80% Pembeli Rumah Pertama dari Anak Milenial, Simak Dulu Tips Beli Properti Biar Gak Menyesal!

Dinar | Rabu, 18 Mei 2022 07:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Tabungan untuk uang DP rumah sudah ada, yuk simak dulu tips memberi rumah agar tak salah memilih.

Dream - Setiap pasangan muda tentu memiliki rumah impian masing-masing. Ketika masih usia produktif, banyak yang berusaha menyimpan uang dalam tabungan untuk bisa membayar uang muka untuk kemudian melunasinya lewat metode cicilan.

Senior Marketing Manager PT Adhouse Clarion Events (ACE), Abdi Fajrin di sela Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX), Selasa 17 Mei 2022 mengungkapkan hampir 80 persen pembeli rumah adalah kaum milenial dengan first home buyers atau membeli rumah pertama.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, Abdi membagikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah.

80% Pembeli Rumah Pertama dari Anak Milenial, Simak Dulu Tips Beli Properti Biar Gak Menyesal!
Shutterstock
2 dari 5 halaman

1. Jangan Cuma Fokus Uang DP

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Saat mencicil rumah biasanya terdapat besaran DP atau pembayaran uang muka. Padahal masih banyak pembayaran lain yang harus diperhatikan.

“ Pertama saat membeli properti harus rencanakan biaya selain DP, biasanya hanya terpikir uang muka saja padahal biaya lain seperti asuransi hingga akad dan pembayaran lainnya bisa mencapai 3 persen harga rumah,” tambah Abdi.

 

3 dari 5 halaman

2. Pilih Akses Strategis

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Pilihlah lokasi yang strategis dan sedang berkembang. Karena tempat yang terus berkembang akan memudahkan untuk akses ke tempat umum.

Contohnya seperti properti di kawasan kota yang sedang berkembang atau dekat dengan pembangunan mall atau transportasi massal menjadi hal penting.

“ Akses sekitar menjadi poin yang penting, apakah ada rumah sakit, sekolah, kendaraan umum dan akses lainnya yang dibutuhkan. Hal ini harus diperhatikan,” tambah Abdi.

4 dari 5 halaman

3. KPR

Harga rumah tidaklah murah, sebaiknya selaraskan daya beli dengan tempat tinggal yang dipilih.

Dana pun harus disesuaikan dengan tempat tinggal yang kita incar, sekaligus biaya-biaya tambahan seperti perbaikan dan pajak juga wajib diperhitungkan.

Mendukung para generasi muda, Pameran Indonesia Properti Expo bekerja sama dengan Bank BTN menawarkan suku bunga 2,22%, melalui program BTN Property for Millennials dalam pagelaran pameran Indonesia Properti Expo 2022, tanggal 15-22 Mei 2022 di Jakarta Convention Center Senayan. 

Promo yang ditawarkan termasuk jangka waktu cicilan KPR hingga 30 tahun dan potongan biaya-biaya seperti provisi, administrasi dan diskon asuransi. Tahun ini, pameran Indonesia Properti Expo menargetkan mayoritas konsumen dari kaum millennial dan first-home buyers. 

“ Tipsnya saat mengajukan KPR, selesaikan dulu cicilan yang ada. Bahkan cicilan kecil paylater sekecil kopi, karena ini bisa saja mengurangi platform,” tambah Abdi.

5 dari 5 halaman

4. Manfaatkan Promo

Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) akan menggelar promo menarik melalui acara flash sale yang melibatkan sejumlah pengembang, mulai dari down payment (DP) 0% , free biaya-biaya lain, serta diskon hingga Rp100 juta. 

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Acara Flash Sale ini akan menjadi ajang mendapatkan transaksi menarik bagi calon pembeli properti yang berada di seluruh Indonesia, karena flash sale dapat disaksikan secara online maupun offline. Mereka tetap bisa memperoleh promo menarik seperti DP nol persen pengembang,” tambah Abdi.

Mohamad Eka Mulya Akbar Marketing Director Pesona Remboelan Corp mengatakan acara Flash Sale dinilai akan sangat membantu bagi pencari hunian yang belum sempat berkunjung di pameran properti.

“ Pagelaran IPEX ini  adalah momentum kebangkitan pasar properti setelah dua tahun mati suri. Ini juga terlihat dari antusiasme pengunjung yang ramai datang ke Booth kami dan menghasilkan banyak penjualan,” tambah Mohamad Eka Mulya Akbar.

Join Dream.co.id