasilan dan tabung sampai terkumpul 3-6 kali dari biaya bulanan.

Jangan lupa, siapkan dana ini dalam bentuk yang mudah dicairkan (likuid), seperti emas atau deposito 1 bulanan.

(Sah)

 

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id