Hati-hati dengan Ketidakpercayaan di Kantor

Dinar | Senin, 15 Juli 2019 06:13
Hati-hati dengan Ketidakpercayaan di Kantor

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Selain membuatmu stres, kondisi ini bisa mendorong seseorang sakit jantung.

Dream – Selain pimpinan yang semena-mena dan rekan kerja yang menyebalkan, ada satu hal yang bisa membuatmu menyerah dengan pekerjaanmu. Satu hal itu adalah ketidakpercayaan.

Ironisnya, ketidakpercayaan di perusahaan bisa memicu seseorang menderita sakit jantung.

Dikutip dari Inc, Minggu 14 Juli 2019, International Journal of Environmental Research and Public Health merilis penelitian terhadap 412 ribu orang karyawan di Amerika Serikat.

Penelitian ini menyebut karakteristik tempat kerja yang memungkinkan orang sakit jantung adalah ketidakpercayaan.

World Poll Researcher and Analyst Gallup, Julie Ray, mengatakan kajian ini menemukan bahwa kepercayaan berkaitan dengan risiko sakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Survei yang menggunakan sampel dari pria dan wanita ini mengatakan karyawan yang bekerja di lingkungan yang tak terbuka dan tak ada rasa percaya, lebih besar mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Temuan ini penting karena sejumlah stres di tempat kerja tak bisa dihindari. Sulit untuk mengetahui harus memperbaiki masalah mulai dari mana.

Tapi, kalau ada rasa tidak percaya, ini bisa memberikan pertanda bahwa lingkungan kerja yang seperti itu harus dihindari. Ketidakpercayaan ini bisa saja muncul. Misalnya, bos kamu ramah kepadamu, tapi menusuk dari belakang. Nah, perilaku semacam ini bisa membuatmu tertekan.

Kalau kamu “ sayang hidup”, ada baiknya memilih hengkang daripada kamu merasa tertekan dengan sikap pimpinan yang tidak bisa kamu percaya.

2 dari 6 halaman

Studi: Semakin Tua, Karyawan Merasa Tambah Stres di Kantor

Dream – Setiap karyawan pernah merasakan stres di tempat kerja. Namun, karyawan senior lebih sering merasakannya.

Ini terungkap dalam kajian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 30 Januari 2019, banyak hal negatif di kantor yang bisa mempengaruhi kepuasan kerja antara karyawan muda dan pegawai tua. Malah, hal negatif itu lebih merugikan karyawan senior.

" Kepuasan kerja merupakan hak karyawan yang harus diberikan oleh para atasan, tak peduli muda atau muda. Kamu tentu tak ingin bekerja dengan kebijakan perusahaan seperti, karyawan muda diperlakukan begini sementara yang lebih tua diperlakukan begitu," kata professor psikologi Portland State University, Donald Truxillo.

 

 Studi: Semakin Tua, Karyawan Merasa Tambah Stres di Kantor

 

Kenyataannya, ada beberapa sistem sumber daya manusia yang sangat peka terhadap usia. Sistem itu sebaiknya lebih fokus terhadap pelatihan pada para manajer. Hal ini bertujuan agar para atasan bisa lebih peka terhadap kebutuhan karyawan sesuai dengan usia.

Studyfind menyebut tim peneliti melakukan survei terhadap 243 pegawai selama setahun. Umur respondennya di kisaran 24 tahun-64 tahun.

3 dari 6 halaman

Nyaman Jika Dihargai dan Didukung

Penelitian ini juga menemukan seluruh karyawan merasa lebih tenang saat mereka merasa dipercaya dan dihargai di tempat kerja. Saat kurang dukungan dan rasa dihargai, banyak karyawan merasa sangat tertekan.

Temuan ini menunjukkan tekanan sangat terasa kepada karyawan yang berusia lebih tua. Tapi, mereka akan merasa lebih berguna di tempat kerja jika ada interaksi bermakna dengan yang lebih muda.

Terlepas dari berbagai permasalahan di tempat kerja, semua karyawan muda dan tua akan merasa tertekan jika hubungannya buruk dengan atasan. Namun, kurangnya perhatian dari atasan juga punya dampak yang berbeda.

Karyawan yang lebih tua akan cenderung lebih tertekan dibandingkan karyawan muda jika dihadapkan pada situasi yang serupa.

(Sumber: Liputan6.com/Sisca Amelie F. Deil)

4 dari 6 halaman

Dream – Tugas kantor yang menumpuk bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah dan rentan terkena penyakit. Semakin buruk kebiasaan kamu di tempat kerja yang tanpa disadari membuat kamu mudah jatuh sakit.

Dikutip dari Karir.com, Kamis 6 Desember 2018, ada enam perilaku para pekerja yang sering dilakukan dan bisa membuatmu sakit. Yang mengejutkan, kebiasannya ini banyak dilakukan para pekerja. 

Nah daripada kamu jadi korban baru, yuk cari tahu apa saja kebiasaan sepele itu:

Pertama, duduk membungkuk.

Apa yang kamu lakukan ketika berada di kantor? Sebagian dari karyawan pasti banyak menghabiskan waktu duduk di kursi sambiil mengerjakan tugas yang menumpuk.

Ternyata kebiasaan yang kita anggap normal ini bisa menjadi penyebab kamu jatuh sakit. Kebanyakan duduk dengan membungkuk ternyata sangat berbahaya. Posisi duduk ini bisa membuat gangguan kesehatan dan masalah pada tulang belakang.

5 dari 6 halaman

Terlalu Sering Minum Kopi

Kedua, terlalu sering minum kopi.

Kebiasaan minum kopi di kantor bisa membuatmu sakit. Alih-alih mengusir kantuk atau membakar semangat, kopi bisa meningkatkan asam lambung, insomnia, gelisah, hingga jantung berdebar cepat.

 

 Terlalu Sering Minum Kopi

Ketiga, masuk kerja ketika sakit.

Berharap ingin menyelesaikan pekerjaan lalu, kamu biasanya akan memaksa masuk kerja karena sakit yang diidap dianggap ringan. Padahal keputusan itu malah membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

Sebaiknya, kamu izin untuk tidak masuk kerja ketika sudah merasa tidak enak badan. Jika dipaksakan tetap masuk, penyakitmu akan sembuh dalam waktu yang lama dan pekerjaan menjadi terganggu.

Jika terpaksa harus bekerja karena pekerjaan banyak, kamu bisa mencicil dengan membawa beberapa pekerjaan ke rumah untuk diselesaikan.

 

6 dari 6 halaman

Terlalu Lama Tatap Komputer

Keempat, menatap layar komputer.

Kamu pasti tahu bahaya ini. Menatap layar komputer dalam waktu lama akan membahayakan tubuh. Gangguan kesehatan yang baisa dialami adalah gangguan kesehatan pada mata.

Komputer dalam keadaan menyala akan memancarkan radiasi yang akan membuat mata cepat lelah, mata merah, perih, dan berair. Bahkan, radiasi akan mengakibatkan gangguan serius untuk mata, seperti mata minus.

 

 Komputer Supersensi Ini Bisa Marah Jika Pelanggan Kesal

 

Kelima, terpapar AC.

Bekerja di dalam ruangan ber-AC tentunya lebih nyaman dan membuat nyaman bekerja. Tapi, sering berada di ruangan AC bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Paparan AC akan membuat kulitmu menjadi kusam, kering, dan mata kering. Dinginnya AC bisa membuatmu merasa cepat lelah dan sakit kepala sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id