Pengalaman Menko Airlangga Donor Plasma Konvalense: `Saya Kok Jadi Agak Segar`

Dinar | Minggu, 24 Januari 2021 13:01
Pengalaman Menko Airlangga Donor Plasma Konvalense: `Saya Kok Jadi Agak Segar`

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Para penyintas COVID-19 bisa menjadi donor plasma konvalesen.

Dream – Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengajak para survivor COVID-19 untuk mendonorkan plasma darah konvalesen. Airlangga menilai plasma darah ini bisa menyembuhkan pasien COVID-19 hingga 100 persen.

Ikut menjadi pendonor plasma konvalesen yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI), Airlangga yang menjadi narasumber dalam Bincang Editor Liputan6.com, Jumat, 22 Januari 2021 lalu menceritakan dengan detail proses-proses yang dijalaninya. 

" Mungkin setiap orang berbeda, tapi saya kok malah jadi agak segar, mungkin karena sirkulasi darah lebih cepat," kata Airlangga menceritakan pengalamannya mengikuti donor konvalesen. 

Politisi Partai Golkar itu menceritakan jika ajakan untuk menjadi pendonor plasma konvalesen datang dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang ingin mendukung gerakan yang dilakukan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dalam pembicaraan tersebut, JK menyatakan membutuhkan sosok yang bisa turut menggaungkan program donor plasma tersebut. " Pak JK tanya bersedia tidak? Saya katakan bersedia saja karena untuk kebaikan masyarakat," ungkapnya.

Dua hari sebelum dilakukan donor, mantan Ketua Komisi VI DPR itu menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter. Airlangga mengaku diambil darah dalam jumlah yang cukup banyak untuk mengetahui kadar antibodi dalam tubuhnya. 

" Kalau memenuh persyaratan baru diproses ke tahap selanjutnya dan dicek untuk pemeriksanaan lainnya," katanya yang mengatakan telah menjalani tes PCR sebelum mengikuti rangkaian proses tersebut.

Dalam proses donor, Airlangga mengaku diambil darah dalam jumlah cukup banyak sekitar 400-500 cc. Plasma dalam darah tersebut kemudian dipisahkan unuik disimpan. " Setelalah plasma diambil, darahanya dimasukkan lagi ke tubuh kita," ujar Airlangga yang menyatakan proses tersebut berlangsung antara 40-45 menit. 

 

2 dari 4 halaman

Donor Plasma Bisa Selamatkan Pasien Covid-19

Dengan pengalamannya tersebut, Airlangga mendukung dan mengajak penyintas Covid-19 untuk mengikuti program donor plasma konvalesen. Tak ingin muluk-muluk, dengan 10 persen dari penyintas Covid-19 yang mendonorkan darahnya bisa membantu para pasien Corona. 

Diketahui orang tanpa gejala (OTG) dan yang ringan bisa sembuh 100 persen jika mendapatkan donor plasma konvalesen. Sementara tingkat kesembuhan untuk pasien Covid-19 bergejala berat yang menerima plasma ini bisa mencapai 85 persen.

“ Ini efektif untuk menyelamatkan nyawa,” kata dia.

 

 

3 dari 4 halaman

Begini Cara Donor Plasma Konvalesen

Airlangga mengatakan masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pendonor melalui online, misalnya melalui Palang Merah Indonesia (PMI) atau komunitas yang menggelar donor plasma konvalesen.

Syarat-syarat penyintas menjadi donor plasma konvalesen adalah pria dan wanita yang belum pernah melahirkan serta penyintas yang dinyatakan negatif COVID-19 selama 2 minggu-3 bulan.

Para penyintas ini nantinya akan diambil 400-500 cc plasma darah. Waktu yang diperlukan untuk pengambilan ini adalah 45 menit-50 menit.

 

4 dari 4 halaman

Namun, Ini Tantangannya

Sayangnya, lanjut Airlangga, jumlah kesediaan donor plasma sangat terbatas. Dari 10 orang calon pendonor, hanya ada 2 yang layak. Padahal, permintaan di lapangan sangat tinggi.

“ Dari 1 orang yang donor yang antri 80 orang. Sangat kurang,” kata dia.

Airlangga mengatakan, jika ada 10 persen penyintas di atas 74 ribu, yang mendonorkan plasmanya, itu sudah memenuhi target PMI. Dikatakan bahwa target PMI sebulan ada 5 ribu donor plasma konvalesen, sedangkan yang tersedia baru 1.000.

“ Harus naik 500 persen. Setahun (kebutuhannya) 60 ribu. Jadi, pas harusnya karena plasma ini sangat kunci bagi mereka yang (mendapatkan) perawatan,” kata dia.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id