Gaji Rp5 Juta Bisa Beli Rumah? Ini Strateginya

Dinar | Rabu, 2 Januari 2019 15:15
Gaji Rp5 Juta Bisa Beli Rumah? Ini Strateginya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan khawatir, berikut strategi jitu yang bisa wujudkan impianmu.

Dream – Rencana membeli rumah sebisa mungkin harus dilakukan ketika muda dan produktif. Ketika belum berkeluarga, kamu lebih mudah membayar angsuran tanpa dibebani dengan keperluan bulanan yang menguras penghasilan.

Jika pendapatanmu di kisaran Rp5 juta, tak perlu khawatir dan sulit memiliki rumah idaman. Kamu bisa memilih rumah Rp200 juta yang bisa menjadi incaran.

Dikutip dari Rumah.com, ada dua langkah yang perlu kamu lakukan agar bisa membeli rumah dengan gaji Rp5 juta.

Pertama, menghitung pengeluaran bulanan. Metode membeli rumah melalui pembiayaan bank bisa menjadi pilihan. Kalau dapat pembiayaan dari bank, usahakan angsurannya maksimal sepertiga dari penghasilan rutin.

Misalnya, gajimu Rp5 juta per bulan. Maka, kemampuan bayar cicilan per bulan maksimal adalah Rp1,5 juta.

Atau, kamu bisa mencari beberapa bank yang mengizinkanmu mengangsur maksimal Rp2 juta per bulan.

Dengan angka itu, kamu harus bisa menghitung dengan cermat besar pengeluaran rutin setiap bulan. Jangan sampai melebihi angka Rp2,5 juta per bulan. Tujunnya agar ke depannya tak merasa berat ketika membayar angsuran.

2 dari 2 halaman

Siapkan Uang Muka

Kedua, menyiapkan uang muka. Bank Indonesia telah menetapkan besaran uang muka sekitar 15 persen dari harga rumah. Namun ada juga beberapa pengembang yang menetapkan besaran uang muka hanya 5 persen sebagai harga promosi.

Agar aman, siapkan uang muka kira-kira Rp30 juta sebelum mengajukan permohonan KPR. Meskipun demikian, tetapkan target tabungan yang lebih tinggi, sekitar Rp50 juta untuk menutup biaya ekstra yang diperlukan ketika KPR disetujui.

Perlu diingat, semakin besar uang muka, beban cicilan akan semakin ringan. Kamu bisa mencicil Rp50 juta jika mengumpulkan Rp2 juta per bulan.

Semoga bermanfaat!

(Ism)

Join Dream.co.id