Ingin Bisnis Kuliner Sukses Usai Pandemi Corona, Baca Kiat Ini

Dinar | Senin, 4 Mei 2020 09:48
Ingin Bisnis Kuliner Sukses Usai Pandemi Corona, Baca Kiat Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bisnis kuliner sering dilirik masyarakat, terutama selama pandemi corona.

Dream – Sudah diketahui jika usaha kuliner mendatangkan untung cukup besar bagi yang menjalaninya engan serius. Tak heran usaha ini menjadi pilihan banyak orang karena dianggap lebih mudah dilakukan. Hal itu juga berlaku di saat pandemi corona seperti saat ini. 

Keluarga yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kini mulai banyak yang menggantungkan penghasilan dari berjualan kuliner. Potensi ini semakin besar seperti di waktu Ramadhan saat ini/

“ Keberadaan produk bisnis kuliner berupa makanan atau minuman tidak pernah sepi peminat,” kata Guru Besar Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University, Musa Hubeis, di Bogor, Jawa Barat, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 4 Mei 2020.

Meski mudah dan menguntungkan, Musa mengingatkan, bisnis kuliner berupa makanan dan minuman tergolong rumit. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan.

“ Untuk itu penting bagi kita untuk memahami macam kuliner di Indonesia yang masih bertahan maupun digemari di saat maraknya makanan atau minuman asing yang ada di restoran-restoran modern (makanan cepat saji dan lisensi),” kata Musa.

Sebagai upaya agar bisnis kuliner dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu di saat pandemi COVID-19, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan. Yakni mendorong kegiatan menikmati produk kuliner berupa makanan/minuman menjadi gaya hidup, selain untuk memenuhi kebutuhan fisik.

“ Ketahui teknik-teknik praktis dalam tata kelola produk kuliner,” kata dia.

Teknik yang harus dikuasai diantara cara mengolah dan menghidangkan yang beraneka ragam, cita rasa sesuai bahan baku dan alat-alat penyajian yang terbuat dari bahan alami. Penting pula mengelola produk kuliner seperti generating idea (lokasi dan produk) atau creating business idea yang dikemas dengan perhitungan keuangan yang matang, strategi pemasaran efektif dan strategi operasi efektif.

2 dari 3 halaman

Produk Kuliner Bisa Jadi Model Bisnis Food Startup

Menurut Musa, produk kuliner ke depannya dapat dijadikan model bisnis food start up untuk menarik investor dalam maupun luar negeri. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dan inovasi untuk membuat bisnis kuliner menjadi terdiferensiasi dalam sisi produk makanan/minuman, manajemen, sistem dan pemasaran (jaringan distribusi), agar menjadi besar dan berkembang, baik di dalam maupun di luar negeri.

Musa menekankan bahwa keberadaan bisnis kuliner di Indonesia harus didorong terus untuk tumbuh dan berkembang. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan daya tahan dan sekaligus daya saing kompetitif untuk menghadapi persaingan dalam arti luas.

Misalnya peningkatan mutu pelayanan yang diberikan dengan membuat paket menu makanan/minuman kuliner pada tingkatan harga tertentu.

“ Kita juga bisa memperbanyak variasi menu kuliner secara berkala dengan jangka waktu tanpa menghilangkan ciri khas yang sudah terbentuk sebelumnya,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Ini Juga Tak Kalah Penting

Yang tak kalah penting menurutnya adalah mengkaji prospek pengembangan, baik berupa inovasi produk dan peningkatan pengetahuan pengelola maupun pekerja, makanan/minuman kuliner secara spesifik yang relatif fleksibel (wisata kuliner).

“ Manfaatkan sosial media maupun Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam pemasarannya, sehingga memberikan peluang kontribusi pendapatan di dalam pengembangan ekonomi setempat,” kata Musa. 

Join Dream.co.id