Harta Miliarder India Pesaing Amazon Bertambah Rp236 T

Dinar | Jumat, 27 Desember 2019 13:36
Harta Miliarder India Pesaing Amazon Bertambah Rp236 T

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kenaikan hartanya didorong oleh ini.

Dream - Tahun 2019 menjadi tahun yang baik bagi Mukesh Ambani. Kekayaan miliarder asal India ini melesat US$17 miliar (Rp236,67 triliun).

Dengan penambahan ini, kekayaan Ambani mencapai US$61 miliar (Rp849,23 triliun).

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat 27 Desember 2019, kenaikan harta Ambani ini didorong oleh harga saham Reliance Industries Ltd. Bloomberg dan Yahoo Finance mencatat, harga saham Reliance melesat hingga 38 persen.

Dia menghabiskan uang hampir US$50 miliar (Rp696,09 triliun) untuk membangun raksasa e-commerce lokal. Nantinya perusahaan ini akan berhadapan langsung dengan Amazon.com di India.

Ambani ini bermimpi untuk membangun perusahaan nirkabelnya menjadi nomor satu di India dalam tiga tahun usai debut perdana.

" Mukesh Ambani mengubah narasi untuk Reliance Industries sebagai pemimpin tidak hanya dalam minyak dan gas tetapi juga di bidang telekomunikasi dan ritel, dan mungkin juga dalam e-commerce," kata Kepala Investasi TCG Asset Management, Chakri Lokapriya, di Mumbai, India.

2 dari 6 halaman

Sanggup Identifikasi dan Eksekusi Cepat

Lokapriya menilai Ambani berhasil mengidentifikasi, berinvestasi, dan mengeksekusi dengan cepat tentang ekspansi bisnis ke bidang telekomunikasi.

“ Kami percaya ini berpotensi menggandakan nilai pemegang saham selama empat tahun ke depan,” kata dia.

Ambani sendiri merupakan orang yang berkeyakinan tinggi. Dikatakan bahwa bisnis yang lebih baru kemungkinan akan berkontribusi 50 persen dari pendapatan Reliance dalam beberapa tahun.

3 dari 6 halaman

Bisnis Operator Telepon yang Sukses

Harga saham Reliance yang melejit ini didorong oleh kesuksesan bisnis operator telekomunikasi. Nilai saham Reliance melesat hampir tiga kali lipat sejak akhir 2016.

Saat Jio masuk pasar India dengan panggilan gratis dan data murah, beberapa pemain lama terpaksa mundur atau bergabung dengan kompetitor.

Dengan lebih dari 350 juta pengguna, Jio mengantongi laba US$140 juta (Rp2,23 triliun) untuk kuartal September 2019. Dua operator swasta lainnya malah merugi.

4 dari 6 halaman

Investor Cemaskan Utang Reliance

Namun, para investor tetap waspada terhadap utang yang membengkak mencapai US$76 miliar (Rp1.058,06 triliun) dalam lima tahun terakhir. Reliance punya utang bersih 1,54 triliun rupee (Rp301,36 triliun) pada 31 Maret 2019.

Ambani telah berjanji untuk memangkas utang bersih grup menjadi nol pada awal 2021. Rencananya antara lain dengan menjual saham dalam bisnis minyak dan petrokimia Reliance ke Saudi Arabian Oil Co.

Kemudian mendaftarkan unit telekomunikasi dan ritel dalam lima tahun, penjualan aset menara dan mitra strategis untuk platform digital yang terhubung dengan Reliance Jio Infocomm Ltd., perusahaan telepon.

(Sumber: Liputan6.com/Nurmayanti)

5 dari 6 halaman

Rumah Rp14 Triliun Ini Terbesar Sejagat, Tapi Penghuninya Cuma 5 Orang

Dream – Setiap orang pasti mengidamkan tinggal di sebuah rumah yang besar dan mewah. Dengan beragam fasilitas yang tak semua orang bisa dapatkan. Namun tak selamanya mimpi itu indah.

Di India terdapat sebuah rumah yang didapuk sebagai yang termahal dan terbesar di dunia. Harganya mencapai US$1 miliar (Rp14,92 triliun).

Dilansir dari Mirror, Rabu 26 September 2018, rumah itu berada di Mumbai Selatan, India. Tinggi huniannya mencapai 570 kaki atau 173,76 meter. Rumah itu berada di daerah yang berpenduduk lebih dari 3 juta orang.

 Rumah ini punya 27 lantai.Rumah ini punya 27 lantai. © Shutterstock

Fasilitas rumah ini tak main-main. Hunian vertikal ini punya tiga helipad, beberapa kolam renang, dan 600 staf rumah tangga. Bahkan, hunian ini punya sebuah bioskop.

Ada juga sebuah ballroom besar di rumah ini dan 80 persen di antaranya dihiasi oleh lampu gantung. Kemudian. Rumah ini juga punya kebun outdoor di empat lantai.

Yang mengejutkan, rumah tersebut hanya dihuni keluarga yang jumlah anggotanya lima orang. Dilihat dari detailnya, rumah itu bukanlah milik orang sembarangan.

6 dari 6 halaman

Ternyata Punya Orang Kaya, Siapa Namanya?

Ya, rumah 27 lantai ini dimiliki seorang miliarder India. Namanya, Mukesh Ambani. Pria berusia 61 tahun ini merupakan seorang pebisnis yang menjalankan perusahaan migas, Reliance Industries.

 Mukesh AmbaniMukesh Ambani © Shutterstock

Majalah Forbes menobatkan Ambani sebagai pria terkaya di India pada 2017. Hartanya mencapai US$34 miliar (Rp507,37 triliun).

Di rumah ini, Ambani tinggal bersama istrinya, Nita, dan 3 orang anak. Uniknya, rumah itu diberi nama Antilia. Properti ini dinobatkan sebagai rumah pribadi yang mencapai US$1 miliar pada 2010.

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id