`Hore! Telkom Resmi Buka Akses Netflix, Saham TLKM `Auto Terbang`

Dinar | Selasa, 7 Juli 2020 15:48
`Hore! Telkom Resmi Buka Akses Netflix, Saham TLKM `Auto Terbang`

Reporter : Syahid Latif

Telkom menganggap Netflik telah memenuhi persyaratan yang diminta saat menghadirkan konten untuk publik di Indonesia.

Dream - Pelanggan jaringan akses internet PT Telkom Indonesia Tbk bisa bernapas lega. Perusahaan telekomunikasi pelat merah ini kembali membuka akses konten-konten Netflix yang sebelumnya diblokir.

Keputusan Telkom membuka akses penyedia konten yang sedang jadi tren di kalangan masyarakat itu membawa angin positif bagi pergerakan saham perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

" Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Juli 2020.

Arif menjelaskan pendekatan yang dimaksud Telkom adalah pengelola Netflix menunjukkan komitmen untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia melalui langkah-langkah yang dilakukannya. Netiflix dinilai telah memastikan ketersediaan tools dalam sistem untuk membatasi akses tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control). Juga dalam menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan.

 

2 dari 2 halaman

Saham TLKM Langsung Melambung

Telkom juga menilai Netflix sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari Pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Secara spesifik, Telkom juga mengapresiasi langkah yang Netflix menyepakati komitmen kepatuhan pada “ Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN” di mana salah satu kesepakatannya adalah untuk tidak menayangkan prohibited content yakni konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

" Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” harap Arif.

Sementara itu harga saham Telkom (TLKM) langsung bergerak naik saat perusahaan mengumumkam pembukaan akses Netflix terhitung hari ini. Mengutip Liputan6.com, harga saham TLKM naik 1,97 persen menjadi Rp3.111 per saham.

Dalam perdagangan hari ini, saham Telkom dibuka di angka Rp 3.060 per saham dan sempat mencetak level tertinggi di Rp 3.120 per saham.(Sah)

Join Dream.co.id