Hore! Ibu Hamil dan Balita Dapat Bansos Rp3 Juta dari Pemerintah

Dinar | Kamis, 14 Januari 2021 13:33
Hore! Ibu Hamil dan Balita Dapat Bansos Rp3 Juta dari Pemerintah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tak hanya itu, Lansia dan pelajar pun mendapat bantuan sebagai upaya mengatasi dampak pandemik Covid-19.

Dream – Pemerintah kembali meluncurkan tiga bantuan sosial untuk membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi COVID-19 dan menggerakkan perekonomian sosial. Ketiga bantuan itu adalah Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Program Sembako.

Dikutip dari akun Instagram Kementerian Sosial, @kemensosri, Kamis 13 Januari 2021, pemerintah menganggarkan dana Rp110 triliun untuk bantuan sosial tahun anggaran 2021. Bantuan tersebut akan dibagikan kepada semua penerima di 34 provinsi se-Indonesia.

Menariknya, dalam program tersebut terdapat alokasi untuk ibu hamil dan balita yang turut menjadi perhatian pemerintah.

Ada tiga bantuan yang disalurkan pemerintah, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan tersebut disalurkan mulai 4 Januari 2021.

Berikut penjelasan singkat tiga jenis bantuan yang diberikan pemerintah: 

2 dari 3 halaman

Program Keluarga Harapan

Dalam Program Keluarga Harapan (PKH), ada lima kelompok penerima bantuan, yaitu ibu hamil, anak usia dini, penyandang disabilitas, lansia berusia 70 tahun ke atas, dan anak sekolah.

Ibu hamil mendapatkan bantuan senilai Rp3 juta, anak usia dini Rp3 juta, penyandang disabilitas Rp2,4 juta, lansia Rp2,4 juta, serta anak sekolah SD/sederajat Rp900 ribu, SMP/sederajat Rp1,5 juta, dan SMA/sederajat Rp2 juta.

Bantuan tersebut disalurkan dalam empat tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober. Dananya disalurkan melalui bank pelat merah, yaitu BNI, Mandiri, BRI, dan BTN.

3 dari 3 halaman

Program Kartu Sembako

Untuk program ini, nilai bantuan yang diterima sebesar Rp200 ribu per bulan untuk setiap keluarga penerima. Bantuan tersebut disalurkan melalui empat bank BUMN pada periode Januari-Desember 2021.

Proses pencairan bantuan dilakukan di e-waroeng terdekat.

Bantuan Sosial Tunai

Untuk bantuan tunai, nilainya mencapai Rp300 ribu per bulan bagi setiap keluarga. Target penerima bantuan ini mencapai 10 juta penerima.

Bantuan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero) selama empat bulan, yaitu Januari, Februari, Maret, April.

Join Dream.co.id