Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ilham Habibie Bangun Ikon Baru Batam, Rooftop Mirip Marina Bay Sands Singapura

Ilham Habibie Bangun Ikon Baru Batam, Rooftop Mirip Marina Bay Sands Singapura Ilham Habibie Mengembangkan Ikon Kota Batam Untuk Menarik Wisatawan. (Foto: Pollux Indonesia)

Dream – Sebuah bangunan pencakar langit baru bakal menjadi ikon teranyar di kota Batam. Berada di dekat pantai, proyek dari putra mendiang mantan presiden BJ Habibeie, Ilham Akbar Habibiee ini akan menjulang menyaingi ikon Singapura, Marina Bay Sands. 

Bangunan superblok yang diberi nama Meisterstadt  atau Pollux Habibie itu sekilas memang terlihat mirip Marina Bay Sands. Kemiripan terlihat dari bagian rooftop bangunan tersebut yang memiliki fasilitas kola renang.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal 2020 memberikan pukulan keras kepada perekonomian bangsa. Sektor pariwisata menjadi salah satu industri yang cedera cukup parah karena terimbas pembatasan sosial berskala besar atau karantina yang diberlakukan.

“Kami dari pengembang nasional juga turut ingin mendorong pemulihan sektor pariwisata Indonesia, yaitu dengan menghadirkan infrastruktur berupa hunian berkualitas internasional. Di Batam sendiri kami sedang membangun proyek kolaborasi bersama keluarga Habibie yang dinamakan Meisterstadt atau Pollux Habibie,” kata Direktur Utama PT Pollux Indonesia Tbk, Suryo Atmanto, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu 14 November 2020.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah turis yang berkunjung ke tanah air masih sangat rendah. Dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, presentase turis asing yang masuk ke Indonesia tercatat merosot hingga 88,95 persen.

Pemerintah telah menyiapkan seperti memberi insentif kepada para turis juga pada pengelola sektor tersebut.

Meisterstadt  dibangun dengan konsep Mega Superblok yang terletak di kawasan Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau ini Gedung pencakar langit ini dibangun untuk mengenan ambisi Presiden RI Ke-3 BJ Habibie yang ingin mewujudkan Batam sebagai kota maju dan terdepan di Indonesia.

Hunian ini mengedepankan kualitas hunian ramah lingkungan dengan menerapkan teknologi Integrated Vertical City dari Jerman yang merupakan usulan BJ Habibie sendiri.

“Batam telah menjadi tempat yang menawan bagi Bapak Habibie. Impian Beliau untuk memajukan dan mengembangkan Batam menjadi kota yang sempurna dari segala sisi. Meisterstadt adalah wujud nyata keluarga Habibie untuk mewujudkannya. Outcome-nya, investor yang melirik Meisterstadt, juga berpotensi melakukan investasi,” kata Presiden Komisaris Pollux Habibie International, Ilham Akbar Habibie.

Harga Rp30 Juta per Meter Persegi

PT Pollux Properti Indonesia Tbk menunjuk PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. sebagai Main contractor untuk membangun proyek mega superblok bertajuk Meisterstadt tersebut.

Menurut Suryo, empat tower apartemen yang telah selesai dibangun dalam kurun waktu 24 bulan pada fase pertama ini telah laris dengan harga jual Rp30 juta per meter persegi.

“Jika kita membangun akomodasi penunjang pariwisata seperti hotel atau apartemen dengan fasilitas lengkap, wisatawan atau bahkan investor akan tertarik untuk kembali mengunjungi Indonesia. Seperti rumah sakit keinginan dari almarhumah Ibu Hasri Ainun Habibie yang rencananya akan dibuat setaraf dengan Mount Elizabeth Hospital Orchard yang ada di Singapura,” kata Suryo.

 

Lebih Tinggi dari Marina Bay Sands

Sebagai informasi, pembangunan superblok Meisterstadt berdiri di atas luas lahan sebesar 9 hektare. Superblok terintegrasi pertama di Batam ini terdiri atas 11 gedung pencakar langit yang diantaranya delapan menara apartemen dengan total 6.500 unit, hotel, rumah sakit internasional, menara perkantoran, mall, pertokoan, dan universitas.

Suryo mengatakan Pollux Habibie Financial Center & International Hotel yang memiliki tinggi hingga 350 meter ini akan menjadikan Meisterstadt sebagai ikon baru kota Batam sekaligus Indonesia. Tingginya hampir dua kali lipat dari Marina Bay Sands Singapura.

“Lokasinya sangat strategis, tepat di jantung Kota Batam, dekat dengan terminal ferry menuju Singapura, serta tidak jauh dari Hang Nadim International Airport Batam dan distrik perniagaan Nagoya,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Potret Syahrini Nginap di Hotel Paling Mewah Sedunia, Kamarnya ada di Bawah Air

Potret Syahrini Nginap di Hotel Paling Mewah Sedunia, Kamarnya ada di Bawah Air

Syahrini dan Reino Barack menginap di hotel Atlantis The Royal yang dikenal hotel-nya para sultan.

Baca Selengkapnya
Presiden Jokowi ke Brunei Darussalam Hadiri Pernikahan Pangeran Mateen

Presiden Jokowi ke Brunei Darussalam Hadiri Pernikahan Pangeran Mateen

Presiden juga bertemu dengan sejumlah pengusaha Brunei Darussalam untuk mempromosikan IKN.

Baca Selengkapnya
Potret Dapur di Rumah Mewah Ahmad Sahroni, Penampakannya Bak Hotel Bintang Lima!

Potret Dapur di Rumah Mewah Ahmad Sahroni, Penampakannya Bak Hotel Bintang Lima!

Ahmad Sahroni disebut-sebut akan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sultan HB X Blak-blakan Isi Obrolan dengan Jokowi, Akui Diminta Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Sultan HB X Blak-blakan Isi Obrolan dengan Jokowi, Akui Diminta Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Sultan menjelaskan, dirinya hanya diminta untuk memfasilitasi jika memang Jokowi berkehendak demikian.

Baca Selengkapnya
Isi Pertemuan Anies dan Surya Paloh Usai Pilpres 2024

Isi Pertemuan Anies dan Surya Paloh Usai Pilpres 2024

Anies sebelumnya juga bertemu dengan Jusuf Kalla. Tak sendiri, Anies bahkan mengajak calon wakil presidennya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Baca Selengkapnya
Ingin Telepon Pak Lembong Seusai Debat Cawapres 2024, Muhaimin Iskandar:

Ingin Telepon Pak Lembong Seusai Debat Cawapres 2024, Muhaimin Iskandar: "Ada yang Rindu"

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, mengakhiri pertarungan debat dengan ungkapan terima kasih

Baca Selengkapnya
Bensin Habis Saat Macet Mudik Lebaran, Hubungi Nomor Ini

Bensin Habis Saat Macet Mudik Lebaran, Hubungi Nomor Ini

Pertamina menyediakan jasa antar BBM saat mudik lebaran

Baca Selengkapnya
Penampakan Desain Mabes Polri di IKN, Ridwan Kamil Sebut bak Hotel Nusa Dua Bali, Tak Ada Duanya di Dunia

Penampakan Desain Mabes Polri di IKN, Ridwan Kamil Sebut bak Hotel Nusa Dua Bali, Tak Ada Duanya di Dunia

Menurutnya, Mabes Polri jadi tidak terlihat seperti kantor polisi, melainkan hotel di Nusa Dua, Bali

Baca Selengkapnya