Gaji Rp250 Ribu per Bulan, Guru Honorer Banting Setir Jadi Perias, Omset-nya Bikin Melongo

Dinar | Senin, 25 Oktober 2021 12:48

Reporter : Arini Saadah

Guru honorer ini banting setir jadi MUA pengantin, omsetnya capai ratusan juta per bulan.

Dream - Nasib guru honorer sudah kerap menjadi sorotan karena gajinya yang memprihatinkan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, guru honorer harus memutar otak demi mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak dari mereka yang nyambi jadi pengusaha. Namun tak sedikit pula yang meilih profesi gurunya.

Seperti kisah yang datang dari seorang guru honorer wanita berikut ini. Wanita ini mengaku sempat kesulitan ekonomi karena gajinya hanya sebesar Rp250 ribu per bulan.

Karena tidak mencukupi kebutuhannya, ia akhirnya memutuskan untuk banting setir menjadi perias pengantin. Tak disangka usai memilih jadi perias, wanita itu kini justru memiliki omset hingga ratusan juta rupiah per bulan dari pekerjaan barunya itu.

Penasaran seperti apa kisahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Gaji Rp250 Ribu per Bulan, Guru Honorer Banting Setir Jadi Perias, Omset-nya Bikin Melongo
Ilustrasi Kisah Wanita Mantan Guru Honorer Yang Banting Setir Jadi MUA Pengantin. (Foto: TikTok/@alkenwedding)
2 dari 4 halaman

Iseng Bikin YouTube

Seperti yang tampak dari unggahan akun TikTok @alkenwedding, sebuah video berisi curhatan seorang mantan guru honorer. Kisah itu bermula saat dirinya menjadi seorang guru honorer. Ia digaji hanya Rp250 ribu setiap bulannya.

 Ilustrasi© Instagram/@alkenwedding

" Dulu saya seorang guru honorer dgn gaji Rp250rb perbulan. Saya juga datar kerja dikantor2 tapi tidak pernah ketrima," tulis keterangan video.

Menurutnya gaji tersebut tidak memenuhi kebutuhannya. Akhirnya ia mencoba mencari penghasilan tambahan dengan menjadi YouTuber. Konten YouTube-nya membahas tentang makeup. Berawal dari keisengannya itu, rupanya usaha tersebut membuahkan hasil. Dari konten tersebut, ada orang yang meminta jasa riasnya hingga mendapat penghasilan lumayan menggiurkan.

" Kemudian saya berusaha ngonten di youtube dan alhamdulillah dapet gaji hampir 10jt. Dari youtube saya iseng bikin self makeup. Ada yg minta dimakeupin waktu nikah dan dibayar seikhlasnya, waktu itu diamplopin 300rb," katanya.

3 dari 4 halaman

Banting Setir Jadi Perias

Penghasilan yang didapat dari kegiatan barunya lumayan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Hingga akhirnya ia lebih memilih resign dari guru honorer dan memilih serius merintis bisnisnya sebagai MUA pengantin. Keputusannya itu sempat diremehkan, namun wanita ini mengaku yakin dengan pilihannya.

 Ilustrasi© Instagram/@alkenwedding

" Kemudian saya resign dari guru dan merintis bisnis ini. Kata mereka 'udah jadi guru kok malah jadi perias'," katanya.

" Prinsip saya. Kerja itu yang dicari uang dan kenyamanan. Gak munafik, saya lebih bahagia karna penghasilan jadi mua jauh lebih besar dari yg dulu," lanjutnya.

© Dream
4 dari 4 halaman

Omset-nya Bikin Melongo

Alhasil wanita ini serius dengan bidang baru yang ia geluti yakni jadi MUA pengantin. Tak disangka, mantan guru honorer ini mendapatkan omset hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

" Dgn omset perbulan bisa sampai ratusan juta. siapa yg gak happy," pungkasnya.

Video yang menceritakan kisah hidup mantan guru honorer itu pun sontak mendapat beragam komentar dari warganet.

" Bener banget, aku juga pernah jadi guru TK sebulan di gaji 150rb, Setahun udah nyerah," kata @dewial***

" Aku juga guru. Dan berniat fokus buka usaha. Jadi guru memang pengabdian tidak bisa mengharapkan gaji yg besar," tulis akun @filma***

" Saya juga guru, saya juga punya bisnis dekorasi. Jadi guru memang harus besar hati salah tempat kalau jadi guru mengharapkan kesejahteraan. Guru pengabdian bukan pekerjaan," kata akun @tafiq***

" Saya Guru dan Suami Fotografer, disuruh belajar tata rias dan diarahkan banting setir jadi MUA biar seirama dan aku tolak mentah-mentah...aku tau diriku...biarkan aku jadi diriku sendiri... hidup memang pilihan," ungkap akun @nafisa***

 

@alkenwedding

Rencana Allah memang lebih indah🥰

♬ suara asli - hooman ◡̈ - 𝙃𝙪𝙢𝙖𝙣 ◡̈
Join Dream.co.id