Ini Dampak `Euro 2016` di Negara-negara Arab

Dinar | Senin, 20 Juni 2016 05:01
Ini Dampak `Euro 2016` di Negara-negara Arab

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penyelenggaraan Liga EURO 2016 kali ini bertepatan dengan Ramadan.

Dream - Suasana Ramadan tahun ini berbeda dariapada Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Ramadan tahun ini diwarnai dengan ajang Liga Eropa 2016.

Dilansir dari Khaleej Times, Senin 20 Juni 2016, Liga Euro yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan ini membuat masyarakat, terutama di negara-negara Arab, terkena " demam" sepak bola.

Event internasional ini sukses mengalihkan pandangan masyarakat di negara-negara tersebut. Tak dipungkiri, Liga Eropa yang dihelat selama Bulan Puasa ini berdampak positif dunia usaha di sana.

Mereka pun beramai-ramai memanfaatkan momen ini untuk mendongrak bisnisnya. Misalnya, sebuah kafe mewah di Kairo, Mesir, yang mendekorasi kafenya dengan bendera-bendera klub sepak bola yang bertanding di pesta sepak bola Eropa itu.

" Liga ini adalah musim tertinggi bagi bisnis kami," kata seorang pemilik kafe mewah di Kairo, Mohammad Saeed.

Lain halnya di Tunisia. Restoran-restoran di sana tutup sepanjang siang selama Ramadan. Tapi, pengaruh Liga Eropa di negara itu bergeser ke industri media, terutama televisi.

Salah satu media televisi di Tunisia --sayangnya tak disebutkan namanya-- tak memungkiri tayangan sepak bola mengerek naik jumlah pemirsa selama Ramadan. Media tersebut mengatakan tayangan sinetron dan sepak bola mendorong peningkatan jumlah penonton.

" Tak meragukan bahwa ada orang di rumah yang ingin menonton sinetron dan ada pula yang ingin menonton pertandingan," kata dia. (Ism) 

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id