Eropa Dilanda Krisis Energi, Warga Rusia Malah Nyalakan Kompor Gas 10 Hari Nonstop Disiarkan Langsung

Dinar | Jumat, 30 September 2022 15:46

Reporter : Alfi Salima Puteri

Video yang disiarkan itu memperlihatkan empat tungku pada kompor gas yang dinyalakan seluruhnya, namun tak dipakai untuk memasak.

Dream - Netizen Rusia punya cara tersendiri untuk membuat kesal warga Eropa yang saat ini sedang menderita akibat mahalnya harga energi.

Dikutip dari Oddity Central, Jumat 30 September 2022, seorang netizen Rusia menyalakan kompor gas selama 10 hari nonstop dan disiarkan langsung di aplikasi berbagi video Twitch.

Siaran itu dimulai pada 11 September oleh pemilik akun bernama russiangas1. Video yang disiarkan itu memperlihatkan empat tungku pada kompor gas yang dinyalakan seluruhnya, namun tak dipakai untuk memasak.

Di dekat kompor gas yang menyala tersebut, si pemilik akun meletakkan jam untuk menunjukkan waktu serta membuktikan bahwa video itu tak dipotong ataupun diulang.

Tampak pula termometer digital untuk membutkikan betapa hangatnya suhu ruangan. Bukan hanya itu, pemilik akun juga menambah panas netizen yang menonton, yakni ia menuliskan berapa uang yang dikeluarkan untuk membayar tagihan gas.

Hasilnya cukup mengejutkan yakni hanya sebesar 1,44 euro atau sekitar Rp21.525 per bulan.

Eropa Dilanda Krisis Energi, Warga Rusia Malah Nyalakan Kompor Gas 10 Hari Nonstop Disiarkan Langsung
Foto: Oddity Central
2 dari 3 halaman

Selama 3 hari pertama live streaming, tak ada satu pun yang menonton siaran langsung milik akun russiangas1. Namun setelah itu ada seseorang yang menonton lalu membagikannya.

Beberapa hari kemudian atau tepatnya pada 17 September tayangan itu menjadi viral dan menuai berbagai reaksi yang umumnya mengecam.

Namun, pada tanggal 21 September, akun tersebut tidak dapat diakses lagi, karena tampaknya terkena larangan dari Twitch.

Rupanya, Twitch menganggap konten menyalakan gas itu sebagai bentuk provokasi untuk menunjukkan betapa murahnya gas di Rusia pada saat sebagian besar warga Eropa menderita.

Tapi ternyata russiangas1 hanyalah awal dari operasi troll ini. Setelah larangannya, setidaknya dua saluran Twitch lain yang menyiarkan hal yang sama persis muncul di Twitch, dan mereka belum dilarang oleh platform streaming.

3 dari 3 halaman

Setelah pemblokiran akun russiangas1, mulai muncul akun-akun baru yang menyiarkan tayangan serupa. Sejak itu, belum ada pemblokiran dari Twitch. Namun jika Twitch melakukannya, tampaknya akan muncul akun-akun lainnya yang akan terus menyiarkan konten serupa.

Join Dream.co.id