Hore! Pinjaman Bunga 0% di Pegadaian Diperpanjang

Dinar | Rabu, 16 September 2020 08:47
Hore! Pinjaman Bunga 0% di Pegadaian Diperpanjang

Reporter : Syahid Latif

Peminjam harus memberikan barang sebagai jaminan agar mendapatkan pinjaman tanpa bunga ini.

Dream - Di tengah biaya hidup yang meningkat selama menjalani aktivitas dari rumah, pinjaman tanpa bunga serasa jadi kabar menggembirakan. Untuk kamu yang tengah terlilit kebutuhan mendesak, PT Pegadaian (Persero) memutuskan memperpanjang periode program gadai tanpa bunga (bunga 0%) hingga akhir tahun 2020.

Program ini berlaku untuk masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman sampai batas maksimal Rp1 juta.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani mengatakan program bunga 0% ini sebagai bukti kepedulian perusahaan terhadap masyarakat selama pandemi Covid-19. Program Gadai Peduli telah diinisiasi Pegadaian sejak Mei 2020.

“ Kondisi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Karena itu Pegadaian memperpanjang program ini agar masyarakat dapat merasakan kehadiran perusahaan sebagai solusi keuangan yang tepat dalam memberikan solusi,” ujar Basuki.

Sampai akhir Agustus 2020 lalu, Pegadaian mencatat program bunga 0 persen ini sudah dimanfaatkan lebih dari 2 juta nasabah dengan total pinjaman Rp1,39 triliun. Rata-rata pinjaman yang diajukan adalah Rp690 ribu.

" Hal ini tentu membantu masyarakat dalam memperoleh solusi keuangan di tengah pandemi yang berdampak pada kondisi perekonomian,” jelas Basuki dikutip dari laman BUMN.

 

2 dari 4 halaman

Cara Dapat Pinjaman di Pegadaian

Seperti kegiatan gadai lainnya, masyarakat dapat mengajukan program tersebut dengan menggadaikan barang dan melampirkan fotokopi KTP dan mengisi formulir yang sudah disediakan di outlet-outlet Pegadaian.

Untuk saat ini Pegadaian membatasi satu keluarga hanya bisa memanfaatkan gadai bunga 0 persen ini untuk satu transaksi. Kebijakan ini dibuat agar program tersebut bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 Pegadaian dalam memberikan pelayanan juga menerapkan protokol pencegahan seperti mensyaratkan nasabah untuk dilakukan pengukuran suhu badan, mencuci tangan, memakai masker dan mengatur jarak dalam bertransaksi.

3 dari 4 halaman

Salurkan Rp36 T, Banyak Orang Gadai Barang ke Pegadaian Saat Corona

Dream - PT Pegadaian (Persero) menyalurkan pinjaman gadai konvensional dan syariah selama Januari-Maret 2020 sebesar Rp36,3 triliun. Penyaluran pinjaman tersebut naik Rp5,7 triliun dari periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp30,6 triliun.

" Artinya kinerja tahun ini jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu terdapat peningkatan sekitar 18 persen,” kata Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki kepada Liputan6.com, dikutip pada Selasa 28 April 2020.

Basuki mengatakan mayoritas barang yang digadai adalah emas dalam bentuk perhiasan maupun logam mulia dengan porsi mencapai 95 persen. Sisanya berupa motor, mobil, laptop, handphone, dan barang elektronik lainnya.

Peningkatan penyaluran pinjaman diduga dipicu masyarakat yang mulai dampak pandemi Covid-19. Kesulitan ekonomi membuat masyarakat menggadaikan barang-barangnya ke Pegadaian.

Selama wabah ini, tak ada syarat khusus atau mempersulit bagi masyarakat yang hendak menggadai barangnya di BUMN pergadaian pada masa wabah ini. Masyarakat cukup membawa KTP dan barang jaminan baik emas, barang elektronik maupun kendaraan, serta mengisi formulir permintaan kredit yang tersedia.

4 dari 4 halaman

Selama pandemi, perusahaan pelat merah ini memberikan pelayanan kepada nasabah dengan menerapkan protokol. Misalnya, pemeriksaan suhu badan dengan menggunakan thermal gun, mencuci tangan sebelum masuk unit/cabang, wajib memakai masker, dan menerapkan physical distancing.

Basuki menyebut tidak membatasi bagi masyarakat yang ingin menggadaikan jumlah barangnya.

“ Pada prinsipnya, secara umum Pegadaian tidak membatasi jumlah barang yang digadaikan oleh nasabah. Kecuali produk khusus gadai prima atau gadai tanpa bunga 0 persen, dengan pinjaman di bawah Rp 1 juta,” kata dia.

Sehingga produk gadai prima dibatasi satu keluarga satu kali akses. Oleh karena itu syarat pengajuan untuk mendapatkan produk ini adalah melampirkan copy kartu keluarga.

“ Produk ini efektif mulai 1 Mei 2020 sampai dengan 31 Juli 2020,” tutupnya.

(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

Terkait
Join Dream.co.id