Ingin Berikan Mahar Paket Umroh Buat Calon Istri? Begini Caranya

Dinar | Kamis, 16 Januari 2020 12:36
Ingin Berikan Mahar Paket Umroh Buat Calon Istri? Begini Caranya

Reporter : Dwi Ratih

Mahar ialah kewajiban yang wajib diserahkan suami kepada istrinya ketika akan menikah dan menjadi harta milik istri.

Dream - Mau menikah tapi masih belum memiliki ide untuk memberikan mahar atau maskawin dalam bentuk apa? Ada banyak bentuk mahar, antara lain uang tunai, perhiasan, logam mulia atau emas batangan, sertifikat tanah, gadget, saham, saham, reksadana, hingga paket umroh.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengungkapkan mahar ialah pemberian wajib berupa uang atau barang dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika dilangsungkan akad nikah.

 shutterstock

Mas kawin juga diartikan pemberian pihak pengantin laki-laki (misalnya emas, barang, kitab suci) kepada pengantin perempuan pada waktu akad nikah, dapat diberikan secara kontan ataupun secara utang.

Mahar ialah kewajiban yang wajib diserahkan suami kepada istrinya ketika akan menikah dan menjadi harta milik istri. Hal ini merupakan perintah Allah SWT sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran surat An-Nisa:4.

Menikah, salah satu momen spesial yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup, tentunya menjadi harapan banyak orang.

Nah jika kamu sebagai calon suami, maka akan menyiapkan semua kebutuhan pernikahanmu, termasuk mahar. Apalagi jika kamu ingin memberikan mahar terbaik bagi calon istrimu. 

Makanya tidak sedikit calon mempelai pria membicarakan lebih dahulu kepada calon istrinya, perihal wujud mahar yang akan diberikan. Komunikasi dimaksud, termasuk membicarakan mahar apa yang diinginkan sang salon istri.

Misalkan saja, jika dari pembicaraan itu sang calon istri punya harapan bisa pergi umroh sebagai mahar pernikahannya. 

2 dari 6 halaman

Pilih Reksadana Syariah

Katakalah, kamu sang calon mempelai pria menyetujui permintaan calon istrimu untuk menyediakan perjalanan umroh kalian berdua sebagai bentuk mahar.

Nah untuk menyiapkan modal untuk membiayai perjalanan umroh berdua itu, kamu putuskan menggunakan reksadana syariah di Bareksa Umroh.

Bareksa Umroh menyediakan cara menabung paling efektif di reksadana syariah yang terintegrasi dengan tujuan beribadah umroh. Ada lima keuntungan dari Bareksa Umroh yakni aman, halal, serba online, terpadu, dan terpercaya.

Reksadana syariah yang dijadikan wadah menabung untuk umroh ini adalah investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak perlu takut uang akan dibawa kabur oleh travel agent, karena disimpan dalam reksadana di bank kustodian.

Terdapat pelbagai perencanaan yang dapat kita pilih di Bareksa Umrohsebagai perkiraan jumlah nilai reksadana yang perlu diinvestasikan. Perencanaan yang tersedia berdasarkan harga paket yang berlaku saat ini, tetapi tidak mengikat pada pembelian paket.

Katakanlah kamu memilih paket Umroh Plus Dubai untuk mewujudkan harapan calon istrimu. Berdasarkan harga paket real berlaku saat ini di Travel Umrah dan Haji Al-Qadri, rencana paket tipe plus selama 12 hari ini perkiraan harganya sekitar Rp38 juta per orang.

Setelah memilih rute, kemudian kamu menetapkan jumlah 2 peserta dan tipe kamar yang dipilih yakni berdua (double). Sehingga akan muncul estimasi harga Rp76 juta.

3 dari 6 halaman

Kemudian, misalkan saja kamu mengatur waktu lamanya kamu menabung reksadaa syariah selama 24 bulan atau 2 tahun.

Nah dapat dilihat perkiraan dana per bulan yang perlu kamu simpan demi mencapai rencana ini, yakni sekitar Rp3.166.667 juta per bulan. Angka itu setara Rp106 ribu per hari, selama dua tahun.

 BareksaBareksa © Bareksa

4 dari 6 halaman

Ada Bareksa Umroh

Perlu diingat, rencana yang ada di Bareksa Umroh tidak mengikat dengan harga paket karena itu hanya perkiraan (estimasi). Jangka waktu juga tidak mengikat karena kita bisa mengatur sendiri dana per bulan sesuai kemampuan.

Kalau kita melewati jangka waktu, atau lebih cepat dari rencana, tidak akan dikenakan pinalti. Justru, semakin lama menabung reksadana, semakin besar potensi imbal hasil yang didapat.

5 dari 6 halaman

Investasi Diawasi OJK

Uang kita yang diinvestasikan di reksadana syariah berpotensi memberi imbal hasil lebih tinggi daripada deposito. Reksadana adalah investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, reksadana syariah halal karena dikelola berdasarkan prinsip-prinsip Islami dan sudah mendapatkan fatwa halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Kalau uang di reksadana syariah sudah mencapai target, kita bisa menyelesaikan rencana dan membeli paket dengan dana tersebut tanpa pindah platform.

Mantap mau melamar istrimu? Ayo, siap wujudkan harapan sang calon istrimu bisa menunaikan Ibadah Umroh bareng dirimu sebagai bentuk mahar pernikahan kalian. Mulai wujudkan harapannya dengan nabung reksadana.

6 dari 6 halaman

Tertarik untuk mencoba?

Untuk diketahui, PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa), yang mengoperasikan marketplace investasi terintegrasi Bareksa.com, pada 10 Juli 2019 secara resmi telah meluncurkan Bareksa Umrohplatform yang menawarkan layanan rencana simpanan di reksa dana syariah untuk membiayai perjalanan ibadah umrah.

Informasi selengkapnya mengenai Bareksa Umroh klik tautan ini

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

- Beli reksadana, klik tautan ini

- Pilih reksadana, klik tautan ini

- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id