Mau Liburan ke Bali? Catat Aturan Perjalanan Barunya!

Dinar | Rabu, 10 Februari 2021 09:12

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Pemerintah memberlakukan aturan ketat bagi pelancong khususnya yang ingin bepergian ke Bali.

Dream - Ketentuan untuk wisatawan domestik yang akan berlibur ke Pulau Bali diperketat untuk menjamin penyebaran Covid-19 tak semakin marak di destinasi wisata terkenal Indonesia. Panduan baru ini terutama mengatur tentang pelancong yang menggunakan moda transportasi laut, udara, dan darat.  

Aturan baru ini merujuk pada Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yag dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam keterangan pers virtual di Istana Presiden, Jakarta, 9 Februari 2021 menegaskan, pemerintah memberlakukan aturan ketat bagi pelancong lokal yang ingin bepergian ke Bali.

" Untuk perjalanan dalam negeri ke Pulau Bali akan diberlakukan aturan berbeda bagi yang menggunakan jalur udara laut dan darat, aturan akan diberlakukan sejak hari ini 9 Februari 2021," kata Wiku saat jumpa pers daring di Istana Presiden Jakarta, Selasa 9 Februari 2021.

Untuk wisatawan lokal yang akan menggunakan moda transportasi udara ke Bali, lanjut Wiku, , pelaku perjalanan akan diminta menunjukkan surat keterangan negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil 2x24 jam sebelum keberangkatan.

" Sedangkan surat keterangan negatif tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan," jelas Wiku.

Aturan hampir sama juga berlaku bagi pelaku perjalanan ke Bali yang menggunakan moda transportasi laut dan darat. Perbedaannya hanya terletak pada periode masa berlaku tes Covid-19

" Pemerintah meminta para pelaku perjalanan menunjukkan keterangan negatif RT PCR atau tes antigen dengan sampel yang diambil 3x24 jam," kata Wiku.

Mau Liburan ke Bali? Catat Aturan Perjalanan Barunya!
Ilustrasi Pantai Kuta (Foto: Merdeka.com)
2 dari 3 halaman

Aturan ke Luar dan Masuk Pulau Jawa

Wiku menjelaskan, untuk pelaku perjalanan menuju Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, Satgas Covid-19 juga mengeluarkan aturan yang sedikit berbeda. 

Untuk pengguna moda transportasi udara diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 hasil tes RT PCR yang dengan pengambilan sampel 3x24 jam . Masyarakat juga bisa menggunakan surat keterangan negatif hasil tes antigen dengan pengambilan sampel maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara untuk pengguna moda transportasi laut diharapkan menujukan surat negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

" Untuk pengguna kendaraan pribadi diimbau untuk melakukan tes PCR atau antigen 3x24 jam sebelum keberangkatan," ungkap Wiku.

 

 

3 dari 3 halaman

Aturan Perjalan Menggunakan Moda Kereta Api

Wiku mengingatkan, bagi pelaku perjalanan pengguna moda kereta api apabila tak ingin melakukan tes GeNose sebelum keberangkatan, maka diharap menyiapkan surat keterangan negatif Covid 19 baik RT PCR atau antigen yg sampelnya diambil maksimum 3x24 jam sebelum keberangkatan.

" Bagi masyarakat yang menggunakan transportasi darat umum, harap dicatat akan dilakukan tes acak antigen atau Genose apabila diperlukan oleh satgas Covid di daerah," katanya.

(Sumber: Youtube @sekretariat Presiden)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id