Ini Kriteria Masyarakat Penerima Pinjaman Tanpa Bunga dari Pemerintah

Dinar | Selasa, 11 Agustus 2020 19:12
Ini Kriteria Masyarakat Penerima Pinjaman Tanpa Bunga dari Pemerintah

Reporter : Syahid Latif

Pengkajian dilakukan tim Satgas Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Dream - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan program bantuan pinjaman tanpa bunga untuk rumah tangga masih dikaji. Pengkajian dilakukan Satgas Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional bersama perbankan.

" Kita masih menunggu dari Satgas dan kelompok pelaksanaanya yaitu melalui perbankan untuk bagaimana desainnya," kata Sri Mulyani baru-baru ini.

Meski masih tahap kajian, Sri Mulyani mengatakan program stimulus baru ini akan menyasar penerima kalangan rumah tangga yang memiliki usaha dengan nama dan alamat yang jelas.

Saat ini Kemenkeu masih terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan para perbankan salah satunya dengan Bank BRI yang memiliki program bantuan untuk UMKM, serta BPD, dan perbankan lainnya.

" Nanti kita akan bekerjasama terutama untuk bank-bank yang sudah terbiasa menghadapi masyarakat dalam skala kecil yaitu UMKM seperti BRI, dan mungkin dari BPD atau bank lainnya," ungkapnya.

Seperti diketahui pemerintah belakangan semakin menggelontorkan program stimulus untuk menjaga perekonomian tetap tumbuh positif di tengah Pandemik Covid-19. Stimulus diharapkan meningkatkan kembali daya beli masyarakat.

Sebelumnya pemerintah sudah menjalankan program kartu prakerja untuk membantu masyarakat mendapat pelatihan. Para peserta kartu prakerja diharapkan bisa memulai bisnis sendiri usai menjalani pelatih.

Yang terbaru, pemerintah akan menggelontorkan program subsidi gaji kepada pegawai non-PNS dan BUMN. Program ini menyasar belasan juga pekerja dengan kriteria penghasilan per bulan di bawah Rp 5 juta per bulan. (Sah)

2 dari 3 halaman

Bisa Diakses Rumah Tangga

Dream - Pemerintah semakin gencar memberikan stimulus agar ekonomi Indonesia bisa kembali pulih pada kuartal III-2020. Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus 5,32 persen sepanjang April-Juni 2020.

Stimulus terbaru yang disiapkan pemerintah adalah pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga. Dengan skema ini diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk mengakses pinjaman.

" Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses, itu yang sedang disiapkan," ujar Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo dalam Webinar Keterbukaan Informasi publik 2020: UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit, Kamis, 6 Agustus 2020.

 

3 dari 3 halaman

Bantu Tingkatkan Daya Beli

Menurut Yustinus, skema pinjaman tanpa bunga ini menambah program baru yang sudang dipersiapkan pemerintah. Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah sedang mengkaji program gaji tambahan untuk 13,8 juta pekerja non-PNS dan BUMN.

Yustinus berharap berbagai stimulus yang disiapkan pemerintah akan membantu masyarakat sekaligus meningkatkan daya beli.

" Presiden juga launching bansos produktif supaya bisa modal kerja di awal-awal ini,” ungkap dia.

Saat ini program skema pinjaman rumah tangga tanpa bunga ini masih dalam tahap persiapan. Yustinus mengakui implementasi kebijakan ini tidaklah mudah namun dia meyakini program ini bsia terlaksana dengan semangat gotong royong dari berbagai pihak.

“ Pemerintah menyadari ada yang belum optimal. Tapi kita sadari tidak mudah mendeliver di situasi ini dengan cepat. Pemerintah ingin terus hadir, dan mohon bantuan semua masyarakat dalam melakukan pengawasan dan ini berdampak positif,” tutur dia.(Sah, Sumber: Liputan6.com)

Join Dream.co.id