Bea Cukai Minta Anggaran Rp3,6 Triliun, Salah Satunya Buat Beli Anjing

Dinar | Rabu, 19 Juni 2019 11:12
Bea Cukai Minta Anggaran Rp3,6 Triliun, Salah Satunya Buat Beli Anjing

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Anggaran ini dipertanyakan oleh DPR.

Dream – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengusulkan pagu indikatif anggaran 2020 senilai Rp44,39 triliun. Dari sejumlah anggaran yang diajukan, ada satu hal yang menarik perhatian, yaitu salah satu proyek strategis yang dicanangkan oleh Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.

Dalam usulan ini, direktorat ini mendapatkan jatah anggaran sebesar Rp3,64 triliun untuk proyek nasional dan unggulan.

Dikutip dari Merdeka.com, Rabu 19 Juni 2019, salah satu anggota DPR dari Fraksi Nasdem, Achmad Hatari, mempertanyakan salah satu proyek strategis yang dicanangkan Bea Cukai. Fungsi anggaran itu rencananya akan digunakan untuk pengembangan dan penguatan unit anjing pelacak Bea Cukai.

Achmad menilai proyek anjing yang mencapai Rp3,6 triliun tidak sesuai dan terlalu banyak.

“ Dari anggaran Rp3,6 triliun itu masa semuanya untuk beli anjing?” kata dia di Jakarta.

2 dari 2 halaman

Jawab Ditjen Bea Cukai

Menangapi pertanyaan itu, Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi, mengatakan anggaran Rp3,6 triliun tak semuanya untuk membeli anjing. Anggaran ini merupakan keseluruhan dari proyek nasional dan unggulan.

" Tentunya Rp3,6 triliun bukan untuk anjing semua. Itu untuk satu direktorat jenderal bea cukai untuk belanja barang dan pegawai," kata Heru.

Dia mengatakan penguatan unit anjing pelacak Bea Cukai bertujuan untuk meningkatkan pengawasan di lingkungan Bea Cukai. Hal ini disebabkan oleh produk penggelapan seperti narkotika selalu terjadi setiap tahun.

“ Gambarannya, mengapa jadi proyek unggulan pengawalan narkotika karena kota nangkap 4,1 ton itu naik lipat-lipat dari tahun ke tahun maknanya kita sudah jadi target market mafia. Nah tools efektifnya anjing sehingga kita tingkatkan efektivitas sarana dan prasarana termasuk anjingnya sendiri," kata dia.(Sah)

Terkait
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id