Dua Program Baznas Raih Penghargaan Bergengsi

Dinar | Jumat, 21 Desember 2018 15:44

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Dua program tersebut adalah pengembangan PLTMH di Jambi dan Kampung Tanggap Bencana.

Dream - Inovasi yang dilahirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali meraih penghargaan. Tidak tanggung-tanggung, Baznas mendapat dua penghargaan di ajang Indonesia Community Engagement Award (ICEA) 2018.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, mengaku bersyukur atas penghargaan ini. Menurut dia, penghargaan tersebut menjadi asupan semangat bagi Baznas untuk meningkatkan kinerja.

" Alhamdulillah, dengan penghargaan ini Baznas semakin sadar bahwa, semakin Baznas memperhatikan masyarakat, kredibilitas Baznas terus meningkat," ujar Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 21 Desember 2018.

Bambang menjelaskan ada dua program yang mendapat penghargaan bergengsi di tahun ini. Program pertama yaitu Zakat Community Development (ZCD) melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangan, Jambi.

" PLTMH ini merupakan inovasi Baznas dalam memberikan akses listrik yang dapat memberi dampak jangka panjang," ucap dia.

Dua Program Baznas Raih Penghargaan Bergengsi© Dream

Program ini, kata Bambang, mendapatkan apresiasi dari United Nations Development Programme (UNDP).

Sedangkan program kedua yang juga mendapatkan penghargaan yaitu Kampung Tanggap Bencana (Katana). Program ini dibuat sebagai media edukasi untuk memunculkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana.

Program tersebut sudah berjalan di sejumlah daerah seperti Cilacap, Trenggalek, Jakarta, Papua, Sumatera Barat, Yogyakarta, dan Subang.

" Baznas juga selalu terjun dalam banyak kebencanaan dan kedaruratan. Di Lombok, dan Sulawesi Tengah misalnya, Baznas juga melakukan program recovery paska-bencana, dan juga cukup banyak dana dialokasikan ke daerah-daerah bencana," ucap dia.(Sah)

Terkait
Join Dream.co.id