Hemat Banget, Anak Kos Ini Hanya Habiskan Rp300 Ribu untuk Belanja Bulanan

Dinar | Jumat, 21 Januari 2022 12:35

Reporter : Alfi Salima Puteri

Anak kost ini hanya habiskan Rp300 ribuan untuk belanja keperluannya selama sebulan, di sebuah supermarket.

Dream - Seorang anak kost membagikan pengalamannya berhemat dalam belanja bulanan. Pemuda ini bahkan hanya memerlukan uang Rp300 ribu untuk belanja makanan sebulan.

Pemuda bernama Rafly ini punya pengalaman yang menarik untuk dibagikan. Lewat akun TikToknya @r4ploy, ia mengajak kita semua untuk mengikutinya berbelanja di sebuah supermarket.

Pada awal video, Rafly memperlihatkan uangnya yang berjumlah Rp500 ribu. Namun, uang tersebut tak dibawa semua untuk berbelanja.

" Kali ini gue sebagai anak kosan, mau belanja bulanan dengan budget Rp500 ribu. Eh ini kebanyakan sih. Kita bawa Rp300 ribu aja ya. Nah gue dapat apa aja nih dari Rp300 ribu. Eh tapi kayaknya kebanyakan sih. Rp300 ribu buat sebulan. Oke lets go," ujar Rafly dalam video yang diunggahnya pada Selasa 18 Januari 2022.

Setelah itu Rafly segera bersiap pergi ke supermarket. Tak lupa ia memakai masker dan membawa ransel untuk menaruh belanjaannya nanti.

" Di sini gue berangkat jam 8 (malam) padahal tutupnya jam 9. Ya gimana nggak buru-buru kan kaya uang kaget," candanya.

Hemat Banget, Anak Kos Ini Hanya Habiskan Rp300 Ribu untuk Belanja Bulanan
Foto: Tangkapan Layar Akun TikTok @r4ploy
2 dari 5 halaman

Sesampainya di supermarket, Rafly langsung mengambil sebuah troli dan segera menuju ke etalase yang pertama.

" Ambil troli terus kita first stop-nya di tempat saus, tapi yang pertama gue ambil yaitu bumbu. Nah gue pengen bikin tempe," ujarnya.

Setelah mengambil bumbu tempe goreng, ia juga mengambil tepung roti, penyedap rasa, sambal terasi, kecap, dan saus sambal.

" Lanjut, kita belanja nugget. Karena ini buat darurat ya kalau misalnya enggak masak," tutur Rafly.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya Rafly mengambil satu liter minyak goreng dan 15 buah mi instan berbagai jenis. Tak lupa ia mengambil dua sachet agar-agar karena ingin membuat rasa dan tekstur nasinya menjadi seperti salah satu restoran Jepang di Indonesia.

Setelah selesai berbelanja bahan makanan, tak lupa ia juga membeli keperluan mandinya.

" Kita belanja parfum, sikat gigi, ambil yang murah. Jujur pas gue liat harga sabun agak panik karena takut lebih," ucapnya.

Meskipun takut over budget, Rafly tetap memutuskan mengambil sabun cair dan sabun batangan, serta kondisioner rambut.

4 dari 5 halaman

Sebelum menuju kasir, ia juga mengambil beberapa makanan ringan, seperti chiki, wafer, dan biskuit. Terakhir, ia juga memasukkan mayonais ke dalam keranjang belanjanya. Saat di kasir, Rafly tak langsung memberitahu berapa total belanjaanya.

Sesampainya di rumah, ia segera mengeluarkan belanjaannya dan menatanya. Lalu barulah ia memperlihatkan struk belanjanya dengan total Rp361 ribuan.

" Nah budget gue tuh ternyata over. Gue habis belanja Rp361 ribu, tapi enggak apa-apa masih around Rp300ribuan. Moral value-nya jangan lupa dicatat kalau mau belanja, biar enggak laper mata," pesan Rafly.

5 dari 5 halaman

@r4ploy

udah hemat belom !!?

♬ suara asli - rfly
Join Dream.co.id