Hari Terakhir Sensus Penduduk 2020 Online, Situs BPS Tak Bisa Diakses

Dinar | Selasa, 31 Maret 2020 11:23
Hari Terakhir Sensus Penduduk 2020 Online, Situs BPS Tak Bisa Diakses

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Server down?

Dream – Sensus penduduk lewat online yang disediakan Badan Pusat Statistik (BPS) akan resmi berakhir hari ini, Selasa, 31 Maret 2020. Masyarakat bisa mengakses situs ini dengan mengetik alaman sensus.bps.go.id. 

Jelang penutupan pengisian online Sensus 2020 ini, laman BPS hingga siang ini sulit diakses untuk sementara.

Dream sempat mencoba mengakses situ sini sekitar pukul 10.57 WIB, setelah lama menunggu laman sensus online milik BPS ini tak bisa diakses.

Pengelola website BPS melaporkan akses login sensus penduduk online ini sedang dipenuhi banyak pengunjung.

“ Terima kasih telah mengakses sensus.bps.go.id. Saat ini akses ke halaman kami sedang penuh. Harap mencoba kembali beberapa saat lagi. mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis BPS di laman tersebut.

Laman tak bisa diakses.© sensus.bps.go.id

2 dari 4 halaman

Cuma Lima Menit

Sekadar informasi, survei online ini merupakan Sensus Penduduk 2020. Sensus itu sendiri sudah dimulai sejak 15 Februari-31 Maret 2020. Kamu bisa mengakses laman sensus.bps.go.id untuk mengisi data kependudukan.

Kalau sudah mengisi data secara mandiri, petugas sensus tak perlu lagi mendatangi rumah penduduk untuk mengisi survei secara door to door pada Juli 2020.

Pengisian survei ini tidaklah makan waktu yang lama. Kurang lebih kamu menghabiskan waktu 5 menit untuk mengisinya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengisi Data Sensus Penduduk Online BPS

Untuk mengisi Sensus Penduduk, kamu cukup mempersiapkan KTP online dan kartu keluarga (KK). Setelah sudah mempersiapkannya, silakan masuk ke laman sensus. bps.go.id. Jangan lupa untuk memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Kemudian, klik kota ksoong pada captcha dan klik “ Cek Keberadaan”.

Kalau pertama kali mengisi sensus online, kamu harus membuat kata sandi dan pilihan pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Kemudian, buat password.

Masukkan kata sandi yang dibuat, lalu “ masuk”. Bacalah panduan awal tentang sensus dan mulailah mengisi. Harap dicatat, jawablah pertanyaan dengan jujur dan sebenar-benarnya.

Kamu akan diminta untuk mengisi data alat tinggal, kondisi tempat tinggal, data keluarga, dan aktivitas sehari-hari. Setelah mengisi, klik tombol “ kirim”. Lalu, unduh bukti pengiriman pada e-mail pribadi yang aktif.

 

4 dari 4 halaman

Siapkan Data Tambahan

Untuk dokumen tambahan, kamu juga akan diminta untuk mempersiapkan buku nikah, dokumen cerai, atau surat keterangan kematian jika ada perubahan data anggota keluarga.

Perlu dicatat, BPS hanya membuka sensus online di laman sensus.bps.go.id dan tidak pernah membuat aplikasi sensus. 

Selamat mengisi!

Terkait
Join Dream.co.id