Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Garuda Indonesia Tunjuk 2 Direktur Baru

Garuda Indonesia Tunjuk 2 Direktur Baru Garuda Indonesia Memiliki Dua Pejabat Pelaksana Harian. (Foto: Shutterstock)

Dream - PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) bergerak cepat setelah kementerian BUMN memecat sejumlah direksi perusahaan. Pelaksana tugas Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal telah menunjuk dua direksi untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pejabat lama.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 10 Desember 2019, dua direksi baru yang diangkat tersebut adalah Muktharis yang ditempatkan sebagai direktur teknik dan layanan dan Capt. Tumpal Manumpak Hutapea sebagai pejabat direktur operasi.

Penunjukan ini sesuai dengan ketentuan KM No. 25 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara dan CASR 121.59.

“Kedua pejabat direktur tersebut bertanggung jawab langsung kepada Plt. Direktur Utama dalam menjalankan tugasnya,” kata dia di Tangerang, Banten.

Penunjukan tersebut dilakukan menyusul keputusan Dewan Komisaris yang memberhentikan sementara empat direksi Garuda Indonesia sebelumnya, termasuk diantaranya Iwan Joeniarto dari jabatannya sebagai Direktur Teknik dan Layanan dan Capt. Bambang Adisurya dari jabatannya sebagai Direktur Operasi.

“Penetapan seluruh personil tersebut akan berlaku hingga dilaksanakannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia dalam waktu dekat,” kata dia.

Fuad memastikan operasional penerbangan maskapai berjalan lancar, terutama untuk periode peak season Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. “Dengan penunjukan tersebut, Garuda Indonesia memastikan seluruh kegiatan bisnis akan tetap berjalan sesuai rencana kerja perseroan,” kata dia.

Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Garuda yang Terlibat Penyelundupan Harley

Dream - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bertemu denan Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia pada Sabtu 7 Desember 2019. Mereka membahas tindak lanjut pemecatan Ari Ashkara dari kursi Direktur Utama maskapai pelat merah tersebut.

"Pertemuan tersebut menyepakati pemberhentian sementara waktu bagi seluruh anggota Direksi yang terindikasi terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton," demikian pernyataan tertulis Kementerian BUMN yang diterima Dream.

Dewan Komisaris akan mengangkat pelaksana tugas untuk jabatan Direksi yang diberhentikan sementara tersebut pada kesempatan pertama. Sebelumnya, Dewan Komisaris Garuda telah menerbitkan Keputusan Dewan Komisaris Nomor: DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt. Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk disamping melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Erick meminta Komite Audit agar tetap melakukan investigasi lanjutan terhadap kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam penerbangan ferry flight pesawat Garuda Indonesia GA9721 jenis Airbus A330-900 Neo yang datang dari pabrik Airbus di Prancis pada 17 November di Soekarno-Hatta Cengkareng.

Terkait kasus ini, Erick berpesan agar seluruh karyawan Garuda Indonesia dapat menjalankan tugasnya seperti biasa dan tidak terganggu dengan adanya restrukturisasi. "Saya minta seluruh karyawan Garuda Indonesia tetap memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpang pesawat," kata Erick Thohir.

Fuad Rizal Diangkat Pelaksana Tugas Dirut Garuda Indonesia

Dream - Direktur Keuangan dan Managemen Risiko Garuda Indonesia, Fuad Rizal, dipercaya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama. Keputusan itu dibuat Dewan Komisaris Garuda Indonesia No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019.

Keputusan tersebut diambil setelah Menteri BUMN, Erick Thohir, membebastugaskan Ari Askhara dari jabatan Dirut. Ari diduga terlibat dalam kasus penyelundupan motor Harley Davidson dalam kargo pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia yang baru dibeli.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan, mengatakan Fuad akan bertugas hingga Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) digelar.

"Plt Direktur Utama memastikan bahwa kegiatan bisnis dan operasional akan tetap berjalan sesuai dengan rencana kerja Perseroan," ujar Ikhsan melalui keterangan tertulis diterima Dream, Jumat 6 Desember 2019.

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan Garuda akan melaksanakan segala hal untuk penyelenggaraan RUPSLN sesuai Anggaran Dasar dan peraturan yang terkait.

"Perseroan akan melakukan evaluasi secara berkesinambungan dalam proses bisnis yang berjalan serta berkomitmen untuk terus mengedepankan dan melaksanakan prinsip tata kelola perusahaan yang baik dengan mematuhi aturan yang berlaku," ucap dia

Cerita Anak Buah yang Gagal Pasang Badan Buat Sang Dirut Garuda

Dream - Seorang pegawai PT Garuda Indonesia Tbk berinisial SAS dilaporkan berusaha pasang badan dalam kasus penyelundupan Harley Davidson yang dibawa menggunakan armada baru maskapai pelat merah ini. SAS awalnya mengaku jika motor mahal tersebut adalah pesanannya.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan jika pemilik asli motor Harley tersebut adalah AA. Inisial ini santer dikaitkan dengan nama Ari Ashkara, direktur utama dari maskapai tersebut.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, AA yang merupakan anak buah Dirut Garuda Indonesia mengaku memesan onderdil Harley Davidson tersebut melalui account eBay.

"Jadi katanya sudah lama melakukan pembelian account eBay," ujar Sri Mulyani.

Dari pengakuan tersebut, petugas Kemenkeu berusaha meminta klarifikasi termasuk meminta nomor kontak dari penjual onderdil motor mahal tersebut

Ternyata kejanggalan tak hanya pada pengakuan SAS. Kemenkeu juga menelusuri keuangan pegawai itu dan menemukan adanya utang senilai Rp30 juta di rekening SAS. Uang tersebut dipakai ntuk merenovasi rumah.

"Kita sudah lihat transfer uang dari SAS ke rek istri sebanyak 3 kali senilai Rp 50 juta," katanya.

Diungkapkan Menkeu, petugas juga menemukan fakta jika SAS tidak memiliki hobi sepeda motor gede jenis Harley Davidson. Selama ini, SAS lebih banyak bermain dengan sepeda.

"Kita ketahui dia tidak punya hobi itu tapi impor Harley. Jadi mungkin dari sepeda ke sepeda motor," papar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan jika dari hasil penelusuran SAS terbukti secara sah dan benar melakukan pemalsuan keterangan, pegawai Garuda tersebut akan dikenakan konsekuensi hukuman pidana.

"SAS mencoba pasang badan mereka yang beri keterangan tidak benar untuk pemenuhan kewajiban kepabeanan tentu memiliki konsekuensinya," jelas dia.

Ke depan, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, akan terus meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang yang masuk ke Indonesia. Menurutnya, hal tersebut tidak bisa hanya dilakukan oleh Kemenkeu tetapi juga seluruh pemangku kebijakan

Siasat Sang Dirut Beli dan Angkut Moge Harley Pakai Pesawat Baru Garuda

Dream - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengungkapkan motor Harley Davidson Shovelhead yang diangkut pesawat Garuda GA 9721 diduga milik salah satu pegawainya berinisial AA. Hal itu diketahui dari hasil penelusuran yang dilakukan komite audit. 

"Komite audit disebutkan mempunyai kesaksian tambahan siang ini bahwa motor HD diduga milik saudara AA," ujar Erick di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

Dari hasil penelusuran tersebut, Erick selaku kuasa pemegang saham pemerintah di Garuda Indonesia memutuskan untuk memecat Direktur Utama Garuda, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Inisial AA yang disebutkan menteri BUMN sama dengan sapaan Ari Ashkara yang merupakan nama pendek dari Dirut Garuda tersebut.

Menurut Erick, diangkutnya motor Harley menggunakan pesawat yang baru didatangkan Garuda ini berasal saat AA memberikan instruksi ke anak buahnya untuk mencari Harley Davidson Shovelhead tahun 1970.

Keinginan tersebut akhirnya terwujud saat motor yang dicarinya akhir ditemukan. Proses pembelian motor klasik itu terjadi pada April 2019.

Dalam menjalankan transaksinya, uang pembelian motor oleh AA itu ditransfer melalui rekening pribadi SAS yang menjabat Senior Finance Manager Garuda.

"Proses transfer dari Jakarta dilakukan ke rekening pribadi Finance Manager Garuda di Amsterdam," kata dia.

Setelah dana diterima, AA meminta bantuan seseorang berinisial IJ untuk proses pengiriman Harley Davidson Shovelhead tersebut.

”Saudara IJ membantu mengurus proses pengiriman dan lain-lain, tapi akhirnya seperti ini," kata dia.

Dipecat Menteri BUMN

Dream - Menteri BUMN, Erick Thohir, memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang biasa disapa Ari Askhara. Pemecatan ini berkaitan dengan kasus dugaan penyelundupan sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead.

“Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN tentu akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda Indonesia,” kata Erick di Jakarta, Kamis 5 November 2019.

Pemecatan akan dilakukan melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia. Untuk menjalankan operasional perusahaan, Kementerian BUMN akan segera menunjuk pelaksana tugas dirut.

“Kami akan terus melihat lagi oknum-oknum yang akan tersangkut di dalam kasus ini,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Jual Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Jual Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Tito meminta Menhub Budi Karya Sumadi mengumpulkan para maskapai agar mengatur harga tiket pesawat tidak terlalu mahal.

Baca Selengkapnya
Daftar 25 Maskapai Penerbangan Teraman 2024, Ada Garuda Indonesia?

Daftar 25 Maskapai Penerbangan Teraman 2024, Ada Garuda Indonesia?

Maskapai mana yang menjadi masakpai teraman di dunia tahun 2024?

Baca Selengkapnya
Segini Kerugian Japan Airlines Usai Pesawatnya Terbakar di Bandara Haneda Tokyo

Segini Kerugian Japan Airlines Usai Pesawatnya Terbakar di Bandara Haneda Tokyo

Kerugian yang diperkirakan Japan Airlines setelah pesawatnya terbakar

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Selain Angka 13, Terkuak Alasan Seat Kursi Pesawat Tak Ada Nomor 17

Selain Angka 13, Terkuak Alasan Seat Kursi Pesawat Tak Ada Nomor 17

Namun, asal-usul takhayul terhadap angka 13 sendiri masih belum jelas.

Baca Selengkapnya
Ganjar Pranowo Kasihan Pilot Indonesia Masih Pakai Pesawat Bekas

Ganjar Pranowo Kasihan Pilot Indonesia Masih Pakai Pesawat Bekas

Ganjar Pranowo kasihan dengan pilot yang masih memakai pesawat bekas

Baca Selengkapnya
2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat itu.

Baca Selengkapnya
Segini Harga Pesawat Japan Airlines yang Terbakar di Bandara Haneda, Tokyo

Segini Harga Pesawat Japan Airlines yang Terbakar di Bandara Haneda, Tokyo

Segini harga pesawat Japan Airlines airbus A350-900.

Baca Selengkapnya
Tidak Sengaja Bawa Makanan dari Pesawat, Keluarga Ini Hampir Kena Denda Rp50 Juta

Tidak Sengaja Bawa Makanan dari Pesawat, Keluarga Ini Hampir Kena Denda Rp50 Juta

Keluarga ini hampir terkena denda hingga AUD 5.000 atau Rp50 juta

Baca Selengkapnya
10 Maskapai Penerbangan Paling On-Time di Asia Pasifik, Ada Garuda Indonesia!

10 Maskapai Penerbangan Paling On-Time di Asia Pasifik, Ada Garuda Indonesia!

Ini daftar maskapai penerbangan paling tepat waktu di Asia Pasifik

Baca Selengkapnya