Ingin Mulai Bisnis? Lakukan Dulu 3 Hal Ini

Dinar | Senin, 30 Juli 2018 06:30
Ingin Mulai Bisnis? Lakukan Dulu 3 Hal Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Lebih baik matangkan dulu konsepnya.

Dream – Kamu menemukan cara untuk mengisi celah di pasar. Kamu juga ingin segera merintis bisnis sendiri.

Eits, jangan terburu-buru. Memulai bisnis butuh persiapan mental dan fisik.

Selain memerlukan banyak waktu, kamu memerlukan usaha dan kerja yang keras agar bisnis bisa berjalan. Kesiapan mental pun diperlukan agar kamu tidak down.

Untuk itu, sebelum bisnis, sebaiknya kamu mempersiapkan tiga hal ini.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 30 Juli 2018, pertama adalah memperbaiki ide. Setelah menemukan ide bisnis, pelajarilah terlebih dahulu apa yang dilakukan pemimpin saat ini dan cari tahu cara melakukannya dengan baik.

Kalau kamu berpikir bisnismu bisa menghasilkan sesuatu yang tidak dilakukan perusahaan lain, kamu puny aide yang kuat dan siap membuat rencana bisnis.

Atau, kamu bisa juga membuka waralaba kalau perusahaan sudah mapan. Konsep, merek, dan model bisnis sudah ada. Yang dibutuhkan adalah lokasi yang baik dan sarana untuk membiayai operasional bisnismu.

Kedua, setelah memperbaiki ide bisnis, tulislah rencana bisnis. Untuk menulis rencana ini, kamu perlu mengajikan beberapa pertanyaan penting kepada diri sendiri, seperti tujuan bisnis dan target pasarnya.

Lakukanlah riset pasar. Banyak kesalahan yang dibuat oleh pebisnis baru karena terburu-buru tanpa merenungkan aspek bisnis ini, padahal riset pasar penting dalam menyusun rencana bisnis.

Ketiga, menilai keuangan. Nah, bagian yang satu ini harus diperhatikan. Memulai bisnis itu memerlukan biaya. Jadi, kamu perlu menentukan bagaimana kamu menutupi biaya itu. Apakah kamu harus meminjam uang, menggunakan uang tabungan, atau mendapat kucuran dana dari orang lain. Cari tahu seberapa banyak uang yang diperlukan.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Fitriana Monica Sari)

 

Suasana Ambon Usai Gempa di Laut Banda
Join Dream.co.id