Perusahaan Indonesia Ini Dinobatkan sebagai Tempat Terbaik untuk Bekerja di Asia Tahun Ini

Dinar | Kamis, 28 Juli 2022 07:46

Reporter : Dwi Ratih

Proses seleksi yang menyeluruh mencakup penilaian ekstensif terhadap keterlibatan karyawan perusahaan dan keunggulan tempat kerja.

Dream – Publikasi terpercaya di Asia untuk profesional SDM, HR Asia, menobatkan Reckitt Indonesia sebagai salah satu perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia pada tahun 2022, atau lebih dikenal dengan Best Companies to Work For in Asia in 2022.

Penghargaan yang mencakup 13 negara di seluruh kawasan Asia ini diselenggarakan HR Asia untuk mengapresiasi praktik terbaik dalam mencapai efektivitas terkait keterlibatan karyawan dan manajemen sumber daya.

Proses seleksi yang menyeluruh mencakup penilaian ekstensif terhadap keterlibatan karyawan perusahaan dan keunggulan tempat kerja.

Perusahaan Indonesia Ini Dinobatkan sebagai Tempat Terbaik untuk Bekerja di Asia Tahun Ini
Foto: Reckitt Indonesia
2 dari 6 halaman

Mendapat nilai tertinggi

HR Asia menilai 305 kandidat untuk penghargaan Best Companies to Work for in Asia dan 62 perusahaan menerima penghargaan bergengsi ini karena telah menunjukkan lingkungan kerja terbaiknya dari semua industri.

Reckitt Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dalam Total Engagement Assessment Model™(TEAM), sebuah metode eksklusif HR Asia yang dikembangkan untuk mengukur tingkat keterlibatan karyawan.

 Reckitt Indonesia© Reckitt Indonesia

“ Lebih kredibel dari sekadar dukungan independen, penghargaan ini didasarkan pada data penelitian yang solid, yang memungkinkan organisasi untuk mendapatkan keunggulan komparatif melalui karyawan mereka dan mengukuhkan reputasi korporat sebagai salah satu Perusahaan Terbaik di Asia untuk Bekerja,” ujar William Ng, Penerbit Grup HR Asia dalam keterangannya, Rabu 27 Juli 2022.

Reckitt Indonesia (sebelumnya Reckitt Benckiser) dikenal sebagai perusahaan di balik berbagai brand kategori kesehatan dan kebersihan serta nutrisi, seperti Dettol, Harpic, Vanish, Strepsils, Durex, dan Enfa.

3 dari 6 halaman

Menciptakan peluang berbagi inspirasi

Mulai dua tahun lalu, Reckitt menjalani transformasi budaya korporat secara global untuk memfasilitasi budaya yang inklusif dan merangkul keberagaman sembari menguatkan fokus perusahaan terhadap inisiatif berkelanjutan.

Perusahaan meluncurkan inisiatif #StrongerTogether demi menciptakan peluang untuk berbagi kisah inspiratif dan menantang dari semua karyawan di seluruh dunia untuk membantu saling memahami dengan lebih baik, meningkatkan kesadaran, dan mendorong inklusivitas.

 Reckitt Indonesia© Reckitt Indonesia

Di Indonesia, sekitar 49% perempuan menjadi bagian dari karyawan Reckitt dan sepertiga dari tim Leadership perusahaan terdiri dari karyawan perempuan.

“ Perusahaan yang hebat dibangun oleh talenta terbaiknya. Itulah mengapa karyawan kami sangat berarti bagi kami, dan merupakan prioritas kami untuk membuat mereka merasa seperti di rumah sendiri. Saya merasa terhormat dan rendah hati bahwa kami, keluarga Reckitt Indonesia telah menerima penghargaan sebagai Perusahaan Terbaik untuk Bekerja dari HR Asia Awards,” kata Srinivasan Appan, Presiden Direktur Reckitt Indonesia, di kesempatan yang sama.

4 dari 6 halaman

Tidak pakai sistem hierarki

Menganut konsep #FreedomtoSucceed, Reckitt memberikan ruang dan waktu bagi karyawan untuk mengukir kesuksesan mereka seperti memberikan fleksibilitas dan dukungan kepada karyawan untuk mencapai target mereka tanpa sistem yang kaku.

Melalui manifesto Purpose, perusahaan melibatkan karyawan untuk bertindak sesuai tujuan perusahaan, yaitu untuk melindungi, menyembuhkan, dan melestarikan dalam upaya bersama-sama menciptakan dunia yang lebih bersih dan sehat.

Wujud nyata dari Purpose ini diaktualisasikan dalam salah satu program dukungan sosial dan masyarakat Reckitt, yaitu Keluarga Sehat Indonesia Kuat.

Badai Prasthari, HR Director Reckitt Indonesia mengatakan bahwa pihaknya mendampingi karyawan dan membuka jalan bagi mereka untuk menjadi pemimpin hebat selanjutnya dengan memberikan budaya belajar yang berkelanjutan, melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan yang konsisten.

“ Reckitt tidak menggunakan sistem hierarki yang kaku dan proses yang menghalangi produktivitas. Dengan menciptakan lingkungan dengan semangat #FreedomtoSucceed, setiap orang dapat mencapai lebih banyak untuk diri mereka sendiri, perusahaan, dan bahkan untuk masyarakat,” tutur Badai.

Di kesempatan ini, Badai juga mengatakan kalau apresiasi HR Asia mendorong Reckitt untuk terus tumbuh sebagai individu dan sebagai satu kesatuan, sehingga dapat melayani tujuan dengan lebih baik dalam menciptakan dunia yang lebih bersih dan lebih sehat.

5 dari 6 halaman

Gaji Asli Rp8 Juta tapi Ditransfer Perusahaan Rp2,6 Miliar, Pria Ini Langsung Resign dan Menghilang Tanpa Jejak

Dream - Pria asal Chile secara tidak sengaja menerima gaji 286 kali lebih besar dari seharusnya. Dia langsung mengundurkan diri dari perusahaan dan menghilang.

Dikutip dari Oddity Central, Selasa 28 Juni 2022, sebelumnya pria itu sempat berjanji untuk mengembalikan uang yang dibayarkan lebih kepadanya tersebut.

Gaji di Rekening Mendadak Hilang Misterius, 55 Ribu Karyawan Tuntut Perusahaan

Pria itu bekerja di departemen sumber daya manusia (SDM) dari perusahaan cold cut terbesar di Chile, yakni Consorcio Industrial de Alimentos (Cial).

Perusahaan itu secara tidak sengaja membayar seorang karyawan senilai 165.398.851 peso Chile (sekitar US$180 ribu atau Rp2,67 miliar) pada bulan lalu.

Kini, karyawan itu tampaknya tidak ingin mengembalikan uang tersebut. Sang karyawan dilaporkan telah mengundurkan diri dari posisinya dan menghilang tanpa jejak meninggalkan perusahaan.

Terungkap! Total Biaya Hidup Karyawan di Kawasan Elit SCBD

Hal itu pun membuat perusahaan tidak ada pilihan lain selain menggandeng pengacara dan mencoba untuk memulihkan kerugian mereka.

Menurut surat kabar Chile Diario Financiero, pada 30 Mei, seorang karyawan yang menjabat sebagai asisten kantor di Cial itu sebenarnya telah menemui seorang wakil manajer untuk melaporkan kesalahan dalam pembayaran upahnya.

 

6 dari 6 halaman

Pimpinan perusahaan kemudian menyadari bahwa perusahaan telah membayar jutaan peso secara berlebihan kepada seorang karyawan, dan ingin mengklarifikasi masalah tersebut.

Setelah memeriksa catatan mereka, manajemen Cial mengonfirmasi bahwa karyawan tersebut memang telah dibayar sekitar 286 kali lebih besar dari gaji bulanannya secara tidak sengaja.

Daftar 27 Provinsi yang Sudah Tetapkan UMP Tahun 2022, Ini Besarannya

Pihak manajemen pun memberi tahu karyawan tersebut bahwa dia perlu mengembalikan uang yang dibayarkan lebih.

Pekerja tersebut diduga setuju untuk pergi ke bank lebih awal keesokan harinya dan mengembalikan uang perusahaan. Namun, ternyata karyawan itu melakukan sesuatu yang sangat berbeda.

Setelah memperhatikan bahwa bank tidak memberi tahu tentang pembayaran upah yang dikembalikan, departemen keuangan Cial mencoba menghubungi pekerja itu lagi. Sayangnya, pesan mereka tidak dijawab.

Ironi Persiapan Piala Dunia 2022, Banyak Buruh Migran Dibayar Murah Tewas Kerjakan Stadion

Beberapa saat kemudian, pekerja itu menghubungi, mengklaim bahwa dirinya ketiduran dan akan segera pergi ke bank.

Namun rupanya sang karyawan tidak pernah melakukan hal tersebut, dan pada tanggal 2 Juni, diketahui justru menyerahkan pengunduran dirinya melalui firma hukum.

Pekerja tersebut kini dilaporkan menghilang, sehingga perusahaan tidak punya pilihan selain mengambil tindakan hukum tentang apa yang dianggapnya sebagai kejahatan penyelewengan dan berharap dapat memulihkan setidaknya sebagian dari US$180 ribu yang dibayarkan secara tidak sengaja

Join Dream.co.id