Fakta Tentang Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh yang Wajib Milenial Tahu

Dinar | Jumat, 23 Agustus 2019 09:00
Fakta Tentang Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh yang Wajib Milenial Tahu

Reporter : Zaki

Lebih jauh tentang Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh ini, cek beberapa fakta yang wajib diketahui milenial berikut, yuk!

Aceh dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang begitu luar biasa dalam menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Tak mengherankan Sahabat Dream jika beragam Peraturan Daerah (Perda) atau Qanun pun disahkan berdasarkan prinsip Islam.

Yang terhangat dan kembali jadi perbincangan, pemerintah Bumi Serambi Mekkah telah mengeluarkan Qanun tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Aturan tersebut memberikan kewajiban pada seluruh lembaga keuangan di Aceh untuk menyesuaikan dan segera beralih ke sistem syariah, termasuk konversi bank konvensional ke syariah.
Lebih jauh tentang Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh ini, cek beberapa fakta yang wajib diketahui milenial berikut, yuk!

Pengertian dan Tujuan Penerapan Qanun

Sebelum mendalami lebih jauh tentang Qanun LKS di Aceh, Sahabat Dream perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian Qanun. Bila ditengok dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Qanun memiliki arti undang-undang; peraturan; hukum; kaidah. Di Aceh sendiri, penerapan Qanun agar bank konvensional segera dikonversi jadi bank syariah punya tujuan sendiri, yaitu menghapuskan sistem riba yang masih dipraktikkan di Bumi Serambi Mekkah. 

Aturan yang Tertuang dalam Qanun No 11 Tahun 2018

Hal ini juga telah disahkan tepat pada akhir 2018 lalu lewat Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah. Dalam peraturan tersebut disebutkan jika bank konvensional dan lembaga jasa keuangan lain di Aceh harus segera beralih ke syariah paling lambat tiga tahun sejak diterapkannya Qanun tersebut.

Lembaga Keuangan Harus Segera Menyesuaikan

Melihat tenggat waktu yang dituliskan dalam Qanun tersebut, setidaknya tepat pada 2021 nanti seluruh bank dan Lembaga Keuangan di Bumi Serambi Mekkah telah beralih ke syariah.

©Instagram/cimb_niaga

Menghadapi Qanun LKS yang berlaku di Aceh ini, CIMB Niaga Syariah siap bersaing dengan memberikan layanan terbaik berdasarkan syariat Islam. Dengan begitu, kamu bisa tenang menikmati beragam fitur keren yang dipersembahkan oleh CIMB Niaga Syariah. Ada banyak layanan yang bisa kamu dapatkan, seperti Tabungan iB On Account, Wakaf dan Zakat, hingga aplikasi New Go Mobile. Ingin tahu lebih lanjut?

Tabungan iB On Account memberikan banyak benefit, di mana kamu bisa menabung dan gratis data hingga 3 GB setiap bulannya dari XL, Telkomsel, atau Indosat Ooredoo yang bikin transaksi makin dinamis. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menikmati bebas biaya administrasi bulanan dan kartu debit, bebas biaya transfer via CIMB Clicks dan Go Mobile, dan bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama, Prima, ATM CIMB Bank (Malaysia, Singapore, Thailand, dan Cambodia),  MEPS (Malaysian Electronic Payment System), serta jaringan Mastercard/Cirrus.

©Instagram/cimb_niaga

Kalau rajin menabung, kamu bisa menjadi nisbah yang kompetitif. Yang paling menarik tentu saja kehadiran aplikasi Go Mobile yang bakal memudahkan nasabah CIMB Niaga Syariah dengan berbagai fitur mengagumkan, seperti informasi rekening, transaksi perbankan, kirim laporan rekening, dan lain sebagainya.

Buktikan sendiri yuk beragam features keren CIMB Niaga Syariah yang telah menerapkan prinsip-prinsip syariah. Info lebih lanjut, klik di sini.

Terkait
Join Dream.co.id