Curhat Menteri BUMN Erick Thohir

Dinar | Jumat, 17 Januari 2020 19:45
Curhat Menteri BUMN Erick Thohir

Reporter : Ismoko Widjaya

Lho, mengapa memangnya, Pak?

Dream - Erick Thohir sudah tiga bulan menjabat orang nomor satu di Kementerian BUMN. Ada banyak hal yang dialaminya selama menjadi anak buah Presiden Joko Widodo.

Bahkan, saat ditanya tentang perasaanya menjadi bagian dari pemerintahan, Erick mengaku lebih enak jadi pengusaha.

“ Lebih enak jadi pengusaha, lebih bebas,” kata Erick di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Dia mengatakan kontribusi kepada masyarakat juga sama saja. Hanya, lanjut Erick, perbedaannya terletak di tanggung jawab.

“ Di kementerian, ada kebijakan yang lebih besar untuk lebih impactful kepada masyarakat,” kata Erick.

Dia juga mengatakan gajinya sebagai menteri lebih kecil daripada bekerja di perusahaan swasta. Sebagai menteri BUMN, Erick mendapat fasilitas gaji sebesar Rp19 juta.

“ Gaji menteri jauh (lebih kecil). Cuma Rp19 juta. (Tapi), padamu negerinya luar biasa,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Menteri Erick Thohir Akui Sering Diancam: `Makanan Sehari-hari`

Dream - Erick Thohir langsung melakukan gebrakan meski baru menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama tiga bulan. Di masa awal menjabat, pria berlatar belakang pengusaha ini merombak jajaran direksi dan komisaris BUMN.

Tiga bulan menjabat kursi panas salah satu pos menteri ini, Erick mengaku sering mendapatkan ancaman karena tindakannya membenahi BUMN.

Ancaman semakin besar terutama sejak kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) mencuat.

“ Itu makanan sehari-hari, apalagi ada kasus Jiwasraya dan Asabri,” kata dia di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020. 

 Menteri BUMN, Erick Thohir, mendapatkan ancaman selama membenahi BUMN.Menteri BUMN, Erick Thohir, mendapatkan ancaman selama membenahi BUMN. © Dream.co.id/Ismoko Widjaya

Meski selalu mendapat tekanan, Erick senantiasa berusaha tak menjadikan jabatannya sebagai beban. Dia meyakini akan selalu ada jalan keluar dari setiap masalah.

“ Tapi, kalau kita diberi kesempatan dan hasil yang terbaik, Insya Allah ada jalan keluar," katanya. 

" Teman-teman ASN saya tidak pernah berpikir ini jelek, tetapi harus diimprove. Bukan karena pertemanan, saudara, dan lain-lain."

3 dari 6 halaman

Di Depan Pengusaha HIPMI, Jokowi Titip Satu Pesan Ini ke Erick Thohir

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan satu pesan khusus untuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Titipan itu disampaikan disela pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Jokowi meminta agar Kementerian BUMN yang berada di bawah komando Erick untuk bisa bekerja sama dengan para pengusaha.

“ Saya sudah titip ke Kang Erick Thohir jangan sampai pekerjaan di BUMN itu dikerjakan oleh BUMN sendiri,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.1.15

Dalam pidatonya, Jokowi juga berpesan agar masyarakat senantiasa memberi peluang bagi para pengusaha muda untuk maju. Sehingga, perekonomian Indonesia dapat segera maju.

“ Beri peluang besar bagi anak muda,” kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berpesan agar para pengusaha Indonesia diberi akses kepada investor. Ini bertujuan agar usaha mereka dapat tumbuh dengan baik.

" Saya titip dimitrakan dengan pengusaha lokal, nasional kita. Jangan sampai mereka berjalan sendiri," kata dia.

Jokowi berujar, saat ini Kementerian BUMN mengelola dana lebih dari Rp2 ribu triliun. Dana tersebut bisa digunakan untuk membantu para pengusaha.

" Seinget saya setahun di BUMN itu ada Rp2.400 triliun yang bisa dikerjakan," kata dia.

4 dari 6 halaman

Bukan Rudiantara! Erick Thohir Tunjuk Mantan Dirut Bank Jadi Bos PLN

Dream - RUPSLB PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) akan digelar pada 22 Januari 2020. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah mengantongi nama-nama direksi baru maskapai pelat merah ini.

“ Sudah ada. Insyaallah hari ini direksinya sudah ada. Jajaran komisaris masih minggu depan,” kata Erick Thohir, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 10 Januari 2020.

Saat ditanya lebih spesifik tentang nama-nama direksi itu, Erick enggan menjawab. Menurut dia, Garuda adalah perusahan terbuka makanya harus melewati proses cukup panjang. Dia juga ingin memastikan orang yang mengisi posisi direksu Garuda sesuai dengan kebutuhan.

“ Nanti saya ngomong, dibilang melanggar. Padahal, mohon maaf, kadang kita sebagai pemegang saham ingin pastikan figur yang diberikan adalah figur yang tepat,” kata dia.

Erick Thohir menghormati aturan pasar modal terkait keterbukaan informasi untuk menghindari konflik institusi.

" Saya tidak mau cari problem dengan institusi lain, yang ada nanti dibilang arogan. Padahal kita maunya transparan. Saya percaya mekanisme penilaian publik kadang lebih mantap daripada birokrasi kegendutan," kata dia.

Sementara, Garuda Indonesia akan mengadakan RUPSLB pada 22 Januari 2020. Meski belum jelas agenda RUPSLB tersebut, kemungkinan besar akan ada penetapan direksi definitif Garuda Indonesia nantinya.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

5 dari 6 halaman

Hotman Paris Mengaku Dihubungi Erick Thohir Soal Skandal Pramugari Garuda

Dream - Pengacara populer, Hotman Paris Hutapea mengklaim mendapat pesan WhatsApp dari Menteri Badan Usaha Milik Negara, Ecick Thohir.

Hotman mengaku, Menteri Ercik meminta nama pramugari Garuda Indonesia yang dilarang terbang, karena membagikan foto perempuan yang dekat dengan salah seorang atasannya.

" Tadi malam menteri BUMN sahabat gue Erick Thohir minta nama pramugari Garuda (Indonesia) yang di-grounded," kata Hotman, diakses Senin, 23 Desember 2019.

Untuk menindaklanjuti permintaan Erick, Hotman mengajak para pramugari Garuda Indonesia untuk mengirim pesan ke Erick mengenai nama-nama personil Garuda Indonesia yang dilarang terbang.

" Hei teman-teman pramugari Garuda, kalau memang anda solider sama teman, kirim nama pramugari itu kepada Pak Erick Thohir, Menteri BUMN, agar ditindak lanjuti," ucap dia.

 Di Balik Warna Seragam Pramugari Garuda IndonesiaDi Balik Warna Seragam Pramugari Garuda Indonesia © © MEN

Hotman membagikan pengakuan mengejutkan. Dia menyebut, oknum pimpinan Garuda Indonesia yang melarang pramugari terbang itu masih menjabat.

" Katanya oknum pimpinan Garuda yang meng-grounded pramugari itu masih menjabat. Masih menjabat jadi salah satu senior di Garuda," kata dia.

 

6 dari 6 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Semangat kopi joni

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id