3 Investasi Properti yang Bisa Bikin Cuan Selain Rumah

Dinar | Rabu, 11 September 2019 11:12
3 Investasi Properti yang Bisa Bikin Cuan Selain Rumah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Investasi properti masih identik dengan rumah. Padahal ada yang tak kalah menguntungkan.

Dream Properti menjadi salah satu instrumen investasi yang disukai banyak orang. Mereka memilih menanam uangnya dalam produk apartemen atau rumah karena nilainya terus naik setiap tahun. 

Investasi dalam bentuk properti memang butuh penguasaan. Kamu harus belajar melatih insting aset yang diramalkan bakal jadi incaran.

Hasilnya, kamu bisa mendapatkan cuan yang cukup besar jika berhasil menemukan properti yang tepat.

Selain rumah, kamu bisa membeli jenis properti lain sebagai produk investasi yang menguntungkan. Nah berikut tiga jenis investasi properti yang menguntungkan, dikutip dari Koin Works, Rabu 11 September 2019.

2 dari 7 halaman

Kos-kosan atau Kontrakan

Investasi properti yang paling menguntungkan adalah kos-kosan atau kontrakan. Saat membuka bisnis kos-kosan, kamu akan mendapatkan penghasilan pasif setiap bulannya.

Misalnya,kamu membeli rumah dua lantai. Satu lantai bisa dibuat menjadi empat kamar. Kamu punya total kamar sebanyak delapan unit.

 Kos-kosan atau Kontrakan

 Jika satu kamar disewa dengan harga Rp1,7 juta, artinya kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif sebanyak Rp13,6 juta.

Sebelum membuka kos-kosan atau kontrakan, kamu harus mencari lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan kantor atau kampus. Tawarkan juga fasilitas ekstra yang memudahkan penyewa kos, misalnya ada AC, dekat dengan rumah makan, ada laundry, dan sebagainya. Jangan lupa riset agar harganya tidak di atas harga pasar, tapi fasilitasnya minim.

3 dari 7 halaman

Apartemen

Banyak orang membeli apartemen karena harganya lebih murah dibandingkan membeli rumah. Namun nyatanya, tidak semua orang menjadikan apartemen tersebut sebagai tempat tinggal. Banyak juga lho, yang menyewakannya kepada orang lain.

Apartemen pun menjadi salah satu jenis investasi properti paling menguntungkan karena fasilitasnya lebih lengkap daripada kos-kosan. Ada dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan kamar tidur sendiri.

Plus, terkadang ada apartemen yang harga sewanya tidak jauh berbeda dengan kos-kosan atau kontrakan.

Jika ingin mendapatkan penghasilan lebih, cobalah untuk menyewakan apartemen kosong yang dimiliki atau yang tidak ditempati. Lumayan lho, bisa menambah pundi-pundi di kantong.

4 dari 7 halaman

Ruko Atau Kios

Jenis investasi properti yang paling menguntungkan selanjutnya adalah ruko atau kios. Propertiy yang satu ini bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif, misalnya berjualan.

Jika ingin membuka kios, pilihlah lokasi yang strategis. Ini akan menjadi nilai plus bagi calon penyewa. Tentu kamu ingin usaha yang dijalankan penyewa ramai pembeli, kan? 

5 dari 7 halaman

Tips Investasi Properti Syariah, Insya Allah Berkah & Hati Tenang

Dream – Selain deposito, properti kini sudah banyak dijadikan salah satu produk investasi. Selain nilainya yang terus naik, aset properti seperti rumah atau apartemen bisa menjadi sumber pemasukan bulanan tambahan dengan cara disewakan. Jadi, trik ini bisa menambah pundi tabungan di masa depan.

Umat muslim juga kini bisa berinvestasi dengan lebih tenang. Banyak properti yang bisa didapat lewat pembiayaan sesuai syariah.

Dikutip dari keterangan Muslim Life Fest 2019, Senin 2 September 2019, Dewan Pengawas Properti APSI (Asosiasi Properti Syariah Indonesia) Hardiana, mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam properti syariah.

“ Pertama, yang harus kita hindari adalah riba. Kedua, tidaklah gharar (penipuan). Ketiga, harus terhindar zalim,” kata Hardiana di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

 Tips Investasi Properti Syariah, Insya Allah Berkah & Hati Tenang

Hardiana menyarankan umat muslim yang ingin berinvestasi dalam bentuk properti harus memperhatikan tiga hal. Salah satu aspek terpenting dalam membeli properti syariah adalah seorang calon pembeli harus mengetahui aspek legalitasnya terlebih dahulu.

“ Ketika akan membeli properti, kita harus mengetahui legalitasnya terlebih dahulu,” kata dia.

6 dari 7 halaman

Kantongi Izin Dampak Lingkungan

Legal ini berarti properti sah secara hukum dan agama. “ (Properti) memiliki produk hukum yang sesuai dengan peraturan pemerintah sesuai tempat tinggal,” kata dia.

Hardiana melanjutkan properti yang dipilih seharusnya mengantongi izin lingkungan dari pemerintah setempat. Kalau tak ada, sebaikbya dihindari karena berpotensi bermasalah.

“ Selain itu, calon pembeli juga bisa menanyakan siteplan kepada pengembang untuk memastikan keamananya,” kata dia.

7 dari 7 halaman

Dekat dengan Fasilitas Umum

Dalam memilih properti, biasanya seseorang akan mempertimbangkan kedekatan antara properti yang hendak dibeli dengan beberapa tempat umum seperti stasiun, halte dan bahkan jalan tol. Hal ini tidak salah.

Namun ada baiknya, calon pembeli juga harus memperhatikan tempat tinggal yang hendak ditempati dengan sejumlah tempat kegamaan. Misalnya masjid, sekolah Islam, dan rumah tahfiz. 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id