Hijabers Community Berbagi Tips Bisnis untuk Muslimah

Dinar | Minggu, 6 Mei 2018 09:41
Hijabers Community Berbagi Tips Bisnis untuk Muslimah

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

`Muslimah itu lebih cepat pergerakannya`

Dream – Hijabers Community menggelar kegiatan HC Day 2018 di The Hall Senayan City. Dalam acara tersebut terdapat beberapa kegiatan, mulai dari talk show sampai pameran busana muslim.

Dalam acara talk show “ The Raise of Islamic Economy”, Ketua Bidang Ekonomi Kreatif IPEMI Pusat sekaligus CEO Dream.co.id, Temi Sumarlin berbagi pengalamannya di bidang bisnis.

“ Kami ingin mengajak para pengusaha muda muslim untuk saling sharing pengalaman. Karena diajarkan juga oleh Al Quran, bahwa jika ingin sholeh maka dekatlah dengan orang sholeh," ujar Temi, Sabtu, 5 Mei 2018.

Ia berujar, wanita muslim memiliki potensi yang baik dalam berbisnis. Bahkan, untuk urusan bisnis, justru Muslimah paling cepat “ jalannya”.

" Muslimah itu lebih cepet pergerakannya. Terutama yang grass root. Biasanya mulai di pengajian," kata Wakil Ketua Bidang Edukasi MES DKI Jakarta itu.

Menurutnya, hal yang paling utama ketika ingin memilki usaha adalah niat, perencanaan bisnis, belajar dari kegagalan, kreatif menentukan segmen usaha dan sharing dengan orang yang memiliki ilmu atau pengalaman.

" Yang penting itu belajar dari kejatuhan. Itu akan membentuk mental lebih kuat," kata dia.

Artis Haikal Kamil juga berbagi tips bisnis dalam acara ini. Adik kandung Zaskia Addya Mecca ini masih menggunakan sistem bisnis konvensional dalam berbisnis. Tapi, untuk keuangan, dia menggunakan perbankan syariah.

" Karena tidak semua orang berbisnis secara syariah," ujarnya.

Haikal mengaku punya beberapa bisnis dengan kakak-kakaknya. Untuk menjalankan bisnis keluarga, dia berbagi tips. Yang pertama harus dilakukan adalah memiliki akta hukum.

“ Walaupun ini bisnis keluarga, tetap harus ada hitam di atas putih, dengan akta notaris. Jika nanti ada masalah, maka akan ada kekuatan hukum,” kata dia.

Kemudian, ada pembagian kerja yang jelas. Tujuannya agar ada rasa saling menghargai tugas masing-masing jika terjadi suatu masalah.

Lalu, Haikal juga membedakan urusan keluarga dan pekerjaan. Dengan begitu, dia bisa bersikap profesional ketika sedang menjalankan bisnisnya.

Join Dream.co.id