Dulu Jualan Es di Emperan Toko Duta Merlin, Kini Merambah Dunia

Dinar | Selasa, 30 November 2021 14:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Siapa yang kangen banget makan di restoran ini?

Dream - Mempertahankan bisnis di zaman yang semakin berkembang ini bukanlah hal yang mudah. Apalagi bisnis yang sudah berdiri lama dan melintasi beberapa generasi seperti Es Teler 77.

Salah satu kuliner Indonesia yang telah mendunia itu menyesuaikan bisnisnya dengan perkembangan teknologi digital agar bisa mengakomodasi kebutuhan pasar.

Minuman berbahan dasar es dicampur buah-buahan tersebut kini telah dijual hingga Arab Saudi, India, Australia, Malaysia, dan Singapura. Berkat kegigihannya untuk berkembang, restoran legendaris Indonesia ini sudah berdiri hampir empat dekade lamanya.

Bisnis Es Teler 77 dicetuskan Murniati. Pada tahun 1981, dia mulai membuat minuman itu setelah jadi juara membuat es teler di Jakarta. Dari kemenangan tersebut, Murniati bersama suaminya, Trisno Budijanto, juga bersama anak dan menantunya, Yeni Setiawan Widjaja dan Sukyanti Nugroho, membuka warung es kecil di emperan toko kawasan Duta Merlin, Jakarta Pusat.

Dulu Jualan Es di Emperan Toko Duta Merlin, Kini Merambah Dunia
Foto: Instagram.com/esteler_77
2 dari 6 halaman

Kuliner Indonesia lezat

 Es Teler 77© Instagram.com/esteler_77

Nama Es Teler 77 sendiri diambil sesuai tanggal berdiri yakni, pada 7 Juli. Sukses dengan gerai pertama, pada tahun 1987 bisnis Es Teler 77 diganti dengan sistem waralaba. Usaha itu membawa bendera perusahaan PT Top Food Indonesia.

Gerai waralaba Es Teler 77 yang pertama didirikan di Kota Solo, Jawa Tengah. Saat itu, waralaba belum tenar di Indonesia. Es Teler 77 disebut makan siap saji Indonesia pertama yang menggunakan sistem waralaba.

Setelah diwaralabakan, Es Teler 77 semakin berkembang pesat. Kini Es Teler 77 telah memiliki lebih dari 180 gerai yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan dan pertokoan.

3 dari 6 halaman

Harga super terjangkau

 Es Teler 77© Instagram.com/esteler_77

Memasuki usia yang hampir menyentuh kepala empat, Es Teler 77 tidak lagi identik dengan hidangan es telernya, tetapi juga menu kuliner khas Indonesia lain yang menjadi favorit masyarakat.

Selain menjual es teler, berbagai macam menu lain dijajakan. Seperti bakso, gado–gado, rujak buah, mie kangkung, dan nasi goreng buntut dapat dinikmati di Es Teler 77.

Mengikuti perkembangan zaman, Es Teler 77 juga bisa dibeli melalui platform online, seperti ShopeeFood, GrabFood dan GoFood.

Harga untuk Es Teler 77 juga samgat terjangkau, mulai dari Rp17 ribu hingga Rp20 ribu. Kemudian untuk makanan berkisar antara Rp14 ribu hingga Rp34 ribu.

Sumber: Money.id

4 dari 6 halaman

Melihat Peluang di Socmed, Bisnis Kuliner Jadi Incaran

Dream - Webinar #SHECAN FUND bersama Kotex telah berjalan lima kali bersama Dream.co.id sejak Agustus 2021 kemarin. Di tiap waktunya, webinar #SHECAN FUND selalu memberikan sajian menarik yang berbeda-beda.

Seperti webinar yang digelar pada Senin, 29 November 2021, mengusung 'Social Media Benefits untuk mengembangkan Small Business, Kotex menghadirkan dua narasumber yaitu Safira Crespin sebagai seorang Foodies sekaligus Founder @dakiedak.id dan Nicki Febrina yang merupakan Associate Brand Manager.

Alasan Perempuan Harus Belajar Self-Defense dan Fokus Raih Mimpi

Pada kesempatan hebat ini, Safira sebagai pengusaha kuliner mengatakan bahwa wanita juga bisa punya mimpi. Tidak ada yang salah ketika seorang wanita mempunyai mimpi, tapi yang salah adalah ketika kita tidak mau mengejar mimpi tersebut.

“ Dulu aku waktu awal pertama mencoba berbisnis itu cuma bermodalkan 600 ribu rupiah, setelah itu aku terus kuatkan niat dan kerja keras sampai akhirnya aku punya banyak cabang di jabodetabek dan Jawa Barat,” ujar Shafira.

5 dari 6 halaman

Melihat peluang di dunia maya

 #SHECAN FUND 29 November 2021© Dream.co.id/Nadira Difa

Dalam bisnis saat ini, Shafira juga menyebutkan bahwa media sosial sangat berperan penting. Ia menyebutkan bahwa pengguna socmed tidak punya batasan usia.

Jangan Diam Saja Kala Jadi Korban 'Bullying', Bangkit dengan 4 Langkah Ini

Melihat peluang ini, Shafira akhirnya memanfaatkan socmed sebagai platform untuk mempromosikan bisnis kulinernya.

" Kalau nggak ada socmed, aku pasti bingung bagaimana biar usaha aku tetep jalan apalagi saat pandemi. Karena adanya socmed ini juga akhirnya orang-orang tetap bisa nyobain (dan memesan via socmed) makanan aku, bisa tahu semua menu-menu dan info-info tentang usaha @dakiedak.id," jelasnya.

Selain bercerita tentang bisnis kulinernya, Shafira juga bercerita tentang pengalamannya sebagai perempuan yang mengalami masa periode setiap bulannya.

6 dari 6 halaman

Kamu pasti bisa, Sahabat Dream!


 #SHECAN FUND 29 November 2021© Dream.co.id/Nadira Difa

Di kesempatan ini, Shafira merekomendasikan para wanita lainnya untuk memilih Kotex sebagai pilihan terbaik dan ternyaman selama masa periode.

Tips Tampil Pede ala Selebgram Hijab Syifa Aulia Putri

Nicki Febrina, pada webinar ini juga menginformasikan kepada seluruh wanita untuk terus menggapai mimpi. Ia menyebutkan bahwa peluang besar terbuka bagi setiap wanita yang punya mimpi namun belum terealisasikan.

Hal ini dapat diwujudkan melalui campaign #SHECAN FUND yang diadakan Kotex.

Kotex #SHECAN FUND ingin mendukung para wanita yang ingin berbisnis namun belum punya modal yang cukup.

Nah bagi Sahabat Dream yang ingin mencoba berpartisipasi pada campaign ini, dapat mengunjungi website www.kotex.co.id/shecanfund/applynow.

Yuk daftar sekarang juga karena semua #cewekotexbisa.

Laporan: Siti Sarah Al Hafizd

Join Dream.co.id